Selasa, 22 Mei 2018

Meluaskan Cara Berpikir




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# meluaskan cara berpikir 


sebuah potret foto profil facebook adalah hasil tangkapan kamera foto terhadap sebuah subjek manusia dari sudut pandang juru potretnya. biasanya hanya memotret sisi yang paling baik. sisi buruknya biasanya di tutupi atau di edit , maka menyimpulkan manusia hanya dari foto profil facebooknya saja, akan mudah tertipu.


merekam video tentang cara petunjuk menyeduh kopi untuk pembelajaran , lalu di upload di youtube. tehnologi perekam video tidak bisa memuat aroma wangi kopi saat di seduh di dalamnya. artinya informasi yg di tangkap orang yang belajar di video itu belum lengkap, belum utuh. sehingga yang menonton video mendapat pengalaman tidak lengkap.kecuali mempraktekan sendiri. 


semua bayi lahir tanpa memiliki nama, yang memberi nama dan identitas juga mengajarkan budaya & perilaku adalah keluarga dan masyarakatnya. setiap keluarga mayoritas pola pikirnya di kendalikan atau bahasa halusnya mengikuti pimpinan keluarga . keputusan pimpinan keluarga kadang mengikuti tokoh masyarakat , idola selebriti dan terpengaruh pendapat umum dan informasi dari media massa yang diikuti. 


maka kualitas tokoh masyarakat , kualitas selebriti dan kualitas media massa . akan mempengaruhi berjuta-juta orang yang mengikuti pendapat mereka. mempengaruhi life style. mempengaruhi pandangan politik, sosial, ekonomi, budaya. 


walopun adapula individu - individu dewasa yang sudah cukup cerdas karena latar belakang pengalaman dan pendidikan , tidak terpengaruh dan punya pendapat dan pertimbangan sendiri. dan melalui media facebook , opini mereka ini bisa mengguncang pola pikir individu yang selama ini hanya ikut ikutan di zona aman. 


maka saya belajar untuk meluaskan sudut pandang. mencari tahu latar belakang atau alasan sesungguhnya di balik pendapat tokoh masyarakat, dibalik pendapat selebriti. dibalik pemberitaan politik media massa. untuk tujuan apakah ? sekedar uang dan kekuasaan atau bahkan tujuan melestarikan perbudakan manusia atau lebih dari itu juga ada. 
*
*
dulu saya mengidolakan guru guru keagamaan, tapi sekarang tidak . saya lebih suka tokoh idola yang masih hidup. Tokoh perempuan idola saya adalah Madonna ( selebriti dunia ) terakhir saya baca berita di akhir 2017. beliau membantu mendirikan Rumah Sakit untuk anak kelas dunia di Malawi - afrika, dari uang pribadinya . 
*
*
tokoh idola lelaki favorit saya adalah Keanu Reeves ( aktor film hollywood ). menurut pemberitaan awal 2018. beliau sudah menghabiskan uang pribadinya selama bertahun tahun lebih dari 70 juta dollar amerika serikat dari yayasannya untuk membantu anak anak yang menderita kanker di seluruh dunia. 
*
*
bahkan semua orang di tim stuntman / pengganti adegan berbahaya di syuting Film the Matrix yang di bintanginya diberi hadiah Harley Davidson , satu orang satu motor . dan itu dari uang pribadinya.
*
*
kedua tokoh idola saya itu. sudah menikmati kekayaan dan puncak kesenangan hidup di dunia dan perilaku hidupnya membantu program kemanusiaan membuat saya terpesona dan banyak seniman musisi dan pelukis juga arsitek yang saya suka karya karyanya. mereka membuat dunia menjadi lebih indah.
*
*
kalo tokoh mistik favorit saya di abad ke 20 adalah begawan shree Rajnesh ( osho ). karena lewat banyak bukunya saya mengenal banyak sekali nama tokoh mystic dunia di masa kuno dari Chuang Tzu, Patanjali , Guru Nanak hingga Jiddu Krisnamurti sampe Wilhelm Reich murit dari Sigmund Freud , beragam ajaran, beragam sudut pandang dan tehnik-2 mengolah kesadaran manusia.
*
*
kalo life style saya untuk menjalani hidup saat ini lebih mengacu kepada daerah Blue Zones yang di liput National Geographic. lokasi tertentu di planet bumi ini, dimana masyarakat manusianya rata-2 hidup seratus tahun dan tetap sehat bahagia. walopun tidak kaya raya. hidup biasa saja. juga angka kriminalnya sangat rendah.
*
*
kalo sikap masyarakat dalam kontribusi membangun kota dan negara yang menjadi acuan saya, saat ini adalah negara seperti Denmark untuk fokus mengejar kebahagiaan. juga Netherland. tahun 2013, Netherland menutup 19 gedung penjara , karena angka kriminal turun dan kekurangan jumlah penjahat. 
*
*
kalo indonesia mau menjadi mercu suar dunia. maka saya kira masih jauh dari harapan. alasan saya. jumlah kriminal harus turun drastis. faktanya penjara penuh. pengadilan pidana sibuk. ini masalah keadilan. lalu sikap tertib, budaya antri, menjaga kebersihan sulit di terapkan. ini masalah mental disiplin. 
*
*
lalu belum lagi budaya membaca buku di kalangan pelajar, mahasiswa dan lulusan sarjana , masih sangat rendah. ini masalah kualitas sumber daya manusia. belum lagi angka korupsinya di pemerintahan sangat tinggi. menerima suap juga mau. ini masalah sikap moral yang rusak di kalangan pejabat yang terbukti korupsi dan keluarganya pun tidak malu. kalo prosentasi gangguan kejiwaan di masyarakat , saya belum menemukan datanya.
*
*
tentu saja setiap orang punya cara pandang sendiri. punya idola masing-2. punya life style sendiri. jalani saja sesuai pilihan sodara. kalo sodara punya pilihan sebagai orang dewasa yang merdeka. 
*
*
kalo sodara masih senang menjadi manusia bermental budak, maka tidak punya pilihan sendiri. tidak masalah, karena yang menikmati hasilnya enak dan tidak enak adalah sodara sendiri. 
*
*
saran saya, cobalah merubah hal hal yang bisa di rubah. mulai dari hal kecil seperti tidak membuang putung rokok sembarangan. memakai akun asli dan foto profil facebook asli dalam berdiskusi di forum sosial media. itu sikap manusia indonesia yang waras dan menularkan budaya jujur, tidak hipokrit. 
*
*
sambil minum kopi dan mendengarkan musik indah dari musisi Cuba. saya berdoa , semoga kita semua selamat dan bahagia. karena saat orang sedang tidak bahagia sulit muncul rasa damai. karena damai di planet bumi. dimulai dari damai di dalam diri. terima kasih
*
*
salam,
wuddha paing




Tidak ada komentar: