Langsung ke konten utama

# OSHO : Pendidikan Salah Arah





Seri Tulisan
Begawan Shree Rajnesh / OSHO
diterjemahkan oleh : Wuddha Paing
*
*
sumber :
judul ebook: revolution in education
bab satu : Teacher , society and revolution
halaman. 7 , 8 dan 9. ceramah disampaikan pada tahun 1969. di depan para guru sekolah.
*
*
# pendidikan salah arah
*
*
Kita mengajarkan anak anak kita di sekolah untuk tidak serakah dan takut. tapi apa yang sesungguhnya kita perbuat kepada mereka ? kita sebagai guru mengajarkan mereka untuk menjadi serakah dan takut setiap saat.
*
*
dijaman kuno ada ketakutan terhadap siksa api Neraka dan hadiah kenikmatan Surga. itu sudah diajarkan selama ribuan tahun. muncul ketakutan mungkin saja aku akan pergi ke neraka. ada pula muncul keserakahan karena bagaimanapun saya harus masuk ke dalam surga.
*
*
kapanpun ada hukuman dan hadiah maka disitu muncul keserakahan dan ketakutan. tidak masalah kita menghukum para siswa karena berbuat buruk atau memberi mereka penghargaan medali emas sebagai reputasi baik.sama saja konsep tersebut.
*
*
pada jaman sekarang, ketika saya masih sebagai pelajar. ada ungkapan " jika kamu sekolah dengan baik maka kamu bisa menjadi tuan tanah, seorang pejabat , seorang presiden. kita menciptakan semacam godaan kedalam pikiran anak anak sekolah.
*
*
apa kita pernah mengajarkan kepada mereka untuk hidup damai dan penuh kesenangan ? tidak. kita mengajarkan kepada mereka untuk menjalani hidup dengan meraih jabatan. kita mengajarkan mereka untuk memiliki uang yang banyak, punya baju bagus. kita mengajarkan mereka untuk menjadi lebih dan lebih serakah, karena inilah yang disebuat sebagai sukses. apakah masih ada ruang untuk orang-orang yang tidak sukses ?
*
*
di dalam sistem pendidikan tidak ada ruang dan tempat bagi orang-2 yang gagal. kita hanya menciptakan wabah penyakit sukses. dan akibatnya menjadi alamiah bagi orang-2 yang ingin sukses di dunia harus berjuang. wabah penyakit sukses menjadi sebab semua tindakan yang keliru ini.
*
*
bagaimana seorang bisa meraih jabatan menjadi seorang presiden dari posisi prajurit militer posisi rendah, itu sudah tidak lagi menjadi pertanyaan ketika seseorang sudah menjadi presiden. tidak ada orang yang peduli bagaimana caranya ia menjadi presiden, dengan cara apa, dengan strategi apa, dengan kebohongan apa , dengan tipuan apa.
*
*
tidak ada lagi perlunya bertanya bagaimana ia menajdi seorang presiden. tidak ada seseorang yang akan bertanya, bahkan tidak akan terpikirkan. ketika seseorang menjadi sukses , maka semua dosa akan dihapuskan. karena sukses adalah pencapaian terakhir.
*
*
lalu kenapa saya tidak menjadi sukses dengan mengatakan kebohongan dan menjadi tidak jujur ? jika saya berusaha mengatakan kebenaran dan saya menjadi tidak sukses. lalu apalagi yang bisa saya lakukan ?
*
*
ketika kita membuat sukses sebagai pusat kehidupan, dan ketika kebohongan dan ketidakjujuran meningkat, kita menjadi sangat tidak bahagia. selama sukses adalah satu satunya pedoman evaluasi berhasilnya pendidikan. akan muncul kebohongan, ketidakjujuran dan maling. hal hal tersebut tidak bisa dihapuskan, karena apa yang bisa kita lakukan jika seseorang mampu untuk menjadi sukses hanya dengan cara ketidakjujuran dan korupsi ?.
*
*
semua hal yang lain menjadi tidak begitu penting ketika sukses hanyalah satu satunya pedoman / ukuran kehidupan. kita terus menerus protes dan sedih karena ketidakjujuran meningkat. ini meningkat karena saling terkait, karena inilah buah dari yang telah para guru ajarkan selama limaribu tahun.
*
*
sukses bukanlah pedoman kehidupan. sukses tidak bergantung pada jumlah gelar kehormatan dan penghargaan. seseorang manusia harus tercukupi kebutuhannya. bukan menjadi sukses. malah lebih baik jika seseirang menjadi gagal karena sebab yang baik daripada menjadi sukses karena sebab yang buruk.
*
*
penghargaan harus diberikan kepada orang yang berbuat kebaikan, bukan kepada orang sukses. tapi karena sukses telah menjadi pedoman hidup dan seluruh sistem dunia berputar disitu.
*
*
hal. 8
*
selama seorang pegawai rendahan tidak dihormati dan selama seorang presiden dihormati, tidak mungkin ada kejujuran di dunia. karena seorang pegawai rendahan tidak akan mau menjadi pegawai rendahan selamanya. hidup ini terlalu singkat jika ia harus duduk diam menunggu dan berharap untuk sukses, dan berlindung dibalik kebenaran semata.
*
*
jika sikap ketidakbenaran / kelicikan bisa mengantarkan orang untuk sukses, hanya orang gila yang tidak mau merangkul sikap ketidakbenaran / kelicikan. seluruh situasi berada dalam kondisi demikian bukan hanya sodara, bahkan Tuhan yang anda ciptakan dan surga yang anda ciptakan , hanya mau menghargai orang orang sukses. jika seorang prajurit rendahan meninggal, maka ia cocok sekali tinggal di neraka. tidak ada satupun Presiden yang akan pergi ke nereka, mereka akan masuk surga secara langsung.
*
*
kita harus menghancurkan fokus hidup pada sukses. jika sodara sunguh mau melakukan sesuatu untuk murit murit sodara dan jika sodara mencintai para pelajar, buang fokus hidup pada sukses dan ciptakan fokus hidup pada pemenuhan kebutuhan.
*
*
jika sodara punya rasa sayang pada kemanusiaan dan jika sodara sungguh mau menciptakan dunia yang baru, sebuah kebudayaan baru dan manusia yang baru. sodara harus melepaskan kebodohan dan menghancurkan seluruh kebodohan sodara dan berpikirlah bagaimana menjadi seorang pemberontak kehidupan di dalam diri sodara. saat ini sistem pendidikannya keliru, maka akan melahirkan manusia terdidik yang keliru.
*
*
saya akan mengatakan sesuatu yang lebih dalam berkaitan dengan ini. pertama pahamilah bahwa selama kita terus menerus membandingkan satu manusia dengan manusia lain. kita akan selalu berada dalam jalan yang keliru. dalam jalan yang keliru tersebut kita menciptakan ambisi manusia untuk menjadi orang lain. bukan menjadi dirinya sendiri. dan faktanya tidak ada manusia yang sama persis 100 persen dengan manusia lainnya.
*
*
hal. 9
*
*
di dalam kehidupan, pernahkan sodara pernah mendengar ada manusia yang sama persis 100 persen ? di dunia ini tidak ada satupun manusia yang sama persis perilaku dan ciri fisiknya dengan yang lainnya. di dunia ini segala sesuatu unik dan tidak sama.
*
*
selama kita tidak mengajarkan kepada para murit untuk menghargai keunikan setiap individu manusia. maka persaingan, perlombaan, pembunuhan dan kejahatan akan tetap ada. karena setiap orang akan mencoba menjadi seperti orang lain yang di gambarkan sukses dan terhormat dan hebat , maka ia akan menjalani hidup tidak jujur kepada dirinya sendiri. jika hal demikian yang terjadi pada para murit kita. apa hasil dimasa depan yang akan kita harapkan ?
*
*
hal penting yang harus di pahami bahwa setiap orang , setiap murit memiliki karakternya sendiri yang unik. jadi tidak ada masalah karena setiap orang berbeda. tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah. setiap orang adalah unik sebagaimana adanya. setiap orang punya tempat tersendiri. maka setiap hasil evaluasi yang diterapkan kepada siswa melalui standart yang sama adalah keliru. tapi kita terus menerus diajarkan hal yang keliru ini.
*
*
yang saya maksudkan dengan sikap pemberontakan dalam pendidikan oleh guru adalah. kita harus berpikir ulang dan merenung secara mendalam apakah yang telah kita ajarkan kepada para siswa . apa sebenarnya kita tidak meracuni pikiran mereka ? racun pikiran itu bisa di tawarkan dengan cinta kasih. dan tugas guru dan orangtua untuk melakukannya. semua kekeliruan dalam mendidik ini harus di hentikan.
--selesai.
semoga bermanfaat. terima kasih
salam,
wuddha paing




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k