Rabu, 03 Mei 2017

# Rwa Bhineda






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# Rwa Bhineda
*
*
saya punya kebiasaan setiap hari selama 2 tahun terakhir ini. setelah menyalakan dupa di depan altar lukisan Guru saya, lalu mengucap " terima kasih untuk hari ini. terima kasih untuk yang sudah berlalu. terima kasih untuk esok hari. semoga semua mahluk hidup slamet dan bahagia. dibebaskan dari penderitaan, permusuhan dan dendam ".
*
*
saya belajar memandang kehidupan di bumi ini sebagai satu paket berisi hal hal yang bertentangan tapi dalam satu kesatuan pagelaran kehidupan. yaitu adanya senang dan sedih. enak dan tidak enak. termasuk baik dan jahat. tulus dan licik. pintar dan bodoh. kaya dan miskin. saya terima sebagai kenyataan. di ajaran orang Bali ,ini disebut Rwa Bhineda. saya suka ajaran ini. membuat perasaan saya jadi mudah memaklumi keadaan-2 yang bertentangan.
*
*
setelah belajar menghayati dan mempraktekan ajaran ini. saya tidak lagi menjadi terlalu idealis . menjadi lebih relax. menganggap bahwa jadi manusia tidak harus suci. harus baik . karena di dalam diri saya sendiri ada unsur baik dan tidak baik. saya kadang bicara jujur, kadang bicara bohong. sehingga saya hanya berusaha . ibarat kondisi gelap dan terang di dalam diri saya. komposisi gelapnya saya kurangi , saya berusaha lebih banyak kondisi terang. 
*
*
saya menerima dalam hidup banyak sulit dan repot. saya terima itu. maka saya berusaha mengurangi penderitaan dalam hidup ini . sehingga komposisi senang dan sedih , lebih banyak senangnya. sedih tetap ada, tapi tidak sebanyak dulu. porsi enaknya lebih banyak daripada porsi tidak enak. saya berusaha berlatih olahraga , menjaga pola hidup. agar lebih banyak dalam satu tahun adalah kondisi sehat daripada sakit .
*
*
dalam wilayah yang lebih luas, saya melihat di televisi lewat chanel berita France24 atau NHK world yang biasa saya tonton. ada berita baik dan ada berita buruk. saya menerima berita buruk, tapi saya lebih suka fokus pada berita baik. 
*
*
saya berusaha memperbaiki diri saya sendiri, walopun kadang lupa dan hanyut dalam konflik adu pendapat salah dan benar. namun dengan mengingat ajaran Rwa bhineda. saya jadi bisa memaklumi. bahwa kenyataan hidup begitu adanya. setiap rumah mewah pun ada toilet dan sepi tank nya. setiap daerah ada sisi indah dan sisi buruknya. setiap tokoh ada sisi indah dan sisi buruknya. 
*
*
maka saya tidak terlalu idealist dan percaya buta bahwa tokoh politik tertentu bersih 100%. dan seorang mafia itu 100% jahat. manusia itu mahluk hidup yang terus berproses, bisa berubah. esok hari siapa yang tahu. 
*
*
bunga lotus itu akarnya merangkul lumpur, batangnya bersanding dengan air juga ikan dan kelopak bunganya bersahabat dengan angin, kupu kupu dan sinar matahari. simbol kehidupan yang indah dan unik. maka ada pepatah " No Mud , No Lotus - tanpa lumpur maka lotus yang indah tidak akan mekar " . lumpur pun ikut berjasa. 
*
*
kalo bangsa indonesia itu rakyatnya banyak. maka ada rakyat yang golongan mafia dan dunia hitam. ada rakyat yang bodoh dan miskin. ada pula rakyatnya yang kaum terpelajar dan kaya. ada pula rakyatnya yang sudah tercerahkan dan suka kedamaian.
*
*
maka terimalah kondisi rakyat indonesia apa adanya. jangan terlalu idealis dan menuntut harus seperti standart di negara lain. begitu pendapat saya. jika bangsa indonesia ini ibarat bunga Lotus, maka ia tidak bisa dituntut hidup mengikuti standart seperti bunga anggrek atau bunga kamboja.
*
*
semoga kita semua slamet dan bahagia. cukup makan minum dan cukup bersenang senang. tetap jaga kesehatan. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing.




1 komentar:

JUBAIDHA IDAH mengatakan...

assalamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com
semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih call. 082291286336 K.H. Ahmad Danan saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI