Langsung ke konten utama

Tangga Belajar







amit amit ngaliman salam
# tangga belajar

saya membagi tahapan tangga belajar mencari ilmu secara sederhana, sebagai berikut :

1. mencari ilmu
karena mencari , harus jelas yang akan di cari, dimana keberadaannya, siapa yang memiliki ilmu tersebut. ibarat mau kursus memasak, harus tahu dengan jelas mau kursus jenis masakan apa, dimana tempatnya , siapa guru masaknya. kalo mencari kadang ketemu , kadang tidak.

2. menuntut ilmu
karena menuntut itu artinya memaksakan diri agar memperoleh hak . menuntut ilmu sama dengan menuntut gaji, menuntut cerai , menuntut keadilan. prosesnya meminta dengan upaya karena tidak di berikan sesuai jatah dan rasa keadilan. karena menuntutmaka harus terus dikejar sampai dapat yg di tuntut. tapi hasil akhirnya bisa tercapai atau gagal.

3. menimba ilmu
menimba ilmu seperti menimba air di sumur, sumber ilmunya sudah ada. tinggal melakukan proses pengambilan sesuai ukuran kapasitas masing masing. bisa satu hari satu ember atau seminggu sekali satu ember.

jika di pancuran dekat mata air , maka hanya menampung air sesuai wadah yang di bawa. ini adalah proses belajar yang alami. seperti sekolah. setiap hari menimba ilmu. atau membaca buku dll. tapi belum selesai. hasilnya sudah jelas, sesuai kerja kerasnya.

4. menguasai ilmu setelah berusaha
artinya sudah mendapatkan ilmu yang di cari setelah proses belajar maupun pencarian. dari sini , orang belajar bahwa butuh waktu dan latihan juga pengalaman untuk menguasai tinggal di pakai jika di butuhkan. ini periode menikmati buah dari perjuangan latihan dan belajar.

5. mendapat hadiah ilmu tanpa berusaha
artinya seseorang memperoleh ilmu tanpa meminta , tanpa usaha keras , prosesnya mudah karena itu berupa hadiah dari seseorang kepada dirinya. sulitnya proses memperoleh ilmu tersebut tidak perlu dilalui, tinggal menikmati. ini disebut anugrah pemberian.

proses dari no 1 sd no 5 adalah naik tangga. gerakannya ke atas.

tahap berikutnya adalah mengembangkan ilmu dan menggunakannya.

6. mengembangkan ilmu
artinya seseorang melakukan rangkaian proses uji coba dan penelitian untuk mengembangkan sebuah ilmu / ketrampilan sehingga mencapai sebuah penemuan ilmu / ketrampilan baru yang lebih baik. bisa melalui penggabungan 2 jenis keilmuan , atau lebih. dan diberi nama baru . juga bisa berupa turunan atau cabang dari ilmu sebelumnya tapi lebih khusus lagi.

ini disebut proses menambahkan anak tangga baru.

7. mengajar dan berbagi ilmu
artinya seseorang melakukan proses transfer ilmu pengetahuan kepada orang lain melalui berbagai cara dan latihan, tujuannya ilmu tersebut ditularkan. proses ini disebut mengajar dan berbagai ilmu. ini memberi kesempatan kepada para pencari dan pelajar untuk memperoleh kesempatan menimba ilmu.

ini prosesnya mulai Turun Tangga

8. menyimpan ilmu
artinya seseorang hanya menyimpan dan merahasiakan sebuah ilmu atau ketrampilan untuk dirinya sendiri. dan tidak dibuka kepada pihak lain, sehingga pihak lain tidak tahu ilmu yang disimpan itu pernah ada, masih ada atau sudah punah. biasanya alasannya pertimbangan yang sulit dijelaskan, sangat pribadi.

kalo yang ini, proses menyimpan tangga.

ilmu apapun adalah alat bantu bagi manusia untuk mempermudah kehidupannya dan membuat kualitas hidupnya lebih baik , bahagia.

kalo sebuah ilmu malah membuat kehidupan manusia rusak , kualitas hidupnya terpuruk dan menderita. maka perlu di kaji ulang atau di teliti / dirubah / di transformasi ilmu tersebut agar bisa menjadi lebih bermanfaat ke arah positif.

jika ilmu adalah kekuatan bagi manusia , maka harus disandingkan dengan kebijaksanaan dan welas asih. sehingga jalannya menjadi seimbang.

selamat hari raya saraswati. ungkapan kegembiraan atas anugerah ilmu dan seni di muka bumi untuk kehidupan manusia .

salam,
edy pekalongan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun