Minggu, 04 September 2016

# memancarkan pikiran baik



amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# memancarkan pikiran baik
*
*
saya meluangkan waktu saya seminggu dua kali selama 3jam untuk masing-2 sesi mengajar kepada 2 orang siswa saya yang mengkaji seni hidup bahagia. sudah berjalan 6 bulan. sebelum memulai mengajar saya selalu membiasakan untuk bersama memancarkan pikiran baik ke sekitar.
*
*
setelah menyalakan dupa dan berdoa , saya memandu mengucapkan " semoga semua mahluk hidup yang bertempat tinggal di udara, bertempat di air, bertempat di atas bumi & di dalam bumi, bertempat tinggal di dalam tubuh mahluk hidup maupun di luar tubuh. yang tampak maupun tidak tampak. yang sudah terlahir maupun akan terlahir. yang saya ketahui maupun tidak ketahui,semoga seluruhnya. ..
*
*
semoga semua mahluk hidup berbahagia. dibebaskan dari penderitaan , permusuhan dan dendam. di bebaskan dari keserakahan, kebencian dan kebodohan. dibebaskan dari penyakit dan mara bahaya. dapat hidup rukun dalam damai dan cinta kasih. damai di dalam diri. damai di luar diri. damai di bumi. semoga para guru suci memberkati pembelajaran kita siang ini. di jauhkan dari segala rintangan dan bermanfaat bagi diri kita dan generasi di masa depan. terima kasih ,terima kasih , terima kasih. "
*
*
begitulah cara saya memulai pembelajaran . dan saya selalu membuatkan kopi / teh untuk siswa saya yang belajar. dan tentu saja mencuci cangkirnya. karena itu di rumah saya. sudah saya lakukan selama 6 bulan ini. dan mereka tidak membayar apa apa. keduanya lelaki sudah berumah tangga dan keduanya memiliki 2 orang anak. dan 2 orang anaknya perempuan semua. sebuah kebetulan, kok sama.
*
*
dan ketika saya mengingat , di tahun 2008 dan tahun 2010. saya mengantarkan keduanya dalam prosesi janji pernikahan di depan penghulu. sebuah kebetulan. dan di foto penganten keduanya , saya mengenakan blangkon. sebuah kebetulan yang sama. hidup itu kadang aneh. kita tidak tahu masa depan akan bagaimana.
*
*
saya melayani 2 siswa ini selama 6 bulan terakhir dalam format pembelajaran yang sistematis dan sedikit mirip kuliah, sebagai ungkapan terima kasih saya kepada kawan-2 pejalan spiritual saya dalam rentang waktu 10tahun yang lalu. yang baik hati. ramah . dan melayani. menyediakan tempat istirahat , makanan. dan pembelajaran. bahkan kadang memberi saya uang untuk ongkos pulang naik bis.
*
*





ada kawan-2 spiritual yang sudah wafat lebih dahulu. ada yang menua. ada yang disibukkan dengan keluarga dan bisnis. adapula yang mulai menjalani hidup baru. kawan-2 dan guru tidak bisa menemani selamanya. maka cepat atau lambat setiap orang harus berani berjalan sendiri.
*
*
semoga kita semua slamet dan bahagia. cukup makan dan cukup bersenang- senang. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing




Tidak ada komentar: