Langsung ke konten utama

asal kata sumatera



amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# asal kata Sumatera
*
*
kalo menurutku asal sebutan Sumatra dari pelaut portugis. Suma terra.
[ bahasa portugis : terra itu artinya land / wilayah daratan ] artinya Suma land atau Tanah Suma.
*
*
terra itu setara artinya dengan kata " Stana " [ basa sansekerta ] diserap basa jawa kuna jadi " Tana ". maka muncul tana jawa, tana sunda, tana minang, tanah karo, tana toraja, tana rencong.
*
*
hindu-stan ( tanah hindu ) akhiran stan itu juga asalnya dari kata basa sansekerta " Stana " artinya tanah. jadi nama negara2 dgn akhiran Stan ,seperti afgani-stan, paki-stan, usbeki-stan. itu bukti dulunya suku2 disana menganut budaya hindu. artinya sama dengan Land. di eropa ada ir-Land. eng-land, Ho - Land. skot-land. Ice-Land. jadi citra kata akhiran stan pada nama negara sangat bagus.
*
*
kata " Suma " [ sansekerta ] artinya indah / mulia / terpuji / terhormat . suma terra , disebut pelaut portugis ,meniru sebutan pelaut india untuk menyebut daerah Suma - stana. untuk menunjukkan kalo wilayah tersebut adalah daerah yang indah mulia dihormati.
*
*
sumaterra = suma stana = tana suma = tanah suma = tanah yg terpuji.
*
*
salah1 karya terkenal abad ke 15 dari penulis portugis adalah " Suma oriental " yg mengisahkan perjalan mereka sampe daerah suma & daerah oriental atau wilayah timurnya suma yaitu china. ahli tentang daerah timur disebut orientalist.
*
*
tentang Suma , di bahasa jawa kuna bunga disebut kusuma. dari kata ku -suma : aku puja . bunga dianggap sesuatu yang terpuji / disukai, maka dipakai untuk sarana memuji / memuja dewa atau persembahan saat sembahyang dan hiasan di atas rambut kepala. sedangkan pujaan hati disebut dalam bahasa jawa kusuma ning ati.
*
*
dugaan sementara saya.
kata suma masuk diserap ke bahasa latin juga.
" summa - cum laude " meaning "with highest honor" . kata summa [ bahasa linggris diterjemahkan mengikuti kata cum laude ] sebagai mulia / terpuji. ini mungkin pengaruh bahasa sansekerta suma . seperti juga kata Tri : tiga.menjadi three dan nama menjadi name.
*
*
intisari / hakikat disebut dlm bahasa portugis " resumo ". dalam bahasa latin " summa-rium " di serap ke bahasa inggris summa-ry. dalam bahasa kita risuma ditulis resume artinya intisari.
*
*
begitu dulu. ttg sumatra.
sebelum gunung krakatau meletus, Jawa dan sumatra itu tanahnya menyatu. tidak terpisah.
*
*
negara india saat ini di jawa kuna disebut negeri Bharat / bharata. makanya angin yg berhembus utk jalur perdagangan kuno kapal layar ke india disebut angin bharat. maksudnya angin yg mengantarkan sampe negeri bharat / india. disebut dalam pedoman arah angin sebagai Barat.
*
*
jadi Tanah Barata / india itu bagi orang jawa patokan arah barat. sedangkan arah timur itu patokannya adalah angin timur yang mengarahkan kapal layar pelaut jawa sampe pulo Timor / pulo timur.
*
*
disebut jalur pelayaran karena dulunya jalur kapal tehnologi layar. makanya suku2 pelaut yang asli pasti punya budaya memintal benang dan menenun sbg cikal bakal pembuatan tali & kain layar. dan tentu saja arsitektur rumah kayu nya cukup indah.
*
*
jadi disebut arah barat dan timur itu ada patokannya berupa nama daerah. bukan ngawur. atau ngarang. sekian tentang Suma terra. ini hanya analisa dugaaan pribadi. keliru juga bisa. benar juga belum tentu.
*
*
semoga menjadi sia sia pada waktunya. terima kasih.,
*
salam,
edy pekalongan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun