Langsung ke konten utama

berlatih mengurangi penderitaan




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# berlatih mengurangi penderitaan
*
*
seseorang yang kurang merasa tentram dan tenang, maka ia mencari tempat atau manusia yang bisa menjadikannya tentram dan tenang. seseorang yang butuh bertengkar untuk pelampiasan, ia mencari celah apapun untuk alasan bertengkar. termasuk di forum facebook.
*
*
semakin memahami diri sendiri. maka saya semakin memahami manusia lain. karena saya adalah manusia hidup. orang lain juga manusia hidup. karena saya ingin merasakan kebahagiaan dan lepas dari penderitaan tubuh, penderitaan pikiran dan penderitaan perasaan. maka saya berlatih dengan tertib, bertahun tahun dengan metode yang saya cocok.
*
*
salahsatu latihan pokok spiritual yang saya jalani bertahun tahun adalah menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan raga. kemudian mengelola pikiran dan perasaan, agar tetap seimbang dan sehat. maka hasilnya jelas, badan ini terasa nyaman. pikiran lebih jernih dan perasaan lebih mudah bahagia.
*
*
hidup dengan tubuh yang sehat, perasaan yang gembira dan pikiran yang jernih. itu sudah cukup menyenangkan bagi saya. walopun hidup pas- pas an. tapi saya menikmatinya. karena saya sudah belajar membedakan antara kebutuhan dan keinginan.
*
*
tehnik relaksasi dan meditasi, sangat bermanfaat dalam mengurangi stres sehari hari. lebih penting dari itu, daya kreatif dalam diri saya lebih mengalir lancar.
*
*
setiap manusia itu unik. tidak sama. saya belajar merayakan perbedaan rupa dan karakter manusia dalam hidup. seperti di contohkan hutan hujan tropis, beragam bangsa pohon dan tanaman berbunga yang berbeda bisa hidup semua.
*
*
berbeda dengan perkebunan sawit , bagi saya itu adalah pelajaran simbol masyarakat pohon yang dibentuk seragam dengan tujuan untuk keuntungan pengelolanya.
*
*
selamat menikmati kehidupan di rumah kita bersama yaitu planet bumi. sebagai ras manusia , kita hidup bersama ras pepohonan, ras hewan yang beragam. juga mahluk hidup lain yang mungkin tidak kita ketahui. karena ukuran , rupa dan karakternya yang sulit di lihat , tersembunyi.
*
*
para politisi memecah belah identitas kita dengan garis batas negara, para agamawan memecah belah identitas kita dengan ideologi agama, para filsuf dan Profesor memecah belah identitas kita dengan berbagai aliran pemikiran, gelar sarjana , fakultas dan tipe keilmuan.
*
*
para penjual jasa transportasi memecah identitas kita dengan layanan kelas borjuis, eksekutif , bisnis dan kelas ekonomi. para pengelola klub sepak bola kelas international sampe lokal memacah belah kita dengan fanatisme klub. belum lagi di kantor , di tipe perumahan dan lain lain.
*
*
sambil meminum kopi jahe di cangkir saya yang sudah dingin. diiringi musik indah band favorit dari irlandia - The Corrs . saya berdoa , semoga kita semua slamet dan bahagia. jangan lupa tersenyum dan tertawa. hidup di planet bumi memang demikian adanya. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun