Langsung ke konten utama

# senyum saja



amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# senyum saja.
*
*
yang bisa membuat saya bahagia bukan pemerintah , bukan orang lain. tapi kemampuan saya sendiri dalam berlatih seni mengelola tubuh, pikiran , perasaan, ucapan dan tindakan yang mencegah saya dari penderitaan, setidaknya mengurangi penderitaan yang dialami bukan malah memperburuk penderitaan yang sudah ada.
*
*
kalo pikiran saya sedang tidak tenang, maka saya akan mencari sumbernya. misalnya jika sumbernya itu kegelisahaan , ketakutan, kekecewaan, kemarahan di dalam diri saya. saat pikiran jernih bisa melihat persoalan dengan lebih jelas. mencari solusi.
*
*
kalau kondisi gejolak pikiran dan perasaan tidak bisa saya kendalikan sendiri , resikonya batin saya akan di ombang ambingkan oleh berbagai gejolak isu / pemberitaan dan kejadian di luar diri saya.
*
*
seseorang yang batinnya sedang menderita , maka ucapan, pemikiran dan tindakannya akan terpengaruh memantulan penderitaan yang dialaminya. bisa disembunyikan dari orang lain tapi tidak bisa membohongi dirinya sendiri.
*
*
perilaku masyarakat yang lama terjajah, tertekan batinnya dan tersiksa tapi gagal melawan dan tidak kuasa lagi bebas , maka pelan pelan mulai menerima dan menikmati penderitaan hidupnya dan tidak lagi melawan. generasi berikutnya yang lahir dari orangtua semacam ini adalah generasi bermental budak.
*
*
lahirnya dongeng juru selamat , kisah ratu adil , satrio piningit . bagi saya pribadi itu hanyalah simbol jiwa masyarakat yang terjajah lahir dan batinnya. ingin bebas tapi sudah tidak punya kekuatan.
*
*
saya menolak belajar ilmu bahagia kepada orang yang bahasa tubuhnya tidak memancarkan kebahagiaan. dan pembicaraannya isinya keluhan dan marah-2. tidak merayakan hidup. percuma saja.
*
*
bahkan pakar penyusun kurikulum pendidikan di indonesia , belum tentu orang yang bahagia, belum tentu masa mudanya bahagia. kalo dia orang bahagia, pasti memasukkan pelajaran wajib ketrampilan seni bahagia untuk pelajar dan mahasiswa.faktanya tidak ada.
*
*
semoga yang wajahnya jerawatan , segera sembuh. semoga yang sariawan, segera sembuh. semoga yang ingin langsing, dietnya berhasil. semoga yang impoten, kembali pulih. jagalah kesehatan. agar tetap bisa menikmati kesenangan hidup dibumi. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha paing

Komentar

pengunjung tetap mengatakan…
Saya merasa semakin bingung dengan blog saya sendiri. Tampak ramai dari luar tapi isinya kosong melompong. Saya memimpikan blog bermutu dan adem seperti punya Akang.
Edy Pekalongan mengatakan…
semua mahluk hidup berproses. jadilah diri sendiri. itu sudah cukup.

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun