Langsung ke konten utama

Menahan aliran emosi...




kaku pada perut bagian atas dan nyeri di bahu


tetangga saya ,seorang ibu berusia 50 tahun ketika lewat di depan rumah setelah saling menyapa ternyata dia baru saja pergi ke dokter tapi dokternya sedang luar kota sehingga kembali lagi pulang ke rumah.

dia mengeluhkan kaku pada perut bagian atas dan nyeri di punggungnya. dia juga bercerita sudah di pijat tapi belum juga sembuh termasuk mengeluhkan perilaku menantunya yang membuat dia marah tapi hanya di tahan.

lalu dia minta tolong kepada saya untuk membantunya, saya suruh dia masuk rumah dan duduk.

lalu saya tanya: " sudah berapa lama kaku di perut bagian atas ? " dia menjawab, " sudah 3 hari"

lalu saya beri terapi gerak dan teriak.

yaitu dengan menarik nafas dalam lalu menghembuskan nafas lewat mulut sambil berteriak dan mengehentakkan tangan dan kakinya secara bergantian.

selang 5 menit.. saya suruh tetangga saya itu duduk dan meraba perutnya,

dia mengatakan " sudah hilang kakunya.. sudah enak kembali..., nyeri di bahu juga ilang... kok bisa ya ? "

saya cuma tertawa.

dalam kasus tetangga saya ini, dia terpaksa menahan emosi terhadap menantu dan anaknya sehingga menimbulkan gangguan pada tubuhnya berupa kekakuan dan nyeri.

tehnik gerak dan teriak bertujuan melepaskan kekakuan di otot dan melancarkan peredaran darah dengan cepat untuk beberapa bagian tubuh yang kaku dan nyeri... sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih baik.




Tekanan Emosi perlu di lepaskan..

Seorang sahabat berbincang kepada saya dan mengeluhkan akhir akhir ini dia selalu mudah sekali marah marah...
dalam keseharian sahabat saya ini termasuk orang yang tidak gampang marah, kalem dan selalu mengalah untuk teman.

lalu perbincangan terjadi di antara saya dan dia.

sahabat : apa yang terjadi pada diri saya

saya : kadangkala ketika daya kekuatan kita menahan marah sudah berlebihan ,kita akan marah.... seperti bendungan yang kelebihan air , harus di buka pintu pintu air agar bendungan tidak jebol.

sahabat : artinya saya perlu menyalurkan kemarahan ?
saya : perlu , tapi secara positif. salah satunya dengan olah raga. kalau saya punya terapi khusus menguras kemarahan terpendam di dalam diri melalui tehnik menggambar. mau mencoba ?
sahabat : boleh, tapi menggambar apa ?
saya : menggambar sederhana hanya simbol simbol emosi.

lalu disepakati waktu untuk melakukan terapi menggambar, dan hari esoknya setelah dilakukan terapi menggambar . saya bertanya kepada sahabat saya.

saya : apa yang kamu rasakan ?
sahabat : saya merasa ringan, dan mudah tersenyum sekarang, seperti disegarkan kembali pikiran ini. tehnik menggambar kamu sederhana tapi betul betul telah membantu saya. terima kasih ya
saya : sebetulnya kamu yang membantu dirimu sendiri, saya hanya menunjukkan caranya.
kita tertawa bersama.

salam,
edy
pekalongan

Komentar

namaskar, nice blog n photo, hai friend u r invite to my blog, i want share my yoga pose n happiness to u, thk
Edy Pekalongan mengatakan…
thank you
have been visiting my blog.

I have read your blog:
http://kuchaiyoga72.blogspot.com/

whether you are a yoga teacher?

if I only practice yoga only for my enjoyment.


peace on earth
Maranzano mengatakan…
Bisa tolong saya? saya tidak bisa menahan emosi saya, saat seorang teman menhina atau melecehkan saya atau keluarga saya langsung memukulnya, saat seorang teman atau bahkan keluarga saya (om saya) menyuruh saya dan saya sudah menolaknya namun dia tetap memaksa, ak langsung membanting barang yg ada di depan saya, terakhir saya membanting hp nokia C6 kesayangan saya. Bahkan pernah hanya teman yg berisik di rumah saya saya langsung memukulnya, saya tidak perduli klo dia membalas dan saya kalah atau gmn, rasanya aneh, mungkin bs dibilang nekat, ya untungnya belum pernah ada yg membalas pukulan saya (mungkin karena mereka merasa bersalah.

Saya juga merasa akhir2 ini saya mulai membenci semua orang, padahal ak sadar ak masih membutuhkan mereka. Saat marah/emosi itu keluar dada saya serasa sesak, dan sekilas saya membayangkan memukuli atau membunuh orang yg membuat saya marah. Beberapa kali saya cuma membayangkan dan hanya dalam bayangan saja, namun sering saya membayangkan memukul orang tapi tiba2 saya secara tidak sadar saya sudah dalam situasi telah memukul orang itu.

Di satu sisi saya kecewa dengan diri saya sendiri, di satu sisi saya lega melakukannya dan merasa dia pantas mendapatkannya. Namun belakangan ini selain merasa membenci semua orang saya juga merasa takut dengan semua orang. Takut mereka membalasku, takut orang lain melakukan hal yg sama padaku, takut atas dosa2 saya. kadang perasaan yg berbeda tersebut muncul secara bersamaan, kadang saya jg merasa memiliki kepribadian ganda yg saya tau itu hanya mitos, namun melihat keadaanku sekarang ak mulai mempercayainya, kadang ak menjadi seorang yg ceria, kadang menjadi pendiam, kadang berubah menjadi pemarah, kadang jg jd penakut, malah lebih parah lagi saya memberi nama untuk masing2 karakter saya.

Saat saya menjadi si Ceria, kadang saya tidak bisa mengingat kejadian saat saya menjadi si Pemarah, begitu pula sebaliknya, dan saat saya marah (kadang juga marah tanpa alasan) saya bisa mengingat kemarahan2an saya di masa lalu. Tolong saya, saya ingin menjadi normal, kalo bisa saya ingin menghilangkan rasa emosi yg tak terbendung itu, agar saya bs berbikir jernih, ya paling tidak jika saya harus memukul mereka saya sadar saat melakukannya.

Pernah saya lampiaskan dg olahraga Gym untuk melampiaskan emosi saya, namun hasilnya saya memukul teman Gym saya yg besarnya 3 kali ukuranku. Ya untungnya dia tidak membalas karena memang dia yg salah dan meminta maaf padaku, namun sampai saat ini saya belum bisa memaafkannya, dulu saya melampiaskan dengan alkohol, lumayan membantu sich, tp saat saya mabuk jadinya reseh dan brutal. Ya tidak jauh beda klo begitu, dan saat ini saya sudah hampir 3 tahun berhenti minum alkohol, awalnya saya curiga mungkin malah gara2 alkohol itu saya menjadi emosionil, namun ternyata saya salah, semenjak saya berhenti minum alkohol malah emosi saya semakin tak terkendali.

Sekali lagi tolong saya, saya masih punya cita2 yg belum tercapai, dan perasaan emosi ini sangat mengganggu jalanku... Tolong dan Terimakasih sepelumnya, dan maaf jika tulisan ini begitu panjang dan lebar, seharusnya tulisan ini jg lebih mudah dimengerti jika bukan ditulis oleh orang aneh seperti saya. Tulisan ini saya copas ke beberapa website untuk mencari jawaban yg benar2 bs merubah hidup saya, trimakasih...

untuk mengetahui ttg sifat2 dan/atau semua ttg saya lihat di tentang saya klik link ini http://simon-maranzano.blogspot.com/p/tentang-saya.html. Mungkin itu jg mempengaruhi kegilaan saya. (semoga saja namanya bukan gila)

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun