Langsung ke konten utama

3 Jenis pertimbangan






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
3 jenis pertimbangan
*
*
dalam mengambil keputusan  persoalan biasa sampe persoalan penting dalam hidup. saya belajar menggunakan rumus 3 jenis pertimbangan. sudah saya praktekkan hampir 7 tahun lebih.  3 jenis pertimbangan ini juga bisa diterapkan untuk menganalisa tindakan orang lain.
*
*
pertimbangan pertama disebut pertimbangan orang awam. memutuskan sesuatu karena kebiasaan dan alasan pribadi yang umum di pakai oleh orang lain. pertimbangan kedua disebut pertimbangan ahli , memutuskan sesuatu karena berdasar kajian ilmu pengetahuan dan ahli dibidangnya. pertimbangan ketiga adalah pertimbangan mistik , yaitu pertimbangan yang melampaui pertimbangan awam dan pertimbangan ahli dan memiliki tujuan rahasia atau khusus
*
*
jika orang dewasa di daerah saya tanya kenapa naik sepeda kayuh , karena alasan terpaksa , tidak punya kendaraan pribadi dan hanya memiliki sepeda biasa .  maka itu pertimbangan awam. jika jawabannya karena  alasan kesehatan dan mengurangi dampak polusi udara juga meniru life style  warga kopenhagen - denmark dan sepedanya jenis mahal , maka itu pertimbangan ahli.
*
*
tapi jika jawabannya , untuk jarak dekat naik sepeda karena alasan menurunkan ego , mengurangi kesombongan , melatih hidup sederhana. dan sepedanya sangat biasa sekali. karena sudah bosan naik mobil bagus , sudah bosan naik sepeda motor bagus. itu pertimbangan spiritual.
*
*
sudah ada satu setengah tahun, saya memberi makan keluarga tikus yang tinggal di salah satu sudut tersembunyi di rumah saya. saya punya piring khusus yang selalu saya isi dengan singkong mentah yang saya potong kecil-2. jika itu habis saya isi lagi. dan saya berdamai dengan tikus di rumah. buku-2 saya aman. makanan saya aman. sepatu kulit saya aman.  entah sampe kapan.
*
*
pernah saya bicara kepada tikus tersebut. kalo jumlah kalian sudah banyak. tolong sebagian pindah , karena terpaksa saya akan meracun. dan kebetulan sebagian pindah entah kemana. dalam hal tikus di rumah, saya memakai pertimbangan mistik. yaitu berdamai dengan keadaan.  secara pertimbangan awam dan pertimbangan ahli. tidak masuk akal berdamai dengan hama.
*
*
kalo menurut ahli neuroscientist dari amerika , Dr. Paul MacLean. penelitiannya tentang konsep  3 lapisan otak manusia yang mempengaruhi perilaku. yaitu lapisan pertama.  otak reptil yaitu  mirip otak buaya , otak ular . ini kecerdasan dan kemampuan rebutan cari makan, rebutan kekuasaan, berkelahi , menghindar , sex , bertahan hidup dan mengatur fungsi raga.
*
*
lapisan kedua . otak mamalia mirip otak tikus, gajah, sapi , lumba lumba.   mengatur tentang perasaan dan kecerdasan emosi manusia . misalnya  perasaan bersodara karena satu ibu, karena satu  ras , satu negara, satu partai politik, satu organisasi, satu perusahaan, satu hobi . berorganisasi dan saling tolong menolong, berkorban  berdasar ikatan tersebut.
*
*
ketiga, lapisan otak manusia / neo mamalia . tugasnya  yang mengatur fungsi kecerdasan intelektual , kerja logika . semua kerja ilmiah dan penemuan mesin dan tehnologi modern adalah produk dari kecerdasan otak lapis ketiga ini. termasuk kemampuan introspeksi diri , evaluasi diri dan  mengolah kesadaran, kreatifitas dan keindahan,  juga menangkap inspirasi.
*
*
jika sodara mau menelusuri literatur tentang 3 lapis otak manusia ini. maka banyak perilaku manusia yang bisa dijelaskan dengan mudah. dan lebih mudah memahami diri sendiri. ini masuk kategori praktek pertimbangan ahli.
*
*
ajaran spiritual yang ideal selalu mengajak manusia mengolah kecerdasannya mengendalikan raga, perasaan dan pikiran. dan bukan hanya berhenti di situ saja. bahkan mengembangkan pikiran luhur untuk kebaikan kehidupan dan peradaban di planet  bumi.
*
*
para dalang kerusuhan , ahli mencipta konflik dan perang. untuk tujuan politik dan kekuasaan dan juga para pakar marketing untuk tujuan menjual produk dan jasa. sangat menguasai cara cara halus , cara kasar , cara tipu daya, cara yang indah untuk  mempengaruhi otak reptil dan otak mamalia jutaan manusia. lewat berita dan iklan di media massa dan melalui peristiwa-2 khusus. yang di sebarkan secara massal dan mendunia.juga lewat karya tulis , lewat film . yang tujuannya kontrol kekuasaan politik dan kontrol kekuatan keuangan.
*
*
saya berdoa, agar  para guru suci menakluk naga , para bodhisatva , para malaikat penjaga , para penjaga alam, dan manusia yang sudah tercerahkan memberkati ratusan juta kepala rakyat indonesia. agar otak reptil , dan otak mamalia mereka terlindungi dari godaan dan tipu daya yang memicu perang sodara.
*
*
semoga kita semua slamet , bahagia. cukup makan, minum dan cukup bersenang senang ,  cukup beristirahat . juga cukup punya waktu luang. sehingga punya waktu belajar dan praktek mengolah daya kreatif di dalam diri. Damai di Bumi, dimulai damai di dalam diri kita sendiri.   jangan lupa senyum dan tertawa. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha paing.

Komentar

JUBAIDHA IDAH mengatakan…
assalamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com
semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih call. 082291286336 K.H. Ahmad Danan saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI













































Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun