Langsung ke konten utama

musik: hiburan dan pelajaran




di era tahun 2000 -an ini saya akan mengatakan
bahwa musik adalah makanan harian kita
sama pentingnya seperti makanan
yang mengenyangkan ataupun
makanan ringan.


lihatlah belanja masyarakat kita
untuk menikmati musik.

setiap bulan milyaran uang rakyat indonesia
di belanjakan untuk menikmati Ring back tone.

setiap konser musik selalu di hadiri
banyak orang terutama yang gratis.

bahkan konser musik yang mahal
tiketnya habis terjuan.

ini mencerminkan suatu kenyataan
bahwa masyarakat kita memerlukan musik
sebagai kebutuhan sehari hari.

karena musik adalah makanan jiwa.
musik bisa menjadi sarana hiburan yang menyenangkan.
musik menjadi sarana menyampaikan perasaan.
musik menjadi media yang memberi semangat dalam hidup.
musik bisa menyembuhkan kesedihan.

tidak heran ,industri musik adalah
salah satu industri yang maju pesat
dengan potensi penghasilan yang besar.

saya ingin bercerita tentang musik
dalam pandangan pribadi saya.

saya menyukai musik yang indah
apapaun jenisnya.

musik sendiri berkembang
setiap jaman menghasilkan gaya musiknya masing
masing.

saya mendengarkan musik era tahun 1980-an sampai saat ini.
kadang kala musik traditional juga .

musik bisa menjadi sarana untuk memahami alam pikiran
dan alam perasaan orang di suatu jaman.

misalkan era ayah saya yang muda
di era rhoma irama dan hetty koes endang



saya harus belajar menkmati
musik rhoma irama dan hetty koes endang
sehingga memahami masa muda mereka.

atau lewat musik kita juga bisa memahami seseorang.
karena musik yang di gemari oleh seseorang
mencerminkan alam perasaannya.

anda akan lebih mudah memahami orang
yang suka mendengarkan gamelan
dengan cara mencoba menikmati gamelan.
dengan begitu alam perasaan anda
menyesuaikan diri dengan orang tersebut.


untuk memahami remaja yang suka musik pop
kita harus belajar menikmati
musik pop yang sedang di gemari remaja.



saya sendiri suka menikmati berbagai jenis musik
dalam rangka melatih alam perasaan saya agar
bisa memahami berbagai tipe orang.

saya tidak berhenti menikmati musik satu jenis saja.
dan menjadi penggemar setia suatu aliran musik.

bagi saya itu sebuah kerugian
karena warna warni musik
bisa menjadi pelajaran budaya
dan mengolah alam perasaan manusia.


ketika mendengarkan musik keroncong
dengan judul " selendang sutra "
saya belajar memahami sekelumit kisah asmara
pejuang kemerdekaan di masa itu.

ketika mendengarkan musik dangdut
rhoma irama tentang " bujangan "
saya belajar nasehat orang tua
kepada anak muda di era tersebut.


ketika mendengarkan musiknya kla project
berjudul " yogyakarta " saya menangkap
sebuah gambaran sesorang
yang rindu pada sebuah kota yang menyimpan
berbagai kenangan masa muda disana.



saat ini saya mendengarkan
musiknya The Corrs.
sebuah group band
asal irlandia yang beraliran pop.

saya menyukai musiknya yang modern
mengandung ciri khas gaya musik irlandia
yang semangat, riang dan romantis.

walaupun musisi irlandia lain berbeda gaya
seperti group band rock "the cranberries "
yang menyuarakan
perubahan dunia dan perdamaian dunia
lewat syair syairnya.


mendengarkan George Groban
menyanyikan lagu berbahasa latin
dengan iringan musik orkestra
membuat saya belajar alam perasaannya
orang latin lewat lagunya
yang indah, lembut tapi tegas berenergi.

mendegarkan group band rock
Green day, simple plan, Oasis,
30 Second to Mars, Life house

termasuk
Linkin Park dalam lagunya yang menjadi soundtrack film
Transformer " new divine "

memberi semangat dan rasa yang tangguh untuk
tetap berjuang menembus sekat sekat rintangan hidup.




untuk nostalgia
musik lama juga menyenangkan
seperti lagunya Gun N roses ,
Scorpion, Santana, Rolling stones


musik jazz mengajarkan hal lain yaitu
kreatifitas , indipenden tapi
tetap dalam kesatuan tim.

sebagian teman saya mendengarkan musik jazz,
untuk memahami mereka
saya mendengarkan musik jazz

saya juga mendengarkan musik blues ,
untuk memahami kawan
yang suka mendengarkan BB. king


saya mendengarkan musik gregorian
untuk memahami teman yang bergama katolik .

saya mendengarkan
musik dari budaya berbeda
untuk memahami orang orang
dari latar budaya yang berbeda.





seperti musik instrumen
traditional china dan jepang
musik instrumental india.
musik arab

saya memiliki
album berjudul Bagdad Blues
yang kental musik persianya.
dan syair tentang islam.


musik dengan ciri jamaika
juga saya dengarkan
untuk memahami alam perasaan
orang orang yang menyukai musik tersebut.


namun saya tidak mendengarkan musik sampah
yaitu musik yang menyakitkan telinga, mengotori pikiran
dan hambar serta jauh dari keindahan.

lebih jauh,
saya juga malas mendengarkan atris
yang tidak pas jadi penyanyi
tapi memaksakan diri menyanyi.

karena
seorang penyanyi sejati memiliki
kualitas suara yang baik
dan menyanyi dengan hatinya.


namun itulah sisi lain dari industri musik
satu hal tentang mengumpulkan uang
dan satu hal tentang karya seni.




lewat musik
kita bisa memahami orang lain
yang berbeda budaya , bahasa dan gaya hidupnya.

hanya
masih sedikit orang yang mau
belajar dari musik .

musik hanya menjadi hiburan
padahal musik juga bisa menjadi
alat pemersatu dan perdamaian.

termasuk musik bisa di arahkan untuk
membentuk watak
bahkan musik
bisa digunakan untuk
mengkritik penguasa



lebih dari itu
musik tertentu bisa mengobarkan
semangat rakyat untuk
menggulingkan
presiden yang tidak becus
mengurus rakyat .

kalo ada rencana menggulingkan
pemerintah ,silahkan dimulai
dari mencipta musik revolusi
dan pemberontakan..

karena musik mempengaruhi
alam perasaan manusia lebih kuat
dari pada doktrin politik.




mari kita menikmati musik
dan belajar dari musik

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k