Senin, 07 Desember 2015

# senyum saja



amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# senyum saja.
*
*
yang bisa membuat saya bahagia bukan pemerintah , bukan orang lain. tapi kemampuan saya sendiri dalam berlatih seni mengelola tubuh, pikiran , perasaan, ucapan dan tindakan yang mencegah saya dari penderitaan, setidaknya mengurangi penderitaan yang dialami bukan malah memperburuk penderitaan yang sudah ada.
*
*
kalo pikiran saya sedang tidak tenang, maka saya akan mencari sumbernya. misalnya jika sumbernya itu kegelisahaan , ketakutan, kekecewaan, kemarahan di dalam diri saya. saat pikiran jernih bisa melihat persoalan dengan lebih jelas. mencari solusi.
*
*
kalau kondisi gejolak pikiran dan perasaan tidak bisa saya kendalikan sendiri , resikonya batin saya akan di ombang ambingkan oleh berbagai gejolak isu / pemberitaan dan kejadian di luar diri saya.
*
*
seseorang yang batinnya sedang menderita , maka ucapan, pemikiran dan tindakannya akan terpengaruh memantulan penderitaan yang dialaminya. bisa disembunyikan dari orang lain tapi tidak bisa membohongi dirinya sendiri.
*
*
perilaku masyarakat yang lama terjajah, tertekan batinnya dan tersiksa tapi gagal melawan dan tidak kuasa lagi bebas , maka pelan pelan mulai menerima dan menikmati penderitaan hidupnya dan tidak lagi melawan. generasi berikutnya yang lahir dari orangtua semacam ini adalah generasi bermental budak.
*
*
lahirnya dongeng juru selamat , kisah ratu adil , satrio piningit . bagi saya pribadi itu hanyalah simbol jiwa masyarakat yang terjajah lahir dan batinnya. ingin bebas tapi sudah tidak punya kekuatan.
*
*
saya menolak belajar ilmu bahagia kepada orang yang bahasa tubuhnya tidak memancarkan kebahagiaan. dan pembicaraannya isinya keluhan dan marah-2. tidak merayakan hidup. percuma saja.
*
*
bahkan pakar penyusun kurikulum pendidikan di indonesia , belum tentu orang yang bahagia, belum tentu masa mudanya bahagia. kalo dia orang bahagia, pasti memasukkan pelajaran wajib ketrampilan seni bahagia untuk pelajar dan mahasiswa.faktanya tidak ada.
*
*
semoga yang wajahnya jerawatan , segera sembuh. semoga yang sariawan, segera sembuh. semoga yang ingin langsing, dietnya berhasil. semoga yang impoten, kembali pulih. jagalah kesehatan. agar tetap bisa menikmati kesenangan hidup dibumi. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha paing

2 komentar:

pengunjung tetap mengatakan...

Saya merasa semakin bingung dengan blog saya sendiri. Tampak ramai dari luar tapi isinya kosong melompong. Saya memimpikan blog bermutu dan adem seperti punya Akang.

Edy Pekalongan mengatakan...

semua mahluk hidup berproses. jadilah diri sendiri. itu sudah cukup.