Rabu, 31 Mei 2017

ukuran menjalani kehidupan





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# ukuran menjalani kehidupan
*
*
alat ukur dalam menjalani kehidupan bagi saya pribadi adalah pengalaman hidup saya, dan wawasan pengalaman hidup orangtua juga sahabat dan orang lain yang nyata itu saya jadikan pertimbangan. mempelajari prinsip-2 kehidupan yang nyata dan saya terus belajar dan berproses.
*
*
alat ukur menjalani kehidupan bagi orang lain bisa berupa ilmu pengetahuan. silahkan. mungkin pedomannya adalah ucapan gurunya. silahkan. mungkin pedomannya adalah para pesohor yang kaya dan terkenal seperti penyanyi, pemain film, atau buku multimilyuner yang punya perusahaan. silahkan saja. atau pedoman hidupnya adalah cara hidup tokoh di buku dongeng. seperti spiderman, harry potter, naruto . silahkan saja .
*
*
untuk menilai keadaan saya pribadi, saya bercermin. jika wajah tampak urat - keningnya tegang artinya saya tertekan. jika tubuh tidak ada keluhan artinya baik-2 saja. jika tidur gelisah, artinya banyak pikiran. maka perlu relaksasi. jika tubuh saya baunya tidak sedap artinya saya perlu mandi. itu disebut evaluasi diri. di jawa namanya mulat sarira.
*
*
saya belajar menghindari memakai farfum dan deodorant sejak 6 tahun lalu. karena jika bau badan saya yang tidak sedap muncul, itu tanda peringatan dari  tubuh kalo saya perlu detoks dan minum jamu untuk tubuh saya. karena tanda banyak racun di tubuh saya. kalo saya menutupi busuknya aroma keringat saya dengan aroma wangi buatan, maka sensor alami saya jadi tumpul. selain juga menipu indra penciuman saya dan orang lain.
*
*
saya sekarang lebih mudah mengenali aroma busuk dari badan sendiri. saya juga belajar mengenali pikiran gelisah , pikiran jahat , pikiran buruk yang muncul dari dalam diri. biasanya itu tanda saya sedang tidak bahagia. begitu juga mengenali perasaan tidak nyaman di dalam diri. maka saya perlu merawat perasaan dan merawat pikiran saya agar kembali nyaman.
*
*
kalo badan saya sehat , pikiran dan perasaan saya nyaman. maka saya lebih nyaman bekerja mencari uang. lebih menikmati hidup. dan sisi kreatifitas saya lebih banyak muncul. dan yang saya praktekan saat ini, melalui proses belajar sepuluh tahun lebih. maka saya tidak bisa menuntut orang lain berubah dalam waktu singkat. segala hal butuh proses.
*
*
saya masih merokok kretek, minum kopi. saya makan daging secukupnya. saya masih suka nonton konser musik  dan menikmati matahari terbenam. saya masih berlatih senam yoga dan masih bermeditasi. saya tidak berambisi jadi orang suci atau orang tercerahkan. hidup sehat dan berbuat baik dan bahagia . itu saja sudah cukup. kalo hidup sehari hari banyak kerepotan, itu tidak perlu saya ceritakan. karena semua orang mengalami itu.
*
*
banyak hal hal mengerikan terjadi di jaman ini. banyak penderitaan . memang begitulah kenyataan hidup. tidak bisa idealis. tidak bisa menuntut sempurna. maka yang bisa dilakukan hanyalah berdamai dengan diri sendiri dan kenyataan hidup.
*
*
 semoga kita semua selamat, sehat dan bahagia. karena orang bahagia jauh dari niat jahat. jangan lupa tersenyum dan tertawa. terima kasih.
*
*
salam,
wuddha paing




1 komentar:

JUBAIDHA IDAH mengatakan...

assalamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com
semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih call. 082291286336 K.H. Ahmad Danan saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI