Sabtu, 19 April 2014

Orasi Budaya : Menggugat akar konflik Capres





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi Orasi Budaya
# Judul : Menggugat akar konflik Calon Presiden
*
*
ijinkan saya mengawali orasi budaya ini dengan salam semoga kita semua menjadi manusia primitif seprimitifnya kembali. apa alasannya saya mengatakan hal tersebut. akan anda pahami di akhir tulisan. latar belakang saya membuat tulisan ini karena munculnya pendapat tentang Prabowo Vs Jokowi sebagai calon presiden.
*
*
ada muncul keinginan disebagian aktivis HAM untuk memilih calon presiden terbaik dan bebas dari unsur kejahatan kemanusiaan.
*
*
saya ingin mengajak anda sedikit berpikir dalam tentang praktik pembunuhan dalam berbagai nama. yang intinya sama yaitu membunuh atau perbuatan menghilangkan nyawa. tapi diperlakukan dengan standar moral yang kacau.
*
*
semoga ini menjadi masukan bagi orang2 yang merasa suci, bermoral, pejuang HAM yang suka menuduh orang lain mantan pembunuh . bisa jadi kita semua adalah pembunuh yang berlindung dibalik topeng .
*
*
kalo membunuh satu orang disebut pelaku kriminal
kalo membunuh sebagai profesi disebut pembunuh bayaran
kalo membunuh sambil memperkosa / merampok disebut penjahat
*
*
kalo jendral membunuh 25 orang atas perintah negara disebut penculikan aktivis
kalo jendral membunuh ribuan orang atas perintah negara dalam perang disebut pahlawan
*
kalo hitler membunuh 5000 ras yahudi disebut penjahat perang
kalo presiden amerika memerintah menjatuhkan bom atom di hiroshima dan nagasaki yang membunuh puluhan ribu orang jepang tak berdosa disebut pahlawan besar
*
*
kalo membunuh janin disebut aborsi
kalo membunuh raganya sendiri disebut bunuh diri
*
kalo meledakkan diri dengan bom di stasiun london disebut teroris
kalo meledakkan kota2 di irak , afganistan, Libya dan membunuh warganya disebut pasukan perdamaian dunia
*
*
kalo membantai pemeluk agama lain atas nama agama disebut perang suci
*
kalo membantai orang komunis atas nama negara disebut penyelamatan idiologi negara
*
kalo bocah nyetir menabrak 7 orang sampe tewas disebut musibah
kalo pake narkoba nyetir mobil lalu menewaskan pejalan kaki disebut tragedi
*
kalo sopir truck menabrak tewas pengendara sepeda motor disebut kecelakaan
*
*
kalo polisi membunuh pencuri disebut menjalankan tugas
kalo hakim menghukum mati bandar narkoba disebut menjalankan tugas
kalo hakim menghukum mati koruptor disebut melanggar HAM
*
kalo membunuh pencuri rame2 di jalan disebut korban amuk massa
kalo pelajar membunuh pelajar lain dalam tawuran disebut korban kekerasan pelajar
*
kalo mahasiswa membunuh mantan pacarnya karena cemburu disebut tragedi asmara
*
*
kalo membesarkan ribuan sapi untuk dibunuh disebut pengusaha daging sapi
*
kalo membunuh sapi, kerbau, kambing saat upacara agama disebut orang beriman & sholeh
yang makan dagingnya disebut penerima berkah
*
*
kalo membunuh anjing tetangga disebut perusuh masyarakat
kalo membunuh anjing utk dimasak disebut penjual masakan
*
*
dari penjelasan diatas saya ingin mengajak anda masuk ke persoalan persaingan calon presiden dan akan saya bahaas dari sisi pendapat kebudayaan manusia.
*
*
ada orang yang memakai standar moral yang tinggi. mengatakan kalo calon presiden indonesia tidak boleh seorang mantan pembunuh, maka pertanyaannya dalam kategori yang mana dari nama jenis pembunuh yg saya paparkan di atas ?
*
*
sebaiknya semua orang militer yang pernah berperang dan membunuh manusia lain di medan tempur , dilarang jadi calon presiden dan wakil presiden. dan semua orang yang setuju tentang rencana perang dan memerintahkan perang adalah anggota masyarakat yang merencanakan pembunuhan , karena militer negara hanya menjalankan tugas.
*
*
jika benar demikian, maka seorang mantan pembunuh yang sudah menjalani hukuman lalu menjadi biksu / pendeta / pertapa , mereka pun tetap menyandang sebutan pembunuh. dan dilarang menjadi calon presiden.
*
*
sesungguhnya apa akar masalah kita ribut tentang calon presiden dan pemilu. saya telusuri itu semua adalah kesalahan kita sebagai manusia modern yang memuja pemimpin dan persaingan konyol demi sesuatu yang konyol. lalu apa yang bisa dilakukan ?
*
*
renungan ini menjadikan saya sadar kalo kita semua adalah orang2 yang bodoh dan konyol. siapapun yang tidak setuju dengan praktik pembunuhan maka , semua angkatan bersenjata di dunia ini harus di bubarkan. semua senjata pemusnah massal harus di hancurkan. semua pedagang senjata harus di larang. semua perang di hapuskan.
*
*
semua negara harus dibubarkan. karena nasionalisme dan batas negara memicu perang. cukup satu negara dalam satu bumi. semua manusia bersaudara. dan doktrin tentang pembunuhan manusia lain pun akan turun drastis.
*
*
tapi kitab wahyu Tuhan malah ada bercerita tentang asal muasal manusia bahwa manusia adalah keturunan pembunuh. karena anak adam yang berhasil meneruskan garis keturunan adalah yang membunuh saudaranya.
*
*
dan itulah leluhur yg dipercaya manusia beragama yang mendominasi di planet bumi saat ini. bahkan sosok Tuhan di gambarkan suka menghukum , menyiksa manusia di neraka dan dewa di gambarkan hobi berperang, ini semua menginspirasi manusia berbuat kejam.
*
*
semua pihak yang mengeruk kekayaan pribadi berlebihan harus di hukum, kekayaan pribadi harus dibatasi. agar orang tidak serakah. dan pemerataan kekayaan terjadi.
*
ada cukup makanan di bumi utk semua orang, ada cukup tanah untuk semua orang. ada cukup rumah untuk semua orang. dan kelahiran bayi harus di batasi dengan sangat ekstrim. karena ledakan penduduk adalah sumber masalah yang memicu konflik pemenuhan kebutuhan. silahkan ML tanpa perlu punya anak seperti kelinci.
*
*
semua doktrin sekolah, agama, politik, ekonomi , budaya, cara hidup yang mengajarkan persaingan, konflik, pembunuhan, perang harus di hapus dari muka bumi. semua lomba2 dibidang olahraga, seni , judi, permainan yang mengajarkan persaingan dan memuja pemenang hanya satu orang harus dihapus dan diganti.
*
*
orang boleh pertandingan sepak bola tapi bukan untuk memang kalah. tapi yang menang harus memberi hadiah kepada yang kalah. dan semua tim sepak bola dapat piala emas . jadi bikin piala emasnya sejumlah peserta.
*
*
karena sumber konflik adalah budaya manusia modern yang memilih juara dan mendukung juara. ini merangsang keserakahan lalu menginspirasi munculnya permainan demi memuaskan keserakahan dan memuja gaya hidup jadi juara. dan ini berlangsung ribuan tahun. dan kita merasa ini bukan sumber akar masalah.
*
*
termasuk persaingan memilih calon presiden harus di hapuskan. karena inilah sumber konflik. tata kelola negara yang merangsang manusia untuk bersaing dan berebut jabatan harus di hapus. itu semua akar konflik.
*
*
siapapun yang mengajarkan tentang mengejar ambisi , menjadi sukses pemenang tunggal, mengajarkan juara satu, doktrin paling hebat, doktrin berprestasi , doktrin paling suci, doktrin terhormat. maka harus di hukum. karena itu sumber persaingan dan konflik. semua manusia unik , beda, anak kembar pun beda. maka tidak ada gunanya bersaing. cukup berbagi.
*
*
kita semua bertanggung jawab atas semua konflik di dunia. karena manusia adalah sumber konflik. terutama manusia modern dan terpelajar .terutama manusia yang mengajarkan standar moral & budaya yang beradab. manusia yang mengajarkan budaya perdagangan dan uang. semuanya harus di larang karena itu sumber konslik.
*
*
karena semakin primitif sebuah suku, terisolir dari peradaban, di pulau terpencil. tidak mengenal modernitas dan peradaban persaingan. maka disana tidak ada tradisi perang. tidak ada tradisi rasa iri. tidak ada pemilihan umum. tidak ada orang rebutan jabatan. tidak ada pemilihan presiden. tidak ada rebutan kekayaan dan kekuasaan. tidak ada rebutan kawin. tidak ada lembaga perkawinan. tidak ada cemburu. karena tidak ada doktrin cinta hanya sehidup semati satu orang. karena mereka tahu itu semua tolol.
*
*
semua sistem masyarakat, sistem politik, sistem pendidikan, sistem kekuasan, sistem ekonomi. itu semua hanya menguntungkan sekelompok orang yang menjadi penguasa sistem. itu semua cikal bakal perbudakan manusia lain. itu semua cikal bakal rusaknya alam karena keserakahan. padahal kita semua bisa hidup rukun, cukup makan semua.
*
*
semakin alamiah seseorang, maka dia melihat segala sesuatunya secara menyeluruh. bahwa akar masalahnya di bumi ini adalah manusia. maka manusia itulah yang harus di sadarkan. dan dari generasi ke generasi , peradaban modern adalah sumber kerusakan. tidak ada suku primitif , yg terisolir di satu pulau terpencil, yang tidak mengenal uang, tidak mengenal sistem sosial, sistem etika moral buatan. membuat kerusakan secara besar di muka bumi.
*
*
semoga kita sadar kalo kita sebagai individu bisa berubah, seorang individu bisa berubah. dia hanya membawa dirinya sendiri. tapi kalo masyarakat / organisasi / negara / bangsa adalah kumpulan manusia yang menganut suatu doktrin , cara hidup yang rumit. maka sulit berubah. karena setiap perubahan akan di tentang oleh pemimpin masyarakat / organisasi / anggota yang merasa diuntungkan dalam sistem cara hidup tersebut.
*
*
cukuplah kita merubah diri sendiri untuk menjadi manusia yang mengurangi sifat keserakahan, kebencian dan kebodohan. itulah gunanya belajar spiritual.
*
*
saya tidak akan menyuruh anda melakukan itu, akan saya lakukan sendiri. karena mayoritas manusia di bumi yang kesadarannya tertidur lelap sambil bekerja adalah tipe orang2 yang mendukung untuk bergaya hidup serakah tanpa batas dan suka pamer .
*
*
dan perilaku tersebut akan menciptakan efek buruk yaitu munculnya manusia2 lain yang cemburu dan iri lalu menempuh jalan kriminal , kejahatan demi merasakan kekayaan yang anda pamerkan sebagai gaya hidup mulia dan sukses itu. jadi anda pun sesungguhnya turut serta mendukung munculnya kriminalitas. tapi pura2 meredamnya dengan menciptakan pekerjaan POLISI dan pengadilan.
*
*
di kelompok masyarakat primitif, telanjang, terisolir, tidak kenal uang . tidak ada pekerjaan polisi dan tidak ada perlunya pengadilan.
*
*
demikian Orasi Budaya saya sampaikan. mohon maaf jika anda tersinggung dan tersindir. karena niatnya untuk mentertawakan perilaku manusia. semoga menjadi sia sia pada waktunya. terima kasih.
*
*
20 april 2014
salam,
edy pekalongan




Tidak ada komentar: