Sabtu, 01 Maret 2014

kebenaran Diam

amit amit ngaliman salam
# seni menyampaikan kebenaran

guru menyampaikan kebenaran itu tidak mudah. tapi yg paling sulit adalah menyiapkan murit agar siap mendengar kebenaran. sehingga setelah mendengar kebenaran, dia tidak melakukan pembunuhan berencana. tidak membalas dendam, tidak menyulut perang atau bahkan akhirnya tega membunuh gurunya sendiri dan dirinya sendiri untuk menutupi kebenaran.

sudah banyak Guru di hukum mati karena menyampaikan kebenaran, di salib , di racun , di buru, di penjara, di asingkan, di cap gila. karena kebenaran selalu mengguncang tatanan masyarakat yg disusun dengan data kebohongan yg sempurna.

maka langkah mengulur waktu untuk meredam kebenaran di sampaikan adalah dengan nasehat bijak, damai , cinta kasih. itu hanya mendinginkan suasana. tapi sampe kapan ?

yg terbaik , adalah diam. karena itu menyelamatkan diri sendiri.
atau memberi kode / sandi yg membuka kebenaran dalam kelompok kecil rahasia dan bahasa rahasia. dan seringkali gerakan rahasia seperti ini juga akhirnya di tumpas.

ciri ketika sebuah kebenaran di sampaikan, maka kebohongan yg selama ini di tutupi terbuka dan mengguncangkan tatanan sosial. contohnya di bidang intelejen adalah fenomena Wikileaks .

maka jadilah cerdas dan penuh pertimbangan dalam menyampaikan sebuah kebenaran. belajarlah dari sejarah. terima kasih.
 
salam,
edy pekalongan
 

Tidak ada komentar: