Minggu, 20 April 2014

asal kata sumatera



amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# asal kata Sumatera
*
*
kalo menurutku asal sebutan Sumatra dari pelaut portugis. Suma terra.
[ bahasa portugis : terra itu artinya land / wilayah daratan ] artinya Suma land atau Tanah Suma.
*
*
terra itu setara artinya dengan kata " Stana " [ basa sansekerta ] diserap basa jawa kuna jadi " Tana ". maka muncul tana jawa, tana sunda, tana minang, tanah karo, tana toraja, tana rencong.
*
*
hindu-stan ( tanah hindu ) akhiran stan itu juga asalnya dari kata basa sansekerta " Stana " artinya tanah. jadi nama negara2 dgn akhiran Stan ,seperti afgani-stan, paki-stan, usbeki-stan. itu bukti dulunya suku2 disana menganut budaya hindu. artinya sama dengan Land. di eropa ada ir-Land. eng-land, Ho - Land. skot-land. Ice-Land. jadi citra kata akhiran stan pada nama negara sangat bagus.
*
*
kata " Suma " [ sansekerta ] artinya indah / mulia / terpuji / terhormat . suma terra , disebut pelaut portugis ,meniru sebutan pelaut india untuk menyebut daerah Suma - stana. untuk menunjukkan kalo wilayah tersebut adalah daerah yang indah mulia dihormati.
*
*
sumaterra = suma stana = tana suma = tanah suma = tanah yg terpuji.
*
*
salah1 karya terkenal abad ke 15 dari penulis portugis adalah " Suma oriental " yg mengisahkan perjalan mereka sampe daerah suma & daerah oriental atau wilayah timurnya suma yaitu china. ahli tentang daerah timur disebut orientalist.
*
*
tentang Suma , di bahasa jawa kuna bunga disebut kusuma. dari kata ku -suma : aku puja . bunga dianggap sesuatu yang terpuji / disukai, maka dipakai untuk sarana memuji / memuja dewa atau persembahan saat sembahyang dan hiasan di atas rambut kepala. sedangkan pujaan hati disebut dalam bahasa jawa kusuma ning ati.
*
*
dugaan sementara saya.
kata suma masuk diserap ke bahasa latin juga.
" summa - cum laude " meaning "with highest honor" . kata summa [ bahasa linggris diterjemahkan mengikuti kata cum laude ] sebagai mulia / terpuji. ini mungkin pengaruh bahasa sansekerta suma . seperti juga kata Tri : tiga.menjadi three dan nama menjadi name.
*
*
intisari / hakikat disebut dlm bahasa portugis " resumo ". dalam bahasa latin " summa-rium " di serap ke bahasa inggris summa-ry. dalam bahasa kita risuma ditulis resume artinya intisari.
*
*
begitu dulu. ttg sumatra.
sebelum gunung krakatau meletus, Jawa dan sumatra itu tanahnya menyatu. tidak terpisah.
*
*
negara india saat ini di jawa kuna disebut negeri Bharat / bharata. makanya angin yg berhembus utk jalur perdagangan kuno kapal layar ke india disebut angin bharat. maksudnya angin yg mengantarkan sampe negeri bharat / india. disebut dalam pedoman arah angin sebagai Barat.
*
*
jadi Tanah Barata / india itu bagi orang jawa patokan arah barat. sedangkan arah timur itu patokannya adalah angin timur yang mengarahkan kapal layar pelaut jawa sampe pulo Timor / pulo timur.
*
*
disebut jalur pelayaran karena dulunya jalur kapal tehnologi layar. makanya suku2 pelaut yang asli pasti punya budaya memintal benang dan menenun sbg cikal bakal pembuatan tali & kain layar. dan tentu saja arsitektur rumah kayu nya cukup indah.
*
*
jadi disebut arah barat dan timur itu ada patokannya berupa nama daerah. bukan ngawur. atau ngarang. sekian tentang Suma terra. ini hanya analisa dugaaan pribadi. keliru juga bisa. benar juga belum tentu.
*
*
semoga menjadi sia sia pada waktunya. terima kasih.,
*
salam,
edy pekalongan


Tidak ada komentar: