Langsung ke konten utama

# data sejarah bisa merubah pendapat






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# mengupdate data tentang sejarah, bisa merubah pendapat.
*
*
ini tidak penting , hanya cerita . kalo sodara sibuk , jangan dibaca. cuma buang waktu. tapi mungkin berguna untuk menambah wawasan bagi yang lain. mungkin ini hanya versi saya, versi orang lain tentu berbeda. carilah versimu sendiri.
*
*
KTP di republik indonesia , saat jaman orde lama ( presiden soekarno ) . tidak memakai kolom agama. dan kepala negara dijabat satu orang , terpisah dari kepala pemerintahan , dijabat orang lain. ini tata pemerintahan yang sehat. di era Presiden Soeharto . mewajibkan KTP mulai memakai kolom agama. lalu jabatan kepala negara dan kepala pemerintahan di jabat oleh satu orang yang tentu saja merangkap jabatan. ini berlanjut sampe saat ini.
*
*
sebutan agama hindu dan agama Buddha di KTP warga Republik Indonesia, secara resmi baru ada setelah Presiden Soeharto menetapkan KTP harus ada kolom agama. sekitar tahun 1970 an. sebelum itu adanya istilah pemuka Adat , ajaran adat leluhur masing-2 daerah . adapula kejawen , kaum abangan , aliran kepercayaan , ada yang memuja shiva , memuja dewa dewi , ada yang mengikuti ajaran Dharma dll. bebas saja . dan organisasi MUI ( Majelis Ulama Indonesia ) itu baru berdiri tahun 1975. sebelumnya organisasi tersebut tidak ada. maka lebih beruntung jaman kakek saya dalam hal kebebasan berkeyakinan.
*
*
ketika republik ini baru berdiri . mata uang rupiah ( Oeang Republik Indonesia ) dibanding dollar amerika. perbandingannya adalah satu US dollar setara empat rupiah . dijaman tahun 1994 , saat Presiden Soeharto . satu US dollar setara empat ribu rupiah . saat ini satu US dollar setara 14ribu rupiah. jadi kalo negara ini berhutang dalam bentuk US dollar di masa lalu, maka nilai hutangnya akan berlipat ganda di dalam rupiah yang saat ini.
*
*
dalam literatur sastra jawa sebelum 1900, sebelum organisasi seperti Muhammadiyah dan NU didirikan. saya tidak menemukan istilah di dalam sastra jawa " pengikut agama islam " . yang saya temukan adalah istilah seperti " pengikut ajaran rosul / Nabi " , " pengikut ajaran wali / sunan " . saya juga tidak menemukan istilah " pengikut hindu " . adanya " pengikut shiva , dewa dewi lainnya " .
*
*
istilah sebutan negeri india itu baru ada setelah abad ke 15 masehi . sebelumnya orang pelaut mojopait menjebut daerah itu " tanah bharata " . juga sebagai pedoman arah barat yang menunjuk pada lokasi tanah bharata. sedangkan pedoman arah timur adalah pulo Timor . lalu jalur pelayaran laut dengan kapal layar antara rute tanah bharata sampe pulo timor di Nusa tenggara timur saat ini disebut Nusa Antara. yang artinya kepulauan diantara jalur laut dari tanah bharata sampe pulo timor.
*
*
di peta pelaut eropa , di abad ke 16 masehi . daerah benua Australia saat ini disebut sebagai Java la grande , sedangkan pulo jawa disebut java minor. lalu berubah nama di peta disebut nouva hollanda yang artinya new holland. lalu diabad ke 18 masehi berubah menjadi Australia. daerah indonesia saat ini namanya waktu awal 1900 masehi disebut Dutch east indie . dengan mata uang gulden . di uang kertasnya ada 4 jenis bahasa , yaitu bahasa belanda , bahasa cina , bahasa arab , bahasa jawa.
*
*
saya belum menemukan peta wilayah nusantara buatan kerajaan mojopait. mereka pasti punya mengingat ada peninggalan wayang beber dan kain batik , sehingga saya anggap mereka bisa melukis peta di kertas daluang atau di kain seperti membatik untuk gambar peta bumi. saat ini semua literatur peta bumi pedomannya adalah cara pandang peta buatan bangsa eropa. dengan pedoman arah kutub utara sebagai pedoman sehingga negeri eropa berada di atas kita . kalo di balik pedoman kompasnya arah selatan / antartika , maka letak indonesia ada di atas. eropa di bawah.
*
*
tulisan ini memakai jenis aksara latin dengan ejaan bahasa indonesia yang di resmikan jaman presiden soeharto, sebelumnya di era presiden soekarno memakai ejaan bahasa yang tidak seperti ini. dan sebelumnya di era dutch east indie , ejaan bahasa indonesia nya juga berbeda. maka beruntunglah penulis di jaman bung karno, tidak perlu direpotkan dengan Buku Pedoman cara menulis bahasa indonesia sesuai EYD versi Orde baru. nanti kalo berganti negara dan pemerintahan baru, ejaan bisa juga berubah dan di ganti.
*
*
dimana penguasa baru ingin menanamkan doktrin baru , biasanya ejaan bahasa di rubah. ini politik sastra. sehingga buku-2 lama di jaman sebelumnya , tidak lagi dipakai. dalam hampir belum genap seratus tahun terakhir bahasa indonesia sudah tiga kali berganti ejaan. pertama kali secara resmi bahasa indonesia dipakai dalam sidang dewan rakyat dutch east indie / Volksraat adalah 1938.
*
*
taukah sodara kalo pada tahun 1936 , sidang Volksraat mengirim petisi kepada Ratu wihelmina di Netherland , untuk meminta daerah dutch east indie ( indonesia ) dalam sepuluh tahun supaya bisa menjadi negara dengan pemerintahan mandiri ( indipendent ) . mengingat anggota dewan rakyat mayoritas adalah pribumi , dan mayoritas komposisi tentara / angkatan bersenjata di dutch east indie adalah orang pribumi. namun ditolak , dengan alasan belum siap.
*
*
waktu 1936 . itu sistem jaringan kereta api diseluruh jawa sudah lengkap . di batavia trem listrik sudah beroperasi. bahkan ada perusahaan maskapai penerbangan KLM yang melayani penerbangan seminggu dua kali dari batavia ke eropa.
*
*
dimasa 1936 , itu candi borobudur sudah di rehap dan di jadikan salah satu ikon pariwisata di Dutch east indie. lihatlah kota kota di pesisir jawa yang bergaya perpaduan eropa dan traditional tropis. amatilah dokumen 1930 foto istana istana para sultan dari sumatra sampe ternate. amatilah foto dokumen tahun 1930 . bangunan adat suku-2 asli dari nias sampe bali dan nusa tenggara. masih hidup dan terawat. artinya kebudayaan dan agama dimasa itu tidak seragam . berwarna warni. dan semuanya hidup . cara berpakaian pun beraneka ragam. walopun tidak semua orang hidup sejahtera , banyak yang miskin. tapi kebudayaan tumbuh sumbur.
*
*
dijaman apapun pasti ada sisi positif dan negatifnya. kalo yang diceritakan hanya negatifnya saja atau positifnya saja. maka sebaiknya kita teliti sendiri lebih dalam. semoga cerita ini ada gunanya. kalo tidak berguna, ya anggap saja sampah. cari sendiri dan telusuri sendiri versi sodara. selamat minum kopi dan merokok. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k