Langsung ke konten utama

Metode Salim & ngalap berkah




amit amit ngaliman salam
# metode salim & ngalap berkah

di jawa, anak anak yg bandel sejak kecil. sering dibawa silaturahmi orang tuanya ke sesepuh spiritual. dan orang tuanya bisanya menyuruh anak bandel itu utk salim yaitu memegang tangan sesepuh dan meletakkannya di pipi atau di kening / menciumnya.

lalu orang tuanya berkata , " tolong diberkahi ya mbah, biar jd anak pinter."

kadang di bawa ke mesjid keramat, dimandikan disana. sambil orangtuanya berkata , " minta berkahnya dari sesepuh pendiri mesjid keramat ini ( biasanya legendanya orang sakti/ alim ) , biar sembuh bandelnya "

bahkan kalo anda berkunjung ke teman yg masih pegang adat jawa dan mereka tahu anda berlatih spiritual , pasti anak anak kecil di keluarga itu disuruh salim , atau mencium tangan anda / hormat. dan anda dimintai doa / berkahnya. walopun anda bukan tokoh agama, bukan dukun. karena mereka biasaya percaya , orang yg berlatih spiritual bisa memancarkan daya2 kekuatan yg baik. bisa merubah anak nakal jadi baik.

jika anda seorang pemimpin entah itu Lurah atau Bupati yg dianggap kharismatik , pasti ketika kunjungan akan sering dimintai berkahnya oleh orang jawa. ada yg minta utk nama anaknya. dan lain lain.

efek samping bagi jiwa pemimpin tersebut , dia merasa dijadikan sang pengayom bagi rakyatnya. jadi mana mungkin dia akan bersikap terlalu kejam dengan rakyat yang sungkem hormat dan percaya dia membawa " berkah ".




seorang bos penjahat pun yg mencalonkan jadi wakil rakyat saat kampanye mampir di sebuah desa akan jadi sayang sama anak2 yang sungkem hormat kepadanya, memberinya bunga saat masuk gedung. kondisi batinnya yang kejam bisa akan goyah sebentar.

maka saya paham anak2 dijauhkan dari kampanye. bisa merusak jiwa kepemimpinan yg kejam. dan pemimpin akan lupa bahwa negara ini titipan untuk anak cucu. bukan utk aji mumpung dirinya sendiri.

orang2 dewasa bukan dari tradisi jawa dan anaknya tidak pernah salim , akan tahu rasanya pertama kali jika tangannya di pegang anak2 jawa yang salim , meletakkan tangannya di pipinya / keningnya. apalagi orangtuanya sambil berkata " minta berkahnya, biar jadi anak pintar "

saya amati saat pemain sepak bola dunia , di pertandingan international antar negara masuk stadion di gandengan anak2 kecil.

atau saat ada liputan kunjungan politisi / tokoh dunia / artist dunia ke sebuah desa terpencil di afrika. di sambut seorang anak yg memberinya bunga di gerbang desa.

metode ngalap berkah dari adat jawa ini, pasti di tolak oleh ahli pendidikan modern, departemen pendidikan , juga departemen agama. karena bisa di cap tidak masuk akal atau musyrik. tapi ini sudah diterapkan ratusan tahun.

ada hasilnya atau tidak, kita tidak tahu. terima kasih.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun