Langsung ke konten utama

# Kitab Basah










amit amit ngaliman salam

mohon ijin berbagi
# renungan : tuntunan hidup Mulia
*
*
manusia yang punya nilai lebih kegunaan disebut manusia mulia. manusia yang mulia. karena perilakunya luhur. memberi manfaat . memberi kebaikan. seringkali di hormati. dipuja .
*
*
manusia mulia yang  mengajar kepada muritnya. ajarannya disebut tuntunan hidup mulia. apalagi terbukti yang di bimbing menjadi manusia berperilaku mulia. jika ini berlanjut maka bisa menjadi pedoman hidup mulia. jika  ajarannya dicatat , ditulis dalam sebuah buku. maka bisa menjadi buku pedoman hidup mulia. 
*
*
buku pedoman hidup mulia itulah yang saat ini , di jaman modern ini disebut  sebagai kitab suci. lalu di buat perkumpulan sampe menjadi sebuah agama. 
*
*
negara kita indonesia , usianya belum seratus tahun. hukum negara indonesia belum seratus tahun berjalan. tapi bangsa indonesia yang terdiri dari banyak suku ini sudah punya peradaban lebih dari seribu tahun. punya pedoman hidup mulia yang usianya lebih dari seribu tahun. di jalani turun temurun. punya pedoman / tata cara  dari memperlakukan bayi di kandungan ibu, bayi lahir ,  menjadi anak, remaja , dewasa , menjalani hidup sampe  akhirnya raganya mati dan di hormati setelah mati, dengan upacara tersendiri.
*
*
ajaran tokoh mulia dari bangsa manapun tentang pedoman hidup mulia   yang  ditulis dalam  wujud aksara di lembaran kertas / lembar batu / kulit kayu / daun tal / buku / ebook / pdf file disebut dalam ajaran jawa sebagai  kitab garing . artinya kitab kering. sedangkan ajaran dari kenyataan hidup sehari hari ,  pengalaman hidup, kejadian di alam , hukum alam yang tidak ditulis disebut sebagai kitab teles artinya kitab basah. 
*
*
alangkah baiknya dan idealnya. mempelajari keduanya baik kitab kering dan kitab basah. mempelajari sabda Guru di kitab suci dan sabda Alam di kenyataan hidup. misalnya bisa  belajar teladan dari pohon beringin yang tanpa pamrih memberi oksigen. bisa melihat teladan sifat angkasa. dan lain sebagainya. 
*
*
kalo pedoman hidup mulia dari Jawa, yang lebih banyak berupa kitab teles dan pitutur . bolehkan disejajarkan dengan pedoman hidup mulia dari arabia, dari israel, dari italia dari india , dari persia , dari china, dari Tibet , dari amazon , dari skandinavia.
*
*
sangat baik kita terbuka belajar dari bangsa manapun. sesuai selera masing masing. yang penting dipraktekan . dirasakan sendiri. enak dan tidak enaknya dari pengalaman langsung. dan disimpulkan sendiri. tapi jangan lupa untuk menggali nilai baik leluhur dari bapak dan ibumu sendiri.
*

saya belajar menulis menggunakan susunan kata  yang menjauhkan dari perselisihan dan mendatangkan keselamatan bersama. dijawa disebut " Bhasa Basuki " . karena banyaknya perselisihan dimedia sosial terjadi antar manusia, dikarenakan saat berkomunikasi menggunakan susunan kata yang tidak mendatangkan keslamatan bersama. 
*
*
sebuah contoh susunan bahasa dalam doa yang dibaca saat mandi sebelum sembahyang dalam bahasa jawa. 
*
" niat ingsun . anucekake sakaliring anasir badan ingsun kang abangsa jasmani. suci mulya sampurna. anunggal kalawan sakaliring anasir badan ingsun kang abangsa rokhani. Nirmala waluya ing kahanan jati " 
*
terjemahan bebas  " saya niat. mensucikan seluruh unsur badan saya yang terlihat panca indra. menjadi suci. mulia. sempurna. beserta seluruh unsur badan saya yang tidak terlihat panca indra. menjadi tanpa cacat. selamat sejahtera dalam hidup ini " 
*
*
terima kasih sudah membaca. 
Salam,
Wuddha Paing 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun