Sabtu, 08 Maret 2014

Tangga Belajar







amit amit ngaliman salam
# tangga belajar

saya membagi tahapan tangga belajar mencari ilmu secara sederhana, sebagai berikut :

1. mencari ilmu
karena mencari , harus jelas yang akan di cari, dimana keberadaannya, siapa yang memiliki ilmu tersebut. ibarat mau kursus memasak, harus tahu dengan jelas mau kursus jenis masakan apa, dimana tempatnya , siapa guru masaknya. kalo mencari kadang ketemu , kadang tidak.

2. menuntut ilmu
karena menuntut itu artinya memaksakan diri agar memperoleh hak . menuntut ilmu sama dengan menuntut gaji, menuntut cerai , menuntut keadilan. prosesnya meminta dengan upaya karena tidak di berikan sesuai jatah dan rasa keadilan. karena menuntutmaka harus terus dikejar sampai dapat yg di tuntut. tapi hasil akhirnya bisa tercapai atau gagal.

3. menimba ilmu
menimba ilmu seperti menimba air di sumur, sumber ilmunya sudah ada. tinggal melakukan proses pengambilan sesuai ukuran kapasitas masing masing. bisa satu hari satu ember atau seminggu sekali satu ember.

jika di pancuran dekat mata air , maka hanya menampung air sesuai wadah yang di bawa. ini adalah proses belajar yang alami. seperti sekolah. setiap hari menimba ilmu. atau membaca buku dll. tapi belum selesai. hasilnya sudah jelas, sesuai kerja kerasnya.

4. menguasai ilmu setelah berusaha
artinya sudah mendapatkan ilmu yang di cari setelah proses belajar maupun pencarian. dari sini , orang belajar bahwa butuh waktu dan latihan juga pengalaman untuk menguasai tinggal di pakai jika di butuhkan. ini periode menikmati buah dari perjuangan latihan dan belajar.

5. mendapat hadiah ilmu tanpa berusaha
artinya seseorang memperoleh ilmu tanpa meminta , tanpa usaha keras , prosesnya mudah karena itu berupa hadiah dari seseorang kepada dirinya. sulitnya proses memperoleh ilmu tersebut tidak perlu dilalui, tinggal menikmati. ini disebut anugrah pemberian.

proses dari no 1 sd no 5 adalah naik tangga. gerakannya ke atas.

tahap berikutnya adalah mengembangkan ilmu dan menggunakannya.

6. mengembangkan ilmu
artinya seseorang melakukan rangkaian proses uji coba dan penelitian untuk mengembangkan sebuah ilmu / ketrampilan sehingga mencapai sebuah penemuan ilmu / ketrampilan baru yang lebih baik. bisa melalui penggabungan 2 jenis keilmuan , atau lebih. dan diberi nama baru . juga bisa berupa turunan atau cabang dari ilmu sebelumnya tapi lebih khusus lagi.

ini disebut proses menambahkan anak tangga baru.

7. mengajar dan berbagi ilmu
artinya seseorang melakukan proses transfer ilmu pengetahuan kepada orang lain melalui berbagai cara dan latihan, tujuannya ilmu tersebut ditularkan. proses ini disebut mengajar dan berbagai ilmu. ini memberi kesempatan kepada para pencari dan pelajar untuk memperoleh kesempatan menimba ilmu.

ini prosesnya mulai Turun Tangga

8. menyimpan ilmu
artinya seseorang hanya menyimpan dan merahasiakan sebuah ilmu atau ketrampilan untuk dirinya sendiri. dan tidak dibuka kepada pihak lain, sehingga pihak lain tidak tahu ilmu yang disimpan itu pernah ada, masih ada atau sudah punah. biasanya alasannya pertimbangan yang sulit dijelaskan, sangat pribadi.

kalo yang ini, proses menyimpan tangga.

ilmu apapun adalah alat bantu bagi manusia untuk mempermudah kehidupannya dan membuat kualitas hidupnya lebih baik , bahagia.

kalo sebuah ilmu malah membuat kehidupan manusia rusak , kualitas hidupnya terpuruk dan menderita. maka perlu di kaji ulang atau di teliti / dirubah / di transformasi ilmu tersebut agar bisa menjadi lebih bermanfaat ke arah positif.

jika ilmu adalah kekuatan bagi manusia , maka harus disandingkan dengan kebijaksanaan dan welas asih. sehingga jalannya menjadi seimbang.

selamat hari raya saraswati. ungkapan kegembiraan atas anugerah ilmu dan seni di muka bumi untuk kehidupan manusia .

salam,
edy pekalongan


Tidak ada komentar: