Rabu, 07 Februari 2018

Berproses Spiritual






Amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# Berproses spiritual
*
*
bagi saya hidup itu kadang mengalami situasi gelap dan situasi terang. kadang mengalami rasa enak dan tidak enak. sudah satu paket hidup . saya terima dengan sukarela , mungkin juga seringkali terpaksa menerimanya .
*
*
hidup saya sederhana , tapi saya usahakan penuh kesenangan dan rasa syukur. karena saya sudah tidak berminat dengan janji surga setelah mati. bagi saya , surga di bumi yang tidak sempurna penuh suka dan duka , itu sudah cukup.
*
*
latihan saya bertahun tahun, tidur di kasur tipis di lantai, sampe sekarang, walopun saya punya kasur empuk, saya simpan saja. tapi saya juga menabung agar setahun beberapa kali tidur di kasur empuk di hotel , mandi air panas, menikmati nonton konser musik. itu menjadi penghiburan jiwa.
*
*
menikmati kenyamanan itu penting. agar saya tetap dipengaruhi keduniawian dan terhindar dari keinginan jadi merasa suci. bagi saya lebih berbahaya jika pikiran ini terjebak dalam ilusi merasa menjadi mahluk suci . cukuplah menjadi manusia biasa yang berusaha berperilaku baik dan indah, itu sudah cukup.
*
*
dari pengalaman saya, guru spiritual apapun alirannya yang asli ( bukan palsu ) selalu mendorong muritnya menjadi diri sendiri dan percaya diri. satu hal lagi, Guru itu tidak suka muritnya menjadi fotokopi dirinya ataupun menjadi fotokopi tokoh masa lalu. dan sangat menganjurkan muritnya menjadi orang merdeka secara lahir batinnya.
*
*
saya amati . saya makin kesini jadi lebih peka terhadap hal hal yang indah. baik itu pemandangan alam, musik , arsitektur. disain produk-2 yang indah. saya tidak tahu alasannya tapi saya merasakan kalo keindahan itu , ketika di lihat dan dirasakan oleh manusia. itu tidak bisa di perdebatkan. seakan akan melampaui benar salah. bisanya di nikmati saja.
*
*
saya tetap bekerja, tetap menjaga kesehatan, tetap disiplin dengan latihan spiritual yang saya tekuni. sambil minum kopi yang sudah dingin. diiringi alunan musik Fado , suaranya Amelia Rodrigues , saya berdoa semoga kita semua slamet dan bahagia. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing

Tidak ada komentar: