Langsung ke konten utama

# Enak & tidak enak , satu paket dalam hidup.





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# pengalaman belajar konsep hidup bahagia
*
*
semua orang mau bahagia di dalam kehidupannya. tidak mau menderita. itu dorongan alamiah manusia yang sama. mau enak dan sebisa mungkin menolak yang tidak enak. tapi ternyata hidup itu isinya enak dan tidak enak, sudah satu paket.
*
*
dulu saya pikir saat pertama punya jas model italian cut , bikin saya senang. tapi itu sementara. lalu saya punya model jas british cut. lalu pengen lagi model jas american cut. tetap senang sebentar. lalu bosen dan biasa saja.
*
*
saya juga suka pake baju adat . sekarang perasaan saya sama saja. saat pake sarung tenun harga 60ribu dan saat pake kain jarik batik tulis harga diatas satu juta. sifat manusia kalo menuruti keinginan, tidak ada puasnya. yang bisa dipuaskan adalah kebutuhan.
*
*
sekedar berbagi cerita dalam 10 tahun terakhir mempelajari konsep hidup bahagia. saya pernah pelajari nilai kebahagiaan ala denmark yaitu Hygge, lalu nilai kebahagiaan ala swedia yaitu Lagom. adapula nilai kebahagiaan ala jepang " ikigai " dan juga konsep " wabi sabi " . sebelumnya saya pelajari tentang konsep hidup makmur dari Bali yaitu " Tri hita karana " & " atmano moksartham jagat hitaya cha "
*
*
konsep " ilmu kawruh begja " dari ki ageng suryomentaram. sudah lama saya pelajari. konsep bahagia dari aliran buddha tibet di bukunya Lama Zopa rinpoche juga Dalai Lama 14. dan wejangan dari bukunya Ajahn Chah dari Thailand , tak lupa tulisannya bapak Gede Prama. lalu konsep " zorba the buddha " dari OSHO . Juga wejangan Sri Shri Ravi Shankar.
*
*
dari aliran shiva , saya dapati ajaran bahwa shiva itu adalah kebahagiaan tanpa sebab dan kesadaran . jadi kalo sedang bahagia dan sedang sadar tidak tidur , tidak lupa, tidak melamun. artinya shiva sedang bersama saya.
*
*
dari ilmu psikologi modern saya baca ulasan dari sigmund Freud , Gustav Jung , wilhelm reich , juga konsep kebutuhan dari Abraham maslow . saya baca ulasan konsep fungsi otak dari teori Triune Brain dari Dr. Paul D. mac lean . saya ikuti ulasan di national geographic tentang daerah blue Zone .yang orangnya panjang umur dan bahagia. seperti di daerah sardinia , ikaria, okinawa .
*
*
saya pelajari tentang konsep motivator masa kini tentang . ukuran tabel getaran perasaan dari negatif sampe positif. dan konsep kimia tubuh tentang hormon kebahagiaan di otak. beberapa jenis diet dan jenis detoks , untuk kesehatan. semua itu memperkaya wawasan saya tentang cara hidup bahagia.
*
*
sepuluh tahun berjalan , hasilnya membuat wawasan saya menjadi terbuka dan belajar menikmati warna warni kehidupan. kemudian dari berjumpa manusia lain di tempat plesiran dan forum diskusi. ternyata orang cantik dan orang tampan tidak hanya ada di indonesia. begitu pula orang cerdas, orang spiritual, orang ramah. bisa dari mana saja.
*
*
dari dekat saat ngobrol , saya amati bola mata manusia itu beda ras beda warnanya. bentuk rambutnya beda. warna kulitnya beda. karakter intonasi suara saat bicara beda. ekpresi keindahannya berbeda. kebudayaannya berbeda dan ini semua indah.
*
*
sekarang saya nikmati saja warna warni kehidupan. kalo kangen breakfast model inggris ya mampir ke resto barat. kalo kangen masakan bali , ya ke warung bali. kalo kangen masakan arab, ya ke restoran arab. kalo kangen spagetti ya ke warung penjual spagetti .kalo saben hari ya makan masakan jawa.
*
*
kalo ke kios bunga, saya beli bunga krisan kadang warna merah , kadang kuning, kadang bunga warna ungu. kadang warna putih. supaya hidup tidak monoton. ke kios penjual dupa wangi. saya kadang beli aroma gaharu , kadang aroma lavender . rumah jadi lebih nyaman kalo ada bunga dan dupa wangi.
*
*
sekarang saya sadar, bahwa merubah diri sendiri yang penting. mempelajari konsep bahagia , itu saja sulit .karena perlu banyak uang , tenaga , waktu dan ketekunan berproses dan fokus, tidak gampang putus asa. apalagi itu dilakukan disela sela kesibukan sehari hari. dan saya jadi paham, kalo tubuh saya lebih cocok pijet gaya jepang daripada pijet gaya thailand. dan ternyata lidah saya lebih cocok minum kopi jahe daripada minum wine, bir, arak ataupun vodka.
*
*
dunia ini sudah terlalu banyak konflik, banyak perang, banyak hal hal buruk, banyak hal tidak enak. saya memilih fokus pada hal hal penting dalam hidup. kalo masih sehat dan bisa makan sehari hari saja. sekarang saya sudah bersyukur. semoga kita semua slamet , waras dan bahagia.
*
*
karena pengaruh energi lagunya john lennon " imagine " ijinkan saya berdoa untuk bangsa dan negara kita tercinta. semoga bangsa dan negara indonesia ini segera adil makmur. rakyatnya biar cepat bahagia. semoga di tolong oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, di tolong oleh iblis yang sakti, di tolong oleh dewa dewi, diberkati oleh orang-2 suci, diberkati oleh mafia dan gengster, di cintai rentenir dunia. di cintai semua penduduk planet bumi dari ras manusia maupun bukan ras manusia. semuanya bekerja sama memayu hayuning bawana. OM Shanti.
*
*







*
*

salam,
Wuddha Paing

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun