Langsung ke konten utama

koleksi kamus bahasa buatan pribumi

amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi dan maapkan sebaiknya orang malas jangan membaca catatan sejarah ini. karena tulisannya panjang dan bisa membuat anda lelah. lebih baik membaca gosip artis kawin cerai saja. itu lebih menghibur.

anda sudah saya peringatkan. resiko setelah membaca di tanggung sendiri.

menurut anda berapa jumlah bahasa suku di nusantara yang sudah di bukukan di abad ke 16 M. oleh orang pribumi nusantara ? . saya bagi temuan saya 3 tahun lalu. ternyata sudah 100 kamus bahasa suku2 di nusantara yg sudah di bukukan. mungkin saja diantara kawan2 dari suku2 di daerah nusantara luar pulau jawa , baru tahu kalo suku nya jaman dulu abad ke 16 sudah punya kamus bahasa. silahkan di cek sendiri. adakah bahasa daerah anda . di catatan dibawah ini. selamat membaca.



Rabu, 25 Agustus 2010
judul : pustaka sarwwabhasa mandala

pada awal tahun 1700 -an.
perpusakaan di caruban nagari atau
kerajaan cirebon di jawa barat saat ini.

memiliki
naskah bhasa / kamus bahasa
yang disebut pustaka sarwwabhasa mandala
( kumpulan naskah kamus ,kalau dijaman saat ini )

data ini saya ketahui dari lampiran
daftar pustaka yang disusun untuk membuat
buku induk sejarah raja raja nusantara.
yang bernama :

pustaka rajya rajya i bhumi nusantara

kisah ini terjadi sebelum penjajah voc menaklukkan seluruh jawa
dan nusantara.

di awali inisiatif dari raja caruban nagari
atau kesultanan cirebon - jawa barat era saat ini.

maka pada tahun 1680-an

di ketuai oleh pangeran wangsakerta.

maka berkumpulah seluruh
utusan yang adalah para ahli sejarah atau mahakawi/pujangga.
kemudian terbagi menjadi lima sangga.


yaitu :

sangga 1 :

beranggotakan para ahli dari Surabaya, Pasuruhan, Madura, makasar, Panarukan, Balambangan, Galiao, banggawi, Maluku, Bali, Seram, Lwah Gajah, ambon, Gurun, Taliwang, Palembang, Bantayan dan Banten

sangga 2 :
beranggotakan para ahli dari Mataram, Semarang, Dermayu, Wirasaba, Kediri, Lasem, Mojoagung, Bagelen, Tuban. Losari, Barebes, Tegal, jepara, Mantingan dan Bonang.

sangga 3 :

beranggotakan para ahli dari Demak, Jayakarta, lamongan, Kudus, Cirebon, Gresik, Pasai, tanjungpura, karawang, Cangkuang, kuningan, Tembayat, Sedayu, Malaka, Tumasik, barus dan Trengganu

sangga 4 :
terdari para ahli dari :
Calunggung, Sumedang, Sukapura, Parakanmuncang, Rancamaya, imbagara, ukur, galuh, sindangkasih, luragung, kertabumi, rajagaluh, talaga, sendangduwur, giri

sangga 5 :

terdiri dari para ahli dari :
Jambi, minangkabau, bangka, parelak, berunai, lamuri, kutalingga, mandailing, siak, tanjungnagara, tanjungkutai dan tanjungpuri

selain para peserta hadir beberapa pendengar dan peninjau.
dari Mesir, Arab, India, Srilangka, Benggala, Campa, Cina dan hujungmendini ( semenanjung melayu ).

dan mengundang ahli agama, wisnu, ahli agama siwa, ahli agama islam,
ahli agama budha dan ahli agama konghucu.

( ahli agama kristen tidak diundang . nggak tahu kenapa ya ?)


koleksi kamus bahasa yang dimiliki oleh caruban nagari.
mau tahu apa saja ???

untuk koleksi bahasa yang saat ini masuk di luar wilayah indonesia
yang saya tahu , akan saya jelaskan.

disini bhasa saya singkat B.

Bhasa keling (? )
B. China ( negeri china )
B. Parsi ( iran -persia )
B. Mesir ( mesir )
B. Banggala ( di india )
B. Campa ( di vietnam )
B. Samudra ( ? )
B. Mengkasar
B. Palembang
B. Syangka ( ? )
B. Kelantan ( di malaysia )
B. Bangka
B . buwun ( ? )
B. Beten
B. tulangbawang
B. Sela ( ? )
B. Pase
B. Parayaman
B. Purwwajawa
B. PurwwaSunda
B. Singhaladwipa ( ? )
B. Sopala ( ? )
B. Yawana ( ? )
B. Manangkabwa
B. kampe ( ? )
B. Haru
B. andeles ( ? )
B. dinah ( ? )
B. Pego ( ? )
B. Syam ( ? )
B. Ngarab ( jazirah arabia )
B. buretet
B. Lawe
B. Tanjungpura
B. Indragiri
B. solodong
B. selat
B. baluk
B. sedah
B. Seran
B. Jambudwipa ( di india )


----
B. Lampung
B.Surabayeki
B.. Patungan
B. Sapari
B. Nyiri
B. Bubu
B. manubi
B. gumantung
B. sampangtiga
B. gurun
B. komering
B. kanangan
B. ogan
B. sabini
B. jenggi
B. balidwipa
B. sembhawa
B. sasak
B. melayu
B. shangyang hujung
B. ambwan
B. mongol ( negeri mongolia )
B.manila ( negeri philipina )
B. jipang ( negeri jepang )
B. bharatanagari ( di india utara )
B. parlak
B. barat
B. saimwang
B. singhalanagari
B. marutma
B. nasorpaka
B. Tumasik ( singapura )
B. tringgano
B. kelang
b. kedah ( di malaysia )
b. langkasuka
b. jambi
b. syak
b. rekan
b. kampar
b. pane
B. gauda
----

b.. tartar ( di negeri china )
b. jawa carbon
b. darmanagari ( dii thailand )
b. martaban
b. kalingga lwar
b. kambojanagari
B. onin
B. bentayan
B. wandan
b. Muwar
B. solot
B. salaya
B. galiyao
B. kunir
B. banggawi
B. butun
B. udamakatraja
B. luwuk
B. timur ( timor timur )
B. sumba
B. lombok
B. kadali
b. hutan
B. bhima
B. shangyang api
B. sapi
B. dompo
B. taliwang
B. lwagajah
B. bedulu
B. niran
B. kanjap
B. jere
B. kelang
b. dunum
B. wakunuwar
b. phanag
B. patege
B. malano
B. tanjungkute
B. tabalong
B. sebuku
B. baritu
B. pasir
B. kalka sarundung
B. barune ( brunai darussalam )
B. tirem
B. sumedang
B. landak
B. sambas
B. kotawaringin
b. kutalingga
B. sampit
B. katangan
B, kapuhas
B. lamuri
B. lawas
B. Tamyang
B. Mandahiling
B. kandis
B. dharmasraya
B. Muharatebo
B. jayakarta. ( jakarta )
B. banten
B. maduradwipa.

dari sini, bisa disimpulkan bahwa leluhur orang nusantara
sudah bisa menulis dan membaca bahkan membuat kamus daerahnya masing masing.

dan naskah bhasa itu sekarang tidak tahu dimana rimbanya ..

selesai.

nb.
jaman abad ke 16 saja . ada konfrensi para ahli sejarah berkumpul. artinya hubungan baik antara kerajaan di nusantara di abad ke 16 sesungguhnya sudah baik. dan di pecah belah penjajah. maka permusuhan baru di antara suku2 . kembali di munculkan.

semoga ada manfaatnya.

salam,
edy pekalongan
 

Komentar

Unknown mengatakan…
coba mas njenengan ke perpustakaan belanda moga aja tu kitab ada disana

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k