Langsung ke konten utama

Tetap Belajar & Berlatih






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
tetap belajar dan berlatih
*
*
bagi saya pribadi. menjaga agar tubuh tetap sehat, menjaga agar pikiran tetap jernih dan akal sehat bekerja itu penting. menjaga agar perasaan tetap tenang dan gembira itu penting. setiap orang punya tata cara masing-2. boleh pake teori A sampe Z. tapi yang terpenting bukti nyata. mencapai badannya sehat , pikirannya jernih dan perasaannya gembira.
*
*
maka kalo badan saya sedang sakit seperti diare atau flue. atau bau keringat di badan saya tidak sedap. itu tanda . saya harus lebih banyak mengobati diri sendiri. selain minum obat standart. saya kembali meracik minuman kesehatan, saya kembali melakukan detoks / pengeluaran racun di tubuh. saya kembali ke latihan dasar senam kesehatan. sampe keadaan tubuh saya kembali pulih. 
*
*
menjaga kesehatan badan, saya lakukan dengan olah raga dan pola hidup yang baik dan tertib. menjaga kesehatan pikiran , saya lakukan dengan olah cipta. membaca buku , berpikir dan mengheningkan cipta. menjaga kesehatan perasaan, saya lakukan dengan olah rasa, menyimak musik yang indah dan mengkaji sastra tulis. kadang menulis kaligrafi. tentu saja berpraktek seni bahagia.
*
*
banyaknya berita-2 di media massa elektronik tentang kejadian-2 yang tidak enak dan menggetarkan perasaan manusia. menyebarkan kemarahan kebencian. itu virus bagi perasaan saya. saya menetralisirnya dengan tetap mempraktekan olah rasa. agar tetap sehat.
*
*
banyak orang sakit tubuhnya, rumah sakit penuh. itu penderitaan nyata. setiap orang yang sakit harus tetap semangat mengobati badannya. banyak orang sakit perasaannya , menderita karena luka-2 perasaan. maka orang yang perasaannya sakit, harus mengusahakan dirinya agar sembuh. orang-2 yang pikirannya gelisah harus mengusahakan sendiri mencapai kejernihan pikiran. itu repot , memang hidup di dunia itu harus mau repot.
*
*
kalo tidak berusaha, kalo tidak belajar, kalo tidak berlatih, kalo tidak disiplin. maka resikonya di tanggung sendiri. itu prinsip saya. salah satu latihan saya untuk menjaga latihan hidup sederhana, saya tetap tidur di kasur tipis di lantai sepanjang tahun. kecuali saat tidur di hotel atau saat plesiran saja. saya pake kasur yang agak baik.
*
*
saya sekarang memilih mendisiplinkan diri saya sendiri. melatih diri saya sendiri. mengubah diri saya sendiri. menjadi lebih sehat, lebih baik dan lebih indah. kepada diri sendiri, saya keras dan disiplin. kepada orang lain saya usahakan santun dan bertata krama. walopun kadangkala marah-2 dan ngawur jahil juga. namanya saya manusia yang belajar.
*
*
saya sekarang sudah meninggalkan teori ideal harus menjadi manusia yang sukses dan shaleh atau menjadi hamba tuhan yang baik ataupun menjadi arahat / bodhisatva. bagi saya manusia itu Rwa Bhineda. ya terang, ya gelap . satu paket. hidup itu ya enak dan tidak enak. satu paket. ya merasakan susah , ya merasakan senang. itu bunga kehidupan. itu cocok untuk saya saat ini. kalo dimasa depan , saya tidak tahu. bisa saja berubah.
*
*
kalo saya sedang bahagia. maka niat dan pikiran jahat tidak muncul. apalagi tindakan jahat, mustahil muncul. maka jika muncul niat dan pikiran jahat di dalam diri, artinya saya sedang tidak bahagia. jika banyak orang yang berpikiran jahat dan berperilaku jahat, tandanya mereka sedang menderita dan tidak bahagia. itu saja.
*
*
hidup sehari hari repot mencari uang dan menyelesaikan tugas-2 di rumah. karena itulah kadang disiplin belajar dan latihan jadi goyah dan males. semoga kita semua slamet dan bahagia. cukup makan , cukup bersenang senang. tetap jaga kesehatan. jangan lupa tetaplah bernafas. terima kasih. OM Shanti.
*
*
salam,
Wuddha Paing





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k