Langsung ke konten utama

# data sejarah bisa merubah pendapat






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# mengupdate data tentang sejarah, bisa merubah pendapat.
*
*
ini tidak penting , hanya cerita . kalo sodara sibuk , jangan dibaca. cuma buang waktu. tapi mungkin berguna untuk menambah wawasan bagi yang lain. mungkin ini hanya versi saya, versi orang lain tentu berbeda. carilah versimu sendiri.
*
*
KTP di republik indonesia , saat jaman orde lama ( presiden soekarno ) . tidak memakai kolom agama. dan kepala negara dijabat satu orang , terpisah dari kepala pemerintahan , dijabat orang lain. ini tata pemerintahan yang sehat. di era Presiden Soeharto . mewajibkan KTP mulai memakai kolom agama. lalu jabatan kepala negara dan kepala pemerintahan di jabat oleh satu orang yang tentu saja merangkap jabatan. ini berlanjut sampe saat ini.
*
*
sebutan agama hindu dan agama Buddha di KTP warga Republik Indonesia, secara resmi baru ada setelah Presiden Soeharto menetapkan KTP harus ada kolom agama. sekitar tahun 1970 an. sebelum itu adanya istilah pemuka Adat , ajaran adat leluhur masing-2 daerah . adapula kejawen , kaum abangan , aliran kepercayaan , ada yang memuja shiva , memuja dewa dewi , ada yang mengikuti ajaran Dharma dll. bebas saja . dan organisasi MUI ( Majelis Ulama Indonesia ) itu baru berdiri tahun 1975. sebelumnya organisasi tersebut tidak ada. maka lebih beruntung jaman kakek saya dalam hal kebebasan berkeyakinan.
*
*
ketika republik ini baru berdiri . mata uang rupiah ( Oeang Republik Indonesia ) dibanding dollar amerika. perbandingannya adalah satu US dollar setara empat rupiah . dijaman tahun 1994 , saat Presiden Soeharto . satu US dollar setara empat ribu rupiah . saat ini satu US dollar setara 14ribu rupiah. jadi kalo negara ini berhutang dalam bentuk US dollar di masa lalu, maka nilai hutangnya akan berlipat ganda di dalam rupiah yang saat ini.
*
*
dalam literatur sastra jawa sebelum 1900, sebelum organisasi seperti Muhammadiyah dan NU didirikan. saya tidak menemukan istilah di dalam sastra jawa " pengikut agama islam " . yang saya temukan adalah istilah seperti " pengikut ajaran rosul / Nabi " , " pengikut ajaran wali / sunan " . saya juga tidak menemukan istilah " pengikut hindu " . adanya " pengikut shiva , dewa dewi lainnya " .
*
*
istilah sebutan negeri india itu baru ada setelah abad ke 15 masehi . sebelumnya orang pelaut mojopait menjebut daerah itu " tanah bharata " . juga sebagai pedoman arah barat yang menunjuk pada lokasi tanah bharata. sedangkan pedoman arah timur adalah pulo Timor . lalu jalur pelayaran laut dengan kapal layar antara rute tanah bharata sampe pulo timor di Nusa tenggara timur saat ini disebut Nusa Antara. yang artinya kepulauan diantara jalur laut dari tanah bharata sampe pulo timor.
*
*
di peta pelaut eropa , di abad ke 16 masehi . daerah benua Australia saat ini disebut sebagai Java la grande , sedangkan pulo jawa disebut java minor. lalu berubah nama di peta disebut nouva hollanda yang artinya new holland. lalu diabad ke 18 masehi berubah menjadi Australia. daerah indonesia saat ini namanya waktu awal 1900 masehi disebut Dutch east indie . dengan mata uang gulden . di uang kertasnya ada 4 jenis bahasa , yaitu bahasa belanda , bahasa cina , bahasa arab , bahasa jawa.
*
*
saya belum menemukan peta wilayah nusantara buatan kerajaan mojopait. mereka pasti punya mengingat ada peninggalan wayang beber dan kain batik , sehingga saya anggap mereka bisa melukis peta di kertas daluang atau di kain seperti membatik untuk gambar peta bumi. saat ini semua literatur peta bumi pedomannya adalah cara pandang peta buatan bangsa eropa. dengan pedoman arah kutub utara sebagai pedoman sehingga negeri eropa berada di atas kita . kalo di balik pedoman kompasnya arah selatan / antartika , maka letak indonesia ada di atas. eropa di bawah.
*
*
tulisan ini memakai jenis aksara latin dengan ejaan bahasa indonesia yang di resmikan jaman presiden soeharto, sebelumnya di era presiden soekarno memakai ejaan bahasa yang tidak seperti ini. dan sebelumnya di era dutch east indie , ejaan bahasa indonesia nya juga berbeda. maka beruntunglah penulis di jaman bung karno, tidak perlu direpotkan dengan Buku Pedoman cara menulis bahasa indonesia sesuai EYD versi Orde baru. nanti kalo berganti negara dan pemerintahan baru, ejaan bisa juga berubah dan di ganti.
*
*
dimana penguasa baru ingin menanamkan doktrin baru , biasanya ejaan bahasa di rubah. ini politik sastra. sehingga buku-2 lama di jaman sebelumnya , tidak lagi dipakai. dalam hampir belum genap seratus tahun terakhir bahasa indonesia sudah tiga kali berganti ejaan. pertama kali secara resmi bahasa indonesia dipakai dalam sidang dewan rakyat dutch east indie / Volksraat adalah 1938.
*
*
taukah sodara kalo pada tahun 1936 , sidang Volksraat mengirim petisi kepada Ratu wihelmina di Netherland , untuk meminta daerah dutch east indie ( indonesia ) dalam sepuluh tahun supaya bisa menjadi negara dengan pemerintahan mandiri ( indipendent ) . mengingat anggota dewan rakyat mayoritas adalah pribumi , dan mayoritas komposisi tentara / angkatan bersenjata di dutch east indie adalah orang pribumi. namun ditolak , dengan alasan belum siap.
*
*
waktu 1936 . itu sistem jaringan kereta api diseluruh jawa sudah lengkap . di batavia trem listrik sudah beroperasi. bahkan ada perusahaan maskapai penerbangan KLM yang melayani penerbangan seminggu dua kali dari batavia ke eropa.
*
*
dimasa 1936 , itu candi borobudur sudah di rehap dan di jadikan salah satu ikon pariwisata di Dutch east indie. lihatlah kota kota di pesisir jawa yang bergaya perpaduan eropa dan traditional tropis. amatilah dokumen 1930 foto istana istana para sultan dari sumatra sampe ternate. amatilah foto dokumen tahun 1930 . bangunan adat suku-2 asli dari nias sampe bali dan nusa tenggara. masih hidup dan terawat. artinya kebudayaan dan agama dimasa itu tidak seragam . berwarna warni. dan semuanya hidup . cara berpakaian pun beraneka ragam. walopun tidak semua orang hidup sejahtera , banyak yang miskin. tapi kebudayaan tumbuh sumbur.
*
*
dijaman apapun pasti ada sisi positif dan negatifnya. kalo yang diceritakan hanya negatifnya saja atau positifnya saja. maka sebaiknya kita teliti sendiri lebih dalam. semoga cerita ini ada gunanya. kalo tidak berguna, ya anggap saja sampah. cari sendiri dan telusuri sendiri versi sodara. selamat minum kopi dan merokok. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing




Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun