Selasa, 04 November 2014

Olah Cipta semampunya




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# olah cipta semampunya
*
*
kalo ingin pikirannya kuat. maka harus dilatih. namanya olah cipta. ini sebuah ketrampilan. sama seperti olah raga dan permainan. semakin di latih semakin mahir.
*
*
kalo sudah badannya sehat, sudah kenyang, sudah cukup tidur, sudah nyaman, maka olah cipta. ideal untuk di lakukan. berpikir itu menguras energi . makanya setelah berpikir keras berjam jam. orang merasa lelah. setiap orang punya daya batas kemampuan berpikir. itu anda sendiri yang tahu. dan harus mengamati sendiri. supaya tidak menyiksa diri.
*
*
kalo pikirannya sudah siap. tinggal mau di isi apa . bagi orang yang belajar Logika dan akal sehat. juga sifat kemanusiaan dan etika. maka akan bisa mengetahui kalo isi pikirannya ada yang tidak masuk akal, ada yang doktrin kebencian, ada yang isinya dongeng-2 tanpa bukti.
*
*
saat seseorang dewasa mulai berpikir rasional dan objektif. maka ia bisa membedakan antara teori dan hasil prakteknya. membedakan pendapat dan fakta hasil penyelidikan yang disertai bukti-2 yang akurat.
*
*
pengalaman sendiri adalah guru yang paling berharga . karena sebuah pengalaman itu memerlukan pengorbanan atas hidupmu ( waktu , tenaga, uang, resiko dari perbuatan tersebut ).
*
*
pikiran yang kuat akan menguasai pikiran yang lemah. bahkan ada manusia yang hobi menjajah pikiran orang lain lewat berbagai strategi . namun orang-2 yang sudah kuat dalam olah cipta. pikirannya merdeka dan mapan , maka tidak akan mudah di ombang ambingkan oleh berbagai produk pemikiran. bahkan tidak mudah terpengaruh bujuk rayu iklan di TV.
*
*
orang-2 yang tidak pernah berbagi pengalamannya sendiri. hanya suka copi paste tulisan orang. itu namanya pemulung sampah pemikiran. tidak apa apa. sampah bisa jadi kompos , juga bisa mengundang penyakit. enjoy aja.
*
*
ibaratnya seperti jus jeruk dalam kemasan. saya tahu itu sumbernya dari pohon jeruk di alam. walopun tertulis buatan pabrik. itu hanya memproses ulang dalam kemasan.
*
*
lebih celaka lagi , kalo ada anak kecil di ajari gurunya dan menganggap jus jeruk itu asalnya dari dalam kulkas supermarket. dan yang terbaik adalah jus jeruk " x " seperti dalam iklan di TV dan tidak bisa di bantah. itulah kebenaran si anak kecil yg belum trampil olah cipta. padahal saya mau buat jus jeruk sendiri juga bisa. tapi tanpa merek.
*
*
tentang kebenaran Jus jeruk versi anak kecil itu, bisa diganti dengan seseorang yang mengutip kebenaran pemikiran dari sebuah buku terjemahan yg diakui sebagai pedoman. yang buku dalam bahasa aslinya belum pernah ia baca. belum pernah berjumpa penulisnya.
*
*
celakanya lagi penulisnya sudah mati seribu tahun lalu dan bahasa aslinya sudah punah dan belum melakukan praktek. tapi mengatakan buku terjemahan itu sumber kebenaran. padahal itu cuma kertas dan tinta. berisi kumpulan aksara.
*
*
olah raga membuat badan sehat. membuang racun-2 di tubuh. olah cipta membuat pikiran sehat. membuang racun-2 pemikiran. kalo olah batin membuat batin sehat. membuang racun -2 di batin.
*
*
#Hening cipta , membuat pikiran tidak berisik, tanpa kegaduhan. seperti malam yang sunyi. #Bening cipta, membuat pikiran seperti aliran air sungai yang jernih, dasarnya terlihat, apa apa yang berenang di dalamnya terlihat jelas.
*
*
sisi maskulin [ laki laki ] dari kekuatan pikiran manusia di simbolkan sebagai dewa brahma. dewa yg mencipta unsur material ( logika & tehnik ) . sedangkan sisi feminim [ perempuan ] dari kekuatan pikiran manusia di simbolkan sebagai dewi saraswati. dewi yang menaungi sastra, musik dan kebijaksanaan. ( imajinasi & seni ).
*
*
keduanya yaitu simbol brahma & saraswati di puja dimasa lalu .sebagai simbol kekuatan di kepala manusia. semoga semua mahluk hidup selamat, sejahtera, bahagia. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing


( nama lain edy pekalongan ) 

Tidak ada komentar: