Jumat, 09 Juni 2017

Merawat badan dan Batin






amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# merawat badan & batin
*
*
badan atau raga saya punya hubungan dengan batin saya. batin itu pikiran dan perasaan. kalo raga sedang sakit misalnya gatel di lipatan tubuh karena sesuatu, maka pikiran ikut merasakan tidak nyaman, perasaan juga ikut terpengaruh.
*
*
hubungan badan dan batin ini sangat erat. jika saya menyimpan marah dan kecewa yang mendalam tiga hari tiga malam. maka efeknya mulai membuat pikiran tidak nyaman. sulit tidur.
*
*
saat awal belajar meditasi , malah pikiran negatif yang sering muncul, juga kemarahan, kebencian. maka saya disarankan oleh seseorang berhenti meditasi. lebih diarahkan ke proses katarsis selama setahun, atau praktek membuang sampah di pikiran dan perasaan. ini baik bertujuan mengurangi  beban batin .
*
*
katarsis yang lumrah adalah bertengkar , marah-2, curhat, nangis. katarsis alami yang lain adalah aktivitas seksual, bisa juga gila belanja / shoping, gila kerja. liburan. nonton konser musik. hasilnya setelah katarsis ini adalah munculnya perasaan lega dan relaks.
*
*
salah satu kataris luar biasa dalam masyarakat yang tertekan bertahun tahun adalah perang. yaitu dimana ketidakwarasan , kekejaman, kebrutalan menemukan tempat pelampiasan dengan membunuh, menyiksa. makanya orang yang tertekan senang bergabung dengan group teroris / group kerusuhan / group tawuran.
*
*
jika menulis status di facebook menjadi sarana katarsis. maka statusnya  berisi sampah pikiran dan sampah perasaan yang dibumbui dengan marah, kebencian dan beban batin lainnya . facebook berfungsi jadi toilet umum pikiran. silahkan amati sendiri.  saya juga kadang melakukan itu. tapi sudah banyak mengurangi.
*
*
badan orang yang menjadi budak di masa lalu, harus tunduk pada perintah majikannya. di suruh ini itu harus mau. dan tidak di bayar . jaman sekarang sudah tidak ada. mungkin ada tapi di samarkan secara halus.  begitu pula batin orang yang terjajah, pikiran dan perasaannya di kendalikan perintah majikannya. tidak punya kemerdekaan untuk berpikir dan mengekpresikan perasaannya. baik jaman dulu maupun jaman sekarang ,  biasanya budak itu pake seragam baju tertentu, tanda di tubuh tertentu, agar mudah di kenali majikannya.
*
*
 karena saya bukan budak manusia lain. saya budak dari keinginan saya sendiri. maka praktek spiritual saya adalah belajar mengendalikan keinginan diri sendiri.  merawat badan dan batin sendiri agar tetap berfungsi baik. tujuannya agar sehat dan bisa menikmati  kesenangan hidup di planet bumi. walopun kadang mengalami sedih .  kadang sakit mencret, saya terima itu sebagai resiko hidup. karena susah senang. menderita dan nikmat. enak dan tidak enak.  itu adalah  satu paket kehidupan.
*
*
kalo masih di jajah, ya berusahalah untuk merdeka. salah satu jalan adalah pendidikan. dan di internet , kalo beruntung sodara bisa belajar melepaskan diri dari tipu daya perbudakan batin oleh manusia atau organisasi manusia yang meneruskan tradisi perbudakan di muka bumi dalam berbagai jenis topeng palsunya. terima kasih.
*
*
hidup miskin tidak apa apa bagi saya. yang penting badan dan batin merdeka. karena kekayaan bisa di usahakan di kemudian hari. semoga kita semua slamet dan bahagia. rukun dan damai di bumi. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing

1 komentar:

JUBAIDHA IDAH mengatakan...

assalamu alaikum wr wb..
bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. Ahmad Danan hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://pondok-allaqsha.logdown.com
semua petunjuk K.H. Ahmad Danan saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya,
akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih call. 082291286336 K.H. Ahmad Danan saya tidak akan melupakan jasa aki.
jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silahkan KLIK DISINI