Langsung ke konten utama

Olah Cipta semampunya




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# olah cipta semampunya
*
*
kalo ingin pikirannya kuat. maka harus dilatih. namanya olah cipta. ini sebuah ketrampilan. sama seperti olah raga dan permainan. semakin di latih semakin mahir.
*
*
kalo sudah badannya sehat, sudah kenyang, sudah cukup tidur, sudah nyaman, maka olah cipta. ideal untuk di lakukan. berpikir itu menguras energi . makanya setelah berpikir keras berjam jam. orang merasa lelah. setiap orang punya daya batas kemampuan berpikir. itu anda sendiri yang tahu. dan harus mengamati sendiri. supaya tidak menyiksa diri.
*
*
kalo pikirannya sudah siap. tinggal mau di isi apa . bagi orang yang belajar Logika dan akal sehat. juga sifat kemanusiaan dan etika. maka akan bisa mengetahui kalo isi pikirannya ada yang tidak masuk akal, ada yang doktrin kebencian, ada yang isinya dongeng-2 tanpa bukti.
*
*
saat seseorang dewasa mulai berpikir rasional dan objektif. maka ia bisa membedakan antara teori dan hasil prakteknya. membedakan pendapat dan fakta hasil penyelidikan yang disertai bukti-2 yang akurat.
*
*
pengalaman sendiri adalah guru yang paling berharga . karena sebuah pengalaman itu memerlukan pengorbanan atas hidupmu ( waktu , tenaga, uang, resiko dari perbuatan tersebut ).
*
*
pikiran yang kuat akan menguasai pikiran yang lemah. bahkan ada manusia yang hobi menjajah pikiran orang lain lewat berbagai strategi . namun orang-2 yang sudah kuat dalam olah cipta. pikirannya merdeka dan mapan , maka tidak akan mudah di ombang ambingkan oleh berbagai produk pemikiran. bahkan tidak mudah terpengaruh bujuk rayu iklan di TV.
*
*
orang-2 yang tidak pernah berbagi pengalamannya sendiri. hanya suka copi paste tulisan orang. itu namanya pemulung sampah pemikiran. tidak apa apa. sampah bisa jadi kompos , juga bisa mengundang penyakit. enjoy aja.
*
*
ibaratnya seperti jus jeruk dalam kemasan. saya tahu itu sumbernya dari pohon jeruk di alam. walopun tertulis buatan pabrik. itu hanya memproses ulang dalam kemasan.
*
*
lebih celaka lagi , kalo ada anak kecil di ajari gurunya dan menganggap jus jeruk itu asalnya dari dalam kulkas supermarket. dan yang terbaik adalah jus jeruk " x " seperti dalam iklan di TV dan tidak bisa di bantah. itulah kebenaran si anak kecil yg belum trampil olah cipta. padahal saya mau buat jus jeruk sendiri juga bisa. tapi tanpa merek.
*
*
tentang kebenaran Jus jeruk versi anak kecil itu, bisa diganti dengan seseorang yang mengutip kebenaran pemikiran dari sebuah buku terjemahan yg diakui sebagai pedoman. yang buku dalam bahasa aslinya belum pernah ia baca. belum pernah berjumpa penulisnya.
*
*
celakanya lagi penulisnya sudah mati seribu tahun lalu dan bahasa aslinya sudah punah dan belum melakukan praktek. tapi mengatakan buku terjemahan itu sumber kebenaran. padahal itu cuma kertas dan tinta. berisi kumpulan aksara.
*
*
olah raga membuat badan sehat. membuang racun-2 di tubuh. olah cipta membuat pikiran sehat. membuang racun-2 pemikiran. kalo olah batin membuat batin sehat. membuang racun -2 di batin.
*
*
#Hening cipta , membuat pikiran tidak berisik, tanpa kegaduhan. seperti malam yang sunyi. #Bening cipta, membuat pikiran seperti aliran air sungai yang jernih, dasarnya terlihat, apa apa yang berenang di dalamnya terlihat jelas.
*
*
sisi maskulin [ laki laki ] dari kekuatan pikiran manusia di simbolkan sebagai dewa brahma. dewa yg mencipta unsur material ( logika & tehnik ) . sedangkan sisi feminim [ perempuan ] dari kekuatan pikiran manusia di simbolkan sebagai dewi saraswati. dewi yang menaungi sastra, musik dan kebijaksanaan. ( imajinasi & seni ).
*
*
keduanya yaitu simbol brahma & saraswati di puja dimasa lalu .sebagai simbol kekuatan di kepala manusia. semoga semua mahluk hidup selamat, sejahtera, bahagia. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing


( nama lain edy pekalongan ) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k