Senin, 28 Mei 2012

hidup di negeri Kasta.


borjuis eropa


konser lady gaga di indonesia dibicarakan banyak pihak , terutama oleh media massa . bagi saya urusan konser lady gaga adalah urusan kaum borjuis atau orang kaya. maka dari itu mendapat perhatian lebih dari media tv.

sedangkan urusan yang menyangkut kepentingan rakyat kecil seperti truk sembako yang harus antri berhari hari untuk menyebrang di pelabuhan merak menuju pulau sumatra. tidak pernah di beritakan besar. tidak pernah masuk diskusi nasional. karena itu adalah urusan kaum proletar atau orang miskin.
di jaman demokrasi dan millenium ini , kelas sosial tetap berlaku. di jaman dulu di sebut kasta. dalam kehidupan nyata kasta masih berlaku . kasta kaya disebut kaum borjuis menguasai ekonomi negara kita dan kasta miskin di sebut kaum proletar  lebih banyak menjadi objek penderita di negara kita.

kasta di hapuskan. itu hanyalah sebuah slogan omong kosong. nyatanya jika kita naik pesawat / naik bus . ada kelas ekonomi dan kelas eksekutif ataupun bisnis. ini menandakan manusia masih tergolong ke dalam kasta dan dibeda bedakan berdasarkan jumlah uang yang mereka miliki.

jika kamu menginap di hotel , maka kamu akan mengetahui bahwa seorang tamu akan mendapat kamar dan fasilitas berdasarkan jumlah yang mereka bayarkan di kelas kamar yang mereka sewa. ini praktek nyata kasta sosial masih diberlaku di masyarakat dan tidak bisa di hapuskan.

di masyarakat negara indonesia . kasta masih berlaku . contohnya kaum buruh, pekerja rumahan , karyawan pabrik . mereka semua tergolong kasta sudra. kasta sudra adalah sebutan lain bagi rakyat jelata dengan ekonomi kelas bawah.

kasta sudra

di bawah kaum sudra adalah kaum pariya, mereka adalah golongan pengemis , pengamen , gelandangan, anak jalanan. yang tidak memiliki tempat tinggal dan hidup berdasarkan belas kasihan orang dengan meminta sumbangan.  golongan ini malah terdapat banyak di kota kota besar. di jaman kerajaan golongan ini hidup karena belas kasihan kasta kasta di atasnya.

di atas kaum sudra adalah kasta waisya . mereka adalah kaum pedagang . atau pebisnis. siapapun yang pekerjaannya menjual dan memiliki usaha perdagangan entah barang atau jasa . baik usaha kecil atau besar. semua owner nya disebut kasta waisya. dijaman ini mereka disebut wirausaha / owner bisnis.  rata rata uangnya lebih banyak dari pada kasta sudra. mereka menjadi kaya raya tapi belum tentu memiliki posisi tinggi di masyarakat /pemerintahan. kaum sodagar ini disebut kasta waisya.


kasta waisya

dia atas kasta waisya adalah kasta satriya. kasta satriya adalah golongan yang mengatur pemerintahan. mereka bekerja mengurus negara di segala bidang. dimasa lalu kasta ksatria bergelar bangsawan. yang termasuk dalam kasta ksatriya adalah kepala daerah di bidang eksekutif , yudikatif dan legislatif termasuk pertahanan dan keamanan.


ciri khas kasta satriya adalah mereka memiliki wewenang mengatur wilayah dan memiliki banyak pelayan. dimasa kini pejabat setingkat kepala daerah memiliki banyak pelayan di kantornya yang disebut staf . juga di rumahnya. dimasa lalu kasta ksatriya paling rendah di sebut adipati . dimasa kini disebut walikota / bupati. atau yang setingkat dengan itu seperti kepala dinas. kepala kepolisian daerah . kepala TNI tingkat daerah. kepala kejaksaan. kepala kehakiman. anggota DPRD. mereka memiliki wewenang mengatur daerah menetapkan peraturan daerah . memutuskan perkara hukum . menetapkan tarif jasa untuk masyarakat.
kasta kesatriya dilevel yang lebih tinggi di tingkat provinsi . lalu di tingkat pemerintahan pusat . para mentri sampai presiden . anggota DPR pusat. anggota Mahkamah angung . para jendral kepolisian , para jendral di TNI mereka semua adalah golongan kasta kesatriya.

kasta satriya

mereka mendapat banyak fasilitas dari negara dan punya wewenang besar mengurus negara. kemanapun mereka pergi , akan di sambut dengan upacara penyambutan mirip di jaman kerajaan. tidak ada bedanya masih sama. golongan kasta ksatriya suka meresmikan bangunan dan proyek negara. namun tanggung jawab mereka juga besar termasuk jika negara terancam bahaya akibat perang ataupun bencana alam.

di atas kasta ksatria adalah kasta brahmana. mereka adalah para pemimpin organisasi keagamaan. agama apapun memiliki pemimpin. dari tingkat daerah sampai pusat . mereka adalah kaum rohaniawan yang terorganisir. mereka punya kemampuan mengatur pengikutnya dengan aturan aturan yang mereka tetapkan. dan pengikutnya bisa jutaan dan mengikuti apa kata pemimpin agamanya. contoh kecil kekuasaan kaum brahmana ini adalah mereka memiliki kuil agama mereka disetiap penjuru pelosok negeri. lihatlah ada masjid dan gereja di seluruh pelosok negeri kita. dan masing masing tempat ibadah tersebut bernaung di dalam sebuah organisasi tertentu. bahkan mereka memiliki lembaga pendidikan yang disebut universitas dengan label agama. kaum brahmana ini ikut mempengaruhi jalannya kehidupan suatu negara. bahkan kaum ksatria suka meminta nasehat kepada para kaum brahmana ini. bahkan mentri agama republik indonesia adalah satriya wakil pemerintah untuk berkomunikasi dengan pemimpin kaum brahmana.

organisasi islam seperti muhammadiyah adalah organisasi kaum brahmana. mereka memiliki pengikut dengan jumlah kekayaan fantastis mulai dari badan usaha perdagangan / jasa , lembaga pendidikan dari tk sampai universitas diseluruh pelosok negeri.  para pemimpin organisasi keagamaan seperti muhammadiyah disebut pemimpin kasta brahmana.  Amien Rais adalah salah satu pemimpin kaum brahmana islam. Almarhum Gus Dur adalah pemimpin kaum brahmana islam. Uskup adalah pemimpin kaum brahmana katolik.
di negara indonesia kaum brahmana berpolitik seperti juga kaum brahmana di jaman kerajaan. mereka bahkan punya organisasi politik yang disebut partai contoh partai yang mewakili kaum brahmana islam adalah PPP , PAN , PKB , PKS . partai islam adalah partai yang mewakili kepentingan kaum brahmana islam. begitu pula dengan partai keagamaan lain.

kasta brahmana

di dunia ini negara dengan dasar keagamaan , posisi brahmana memiliki wewenang besar. contoh adalah negara islam iran disana brahmana memiliki wewenang besar. kalau negeri yang dikuasai total oleh brahmana adalah Vatikan. Vatikan adalah sebuah negeri brahmana yang kuat . kaum brahmana katolik menguasai semua cabang kuil/ gereja katolik diseluruh dunia. dengan jumlah pengikut ratusan juta orang diseluruh dunia. kekuasaan vatikan begitu besar. Sri Paus adalalah salah satu pemimpin kasta brahmana tingkat dunia. sejak jaman kerajaan dulu sampai jaman millenium ini masih berjalan dan tidak berubah. ini bukti nyata kasta masih berlaku. bahkan di dalam kalangan kaum brahmana sendiri. mereka membuat tingkatan brahmana mulai dari yang paling rendah sebagai pelayan sampai raja brahmana yang dilayani seperti raja besar di masa lalu dan memiliki kewenangan seperti seorang perdana mentri/ presiden. mereka bahkan memiliki istana dan pelayan pelayan serta prajurit.

kita terlena dengan era demokrasi yang menganggap persamaan hak. itu semua omong kosong . dunia ini tetap dikendalikan oleh kasta kasta. diantara kaum tersebut ada kaum yang dianggap hina mereka disebut kaum candala. kaum candala adalah kawanan maling , perampok ,penjahat . dimasa kini kaum candala disebut kaum kriminal. namun demikian golongan mafia / triad / yakuza mereka adalah kaum candala. perkumpulan bajak laut. perkumpulan pedagang obat bius / narkotika  adalah kaum candala. kaum candala memiliki kekuasaan dan pemimpinnya juga sangat kaya raya.

kasta candala

di indonesia kaum candala banyak yang menjadi pemimpin. mereka adalah para koruptor dan politisi busuk.
setelah republik indonesia merdeka. sudah tidak ada lagi golongan pendekar aliran hitam dan aliran putih . di jawa sejak jaman kerajaan golongan ini sering berperang . saat ini golongan pendekar aliran hitam di wakili para mafia , penjahat, mafia, koruptor , organisasi judi dll.  sedangkan pendekar aliran putih diwakili pengak hukum seperti kepolisian ,kejaksaan , kehakiman , KPK . dan TNI .

kemanapun anda pergi ke restoran . anda akan menemukan paket paket dengan beragam layanan. bahkan parkir mobil dan sepeda motor dipisah.  kita semua masih hidup berdasarkan kasta kasta . maka negeri ini masih layak disebut negeri kelas. dan ini tidak bisa dihapuskan.
mari kita terima dengan lapang dada bahwa kita hidup di negeri kelas.

ada sebuah gelaja munculnya aliran kaum pengembara di indonesia. mereka adalah kaum merdeka khususnya dibidang keagamaan dan politik sejak jaman era kerajaan kuno sampai era republik ini . banyak pelaku rohani tidak masuk organisasi keagamaan apapun . mereka memilih menjadi orang yang merdeka dlm belajar spiritual tidak mau di batasi sekat sekat agama . di masa lalu mereka ini di sebut para pengembara spiritual.

golongan merdeka

para pengembara spiritual tidak mau masuk aliran spiritual manapun mereka hanya berminat untuk belajar terus tidak berhenti sampai menemukan pencerahan. kaum pengembara biasanya tidak masuk organisasi kemasyarakatan apapun. mereka suka berpindah pindah tempat. tidak mau hidupnya di kekang aturan sosial masyarakat. di era tahun 1980-an kaum Hippie di amerika adalah salah satu pendobrak awal munculnya kaum pengembara di dunia modern. di Indonesia kaum ini juga ada. walopun tidak terlihat. biasanya kaum seniman dan mistikus /pejalan spiritual banyak memilih jalan pengembara. mereka mencari uang dengan caranya sendiri. dan tidak mau mengikuti norma sosial yang berlaku umum. prinsip hidup mereka tidak mau mengusik orang lain dan berusaha hidup mandiri dengan bebas. di bidang politik , kaum pengembara merdeka ini . disebut golongan putih . mereka tidak memilih , tidak di daftar dlm pemilihan. mereka bahkan tidak punya ktp. dan itu semua tidak terlalu penting bagi mereka. orang orang tipe pengembara hanya mengejar ambisinya mencari kebahagiaan sesuai jalan hidup yang di tempuhnya. kaum pengembara ini sering di tempatkan di dalam kasta sudra.


 di bidang spiritual. ada golongan hitam , golongan putih dan golongan merdeka.  orang orang yang menekuni jalan spiritual di golongan merdeka tidak mau ikut campur urusan politik golongan putih dan golongan hitam. tidak mau ikut campur urusan aliran sesat atupun aliran lurus. mereka hanya mengurusi dirinya sendiri dan meraka tidak mencari pengikut. seringkali golongan ini punya murit jumlahnya sedikit dan tehnik pengajarannya unik. yaitu diajarkan hanya ketika berjumpa dalam sebuah perjalanan.  dimasa lalu jika konfik spiritual antara golongan hitam dan golongan putih terjadi mereka diam saja. tokoh tokoh spiritual besar di golongan merdeka ini cenderung di cap aneh dan unik. mereka ada yang dikenal dan ada yang tidak pernah dikenal seumur hidupnya. dijaman dulu sampai sekarang jumlah golongan spiritual merdeka selalu lebih kecil. mereka juga kadang di anggap orang tanpa kasta.

perbudakan masih ada

apapun kasta kita saat ini. pahamilah bahwa tidak mungkin kita memperlakukan orang dengan sama. setiap orang berbeda. setiap kasta berbeda. maka tidak mungkin kita semua mendapat perlakuan sama.  perlakuan terhadap harimau dan terhadap kucing berbeda. namun semua kasta ini tetap memiliki satu keinginan yaitu memperoleh kebahagiaan dan menghindari penderitaan.

mari membuka mata dan terima kenyataan kita hidup di negeri berdasarkan kasta dan kita belum merdeka. ada sebuah kode sejak dulus ampai sekarang sebuah kasta bisa dilihat dari cara perpakaiannya. kaum rakyat , kaum bisnisman, kaum pejabat , kaum brahmana bisa dilihat dari cara dia berpakaian.
semua motivator bisnis , berpakaian dengan cara kaum waisya. di jaman ini kaum waisya berpakaian seperti orang bisnis. berbicara seperti bisnisman. yang ujung ujungnya tentang untung rugi.

kalau saya termasuk kasta sudra, anda termasuk kasta apa ?
apapun itu saya berdoa : semoga semua mahluk berbahagia.

salam,
edy pekalongan

Tidak ada komentar: