Jumat, 09 Februari 2018

Seri Kuliah : mengenal jenis pembicaraan






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi catatan pribadi.
# Seri Kuliah : mengenali tingkatan & jenis pembicaraan 
*
*
bagi sodara yang tidak punya waktu dan males membaca. sebaiknya jangan di baca , abaikan saja. teruskan saja aktivitas sodara. karena tulisan ini panjang. tidak cocok dibaca di hp dengan layar kecil. akan melelahkan. jadi sebaiknya acuhkan saja. saya akan berbicara tentang hubungan Cakra dan level pembicaraan manusia. 
*
*
sehingga tujuannya menjadi tahu , kenapa seseorang cenderung bicara tema tertentu. itu berhubungan dengan pusat energi yang berkembang di dalam dirinya. resiko setelah membaca, jadi gembira atau malah jadi malu , pusing dan bingung. silahkan di tanggung sendiri.
*
*
pada level paling dasar , di pusat daya yang berada di dasar pantat. atau saya sebut . cakra dasar. orang akan berbicara tentang nama keluarga , kepercayaan suku , identitas tempat kelahiran dan kebangsaan. ini pembicaraan di cakra dasar. 
*
*
organisasi ke- suku an levelnya di cakra dasar. nilai nilai kesukuan. itu hanya disukai oleh orang yang punya kesamaan energi cakra dasar. kalo di spiritual , biasanya bicara leluhur yang sama. kebesaran masa lalu leluhurnya. 
*
*
pada level berikutnya. , dipusat daya dekat alat kelamin. atau saya sebut cakra sex. orang berbicara tentang hubungan pertemanan, hubungan teman sekolah , hubungan pekerjaan, hubungan sahabat , hubungan suami istri, hubungan kekasih. hubungan karena hobi yang sama. 
*
*
misalnya klub olahraga yang sama. ikatan profesi. ikatan alumni. obrolannya seputar itu.. kalo di spiritual, biasanya bicara tentang bagaimana agar urusan masalah sex dan uang juga pertemanan & pekerjaan lancar. 
*
*
pada level berikutnya, di pusat daya di pusar atau saya sebut cakra pusar . orang berbicara tentang kekuatan diri dan kekuasaan. intinya bicara tentang bagaimana punya kekuatan lebih agar bisa menguasai orang lain. agar bisa merebut kekuasaan. agar menjaring banyak pengikut. merebut suara rakyat .
*
*
pada pembicaraan spiritual ini terkait dengan tenaga dalam, kesaktian , pengolahan daya daya tubuh. untuk penyembuhan, untuk perlindungan, untuk tujuannya menjadikan seseorang punya kekuatan dan kekuasaan untuk dirinya sendiri. 
*
*
organisasi masyarakat , organisasi politik , organisasi agama. berbicara di wilayah cakra bagian perut. mereka punya tujuan untuk menguatkan kelompok mereka sendiri. lihat visi dan misinya. cenderung untuk kelompoknya. memakmurkan kelompok sendiri. maka prasyarat kartu anggota adalah wajib di dalam pergaulan di cakra bagian pusar ini.
*
*
Maka orang mudah sekali berkonflik di wilayah ini. dan pembicaraan tentang saling mengkritik agama dan mengkritik lawan politik selalu terjadi Adu kekuatan. karena memang di wilayah ini. perang itu bentuk nyata konflik manusia di cakra pusar. 
*
*
pada level selanjutnya. dipusat daya di jantung. atau saya sebut cakra di bagian dada. orang berbicara tentang perasaan senasib. cita cita yang sama. misalnya penderita diabetes bertemu penderita diabetes . mereka akan cepat jadi teman. 
*
*
begitu pula sesama penderita hiv atau sama-2 korban broken home . atau sama-2 janda korban perceraian. biasanya mudah akur. di klinik dan rumah sakit. orang mudah akur. karena obrolannya seputar cakra bagian dada. 
*
*
mereka kalo sudah bicara penyakitnya, dengan sesama yang sakit. lupa bicara sukunya, pekerjaannya, hartanya, partai politiknya, lupa perbedaan agama. karena ini wilayah yang lebih tinggi. 
*
*
ketika konser amal atau pengumpulan sumbangan untuk bencana alam seperti gempa atau gunung meletus atau tsunami. orang bicara di level ini. maka segala perbedaan suku , agama, level ekonomi. partai politik. hilang dengan sendirinya. 
*
*
baik itu mereka bicara tentang rasa kebencian, kemarahan, rasa cinta pada sesuatu yang sama, rasa senasib seperjuangan. mau itu group teroris seperti ISIS ataupun group kemanusiaan seperti PMI / Red Cross . keduanya disatukan oleh perasaan yang sama. ini wilayah cakra bagian dada. 
*
*
level berikutnya adalah pusat daya di tenggorokan. ini wilayah cakra bagian leher. berbicara tentang ilmu pengetahuan . seperti mesin , tehnologi , penemuan-2 baru. ketika orang berbicara tentang pembangkir listrik tenaga surya. 
*
*
atau tentang mesin pengolah sampah. atau berbicara tentang obat untuk menyembuhkan malaria , tbc , kanker. atau koneksi internet 4G , maka pembicaraan seperti ini, jarang sekali memicu konflik. karena melintasi perbedaan suku, profesi, organisasi. inilah pembicaraan tentang cakra ilmu pengetahuan, simbolnya di leher. 
*
*
level pembicaraan di cakra bagian leher ini. tentang mengatasi kemiskinan, mengatasi kekeringan , mengatasi kemacetan, membangun sistem irigasi, membangun jaringan internet , membangun pembangkit listrik, akuntansi , matematika, fisika. bicara tentang hukum alam, kerja syaraf otak , pengaruh cafein terhadap tubuh, tehnik pertanian hidroponik.
*
*
bicara tentang bangunan tahan gempa, mesin pesawat, pengaruh meditasi tertentu terhadap syaraf otak. di spiritual. biasanya berbicara tentang tehnik dan metode kesehatan , kimia tubuh, kebahagiaan, mengurangi stres, berpikir positif , memberantas praktek-2 perbudakan manusia, menjaga kebersihan, mencerdaskan manusia. 
*
*
pada level berikutnya di pusat daya bagian kening. saya sebut cakra bagian kening. ini berbicara tentang kebijaksanaan. atau moral manusia. misalnya penemuan obat yang bisa menyembuhkan kanker. itu mau di perdagangkan untuk kekayaan penemunya atau mau diabdikan untuk membantu manusia di planet bumi yang menderita. 
*
*
atau temuan nuklir, mau dipakai untuk pembangkit listrik atau dibuat bom nuklir. itu pertimbangan etika dan moral kemanusiaan. ini wilayah cakra bagian kening.
*
*
wilayah kebijaksaan, panduan moral untuk menjaga kewarasan manusia. budi pekerti . ini berada di wilayah cakra ini. istilah yoga disebut cakra Ajna. pembicaraan manusia di wilayah ini biasanya singkat saja. lebih merenung ke dalam diri. dan keluar diri untuk kemanusiaan apakah akan menambah kebaikan atau malah merusak. 
*
*
kebijaksaan yang lahir dari pengalaman hidup setiap individu jika di tulis dalam bahasa cakra ajna bentuknya akan berupa syair pendek atau pepatah. karena penjelasannya akan panjang lebar, itu wilayah cakra bagian leher.yaitu praktek pengajaran dan pendidikan antara guru dan murit.
*
*
semua pengajaran yang dasarnya kepentingan berbagi pengetahuan. itu disampaikan lewat cakra bagian leher. tidak di tutup tutupi. tidak di rahasiakan.
*
*
makanya cara menjaga kebersihan , rumus pitagoras , hukum fisika, sistem kerja arus listrik, mesin dan tehnologi . metode mnegurangi stres, meningkatkan kebahagiaan hidup. diajarkan melintasi negara, melintasi suku , agama , level ekonomi, melintasi sekat organisasi. inilah level pembicaraan yang paling ideal jika mencari kebenaran.
*
*
di cakra bagian ubun ubun . pusat daya disini. istilahnya cakra mahkota. manusia sudah tidak berbicara . ia merasakan kesatuan dirinya dengan alam semesta. maka pengalaman di level ini tidak bisa di ceritakan. bisanya dialami masing-2. 
*
*
kalopun diceritakan akan berupa simbol simbol. ataupun perlambang yang mendekatkan pada pengalaman tersebut. ketika di ceritakan , akan menjadi bahasa cakra di bagian leher. keheningan adalah bahasa di cakra mahkota. maka percuma di bicarakan. 
*
*
maka jika ada postingan di facebook. dimulai dengan pembicaraan dengan tujuan adu domba masyarakat. pasti dimulai dari kritik untuk menjelekkan , mulai dari isu kesukuan, dari isu hubungan pertemanan , sex dan pekerjaan.
*
*
terutama sekali kritikan dan isu menjelekkan praktek organisasi agama & organisasi politik . akan sangat rawan konflik . sodara akan dimusuhi oleh pengikutnya. walopun sodara benar. tapi jika disampaikan dengan pendekatan perasaan suka dan tidak suka, bukan pendekataan ilmu pengetahuan , maka akan berdampak buruk . karena ini wilayah kesadaran bagian bawah. sangat sensitif. 
*
*
kalo sodara suka bicara tentang agama , tentang politik kekuasaan. bicara tentang menjadi kuat dan menyuasai orang lain atau wilayah lain. itu bicara level cakra bagian pusar. 
*
*
kalo bicara tentang bagaimana tambah uang , tambah temen sex. tambah teman pergaulan satu hobi. itu bicara level cakra bagian kelamin. kalo sodara bicara mencari jati diri suku. maka sodara bicara di level cakra bagian dasar.
*
*
demikian, seri kuliah ini saya sampaikan dalam bahasa semudah mungkin. saya menghindari memakai istilah bahasa sansekerta dan istilah bahasa inggris. juga istilah yang terlalu text book. jadi silahkan dinilai sendiri postingan sodara di facebook itu. berada di level mana. pasti berubah ubah levelnya. ini pengaruh pusat energi yang dipakai saat itu.
*
*
jika sodara tidak cocok dengan pendapat saya. boleh saja. itu bebas. ini saya tulis berdasar pengamatan beberapa tahun terakhir , juga dari studi pustaka literatur tertentu. dari uraian ini. saya bisa mengamati diri sendiri dan orang lain. semoga berguna.
*
*
OM namah shivaya. 
semoga kita semua bertranformasi 
dari energi negatif menjadi energi positif. 
dari kelicikan dan kejahatan bertransformasi menjadi kemurnian dan kebaikan. dari kebingungan menjadi pandangan terang . Om namah shivaya. 
terima kasih
*
*
salam,
Wuddha Paing

Tidak ada komentar: