Langsung ke konten utama

Agustin Merdekawati

setiap kali menyambut 17 agustus ,
saya selalu ingat nama teman saya dulu.
seorang wanita yang lahir 17 agustus
bernama : agustin merdekawati.

nama yang khas..
membawa semangat perjuangan
seperti halnya nama bung karno.




apa anda pernah
mendengarkan pidato bung karno ?

mendengarkan bung karno berpidato
tidaklah seperti membaca tulisan bung karno.

rasanya berbeda...
mendengarkan langsung
bagaimana bung karno berbicara
membuat betah berlama lama.

saya jadi mengerti kenapa di era awal kemerdekaan
orang beramai ramai duduk di depan radio
hanya untuk mendengarkan pidato bung karno

atau orang berkumpul di lapangan
berduyun duyun dari pelosok desa datang ke kota di mana
bung karno berkunjung.

hanya untuk mendengarkan beliau berbicara.

setelah puluhan kali memutar koleksi pribadi
pidato bung karno milik bapak
yang dihadiahkan kepada saya
di tahun 1994.

salah satu pidato yang
terekam dalam bentuk kaset pita.
berjudul:

" bung karno
penyambung lidah rakyat.

pidato bung karno
di depan mahasiswa hukum
universitas airlangga
tahun 1956.

produksi : rakyat kecil "

saya baru mengerti saat ini,
kalau itu adalah bentuk
rekaman independent,

karena bukan bentuk rekaman perusahaan,
hanya produksi individu
yang mengatakan dirinya
bernama : "rakyat kecil "

sudah menjadi adat saya,
kira kira sejak 10 tahun yang lalu

saya selalu memutar kaset pidato ini
tanggal 16 agustus

satu tahun paling saya putar
satu atau dua kali.
mungkin karena itulah.

kondisi kaset ini masih
dalam keadaan baik.

bagi saya pribadi
isi pidato bung karno yang
membagi pengalaman
setelah

perjalanannya keluar negeri.
gelombang pertama ke :
amerika serikat , kanada , italia ,
jerman barat ,swiss

dan
gelombang kedua ke :
soviet union , yogoslavia, austria,
cekoslovakia, monggolia , RRC

ini lebih menakjubkan dari pada
mendengarkan seorang motivator handal
ketika bicara di TV.


dari pidato ini saya bisa belajar menyerap
kata kata bung karno
tentang makna sebuah negara.
tentang makna seorang pemimpin.
tentang makna belajar.

seringkali tetangga yang mendengar saya
memutar pidato ini berkomentar
" kok seperti suara bung karno ya ? "

saya jawab
"memang betul ,
ini bung karno yang berpidato "

saya sendiri pernah bertanya
kepada guru sejarah saya.
di sma.
apakah dia pernah mendengar pidato bung karno ?

dia mengatakan belum pernah.
karena di universitasnya dulu,

mereka tidak punya kaset pidato bung karno.
hanya tulisan tulisan pidatonya.
itupun pidato menyambut 17 agustus.

dan buku seperti
"dibawah bendera revolusi "
guru sejarah sayapun
belum pernah memegangnya.

dan memang tidak semua orang ,
pernah memegang buku
"dibawah bendera revolusi"




apalagi membacanya.





saya beruntung karena
pak dhe saya memilikinya.
bukunya besar dan tebal.

kebetulan almarhum kakek adalah
seorang pendekar
yang ikut laskar pejuang
melawan penjajah belanda
dan penjajah jepang.
hanya tanpa gelar pahlawan.


dan kakek menuturkan kepada bapak.
dan bapak menuturkan kepada saya :
bahwa pesan kakek :

" merdeka atau mati "

mungkin karena itulah saya menyukai sejarah.
dan kalau ada kesempatan, suka mengunjungi makam
para pahlawan.

saya tidak menyalahkan jika ada teman saya
yang tertawa, ketika dulu saya cerita mau
menengok makam jendral sudirman ketika
di jogja.

dan saya tidak menyalahkan kalau
banyak anak muda sekarang banyak yang
tidak tahu sejarah bangsanya
karena mungkin latar belakang keluarganya
tidak sama seperti saya.

dan saya tidak menyalahkan
kalau ada orang muda yang suka meremehkan
jasa pahlawan,
apalagi menghina bangsa indonesia dengan enteng.

karena dia mungkin hanya pintar membaca ,bicara dan menulis

dan belum pernah mengalami
seperti kakek saya ditodong bedil tentara belanda
dengan hanya membawa sebilah tombak
untuk mempertahankan tanah miliknya.
dan berhasil mengalahkan yang membawa bedil.


bukannya lebih bijak ,
jika ada orang yang tidak suka dengan negara ini,
lebih baik dia angkat kaki dan pindah
dari republik indonesia ...

dan silahkan memilih negara mana yang dia sukai...

saat ini pidato bung karno
adalah arsip sejarah.

orang boleh memalsukan tulisan bung karno,
( sebagian malah memusnahkannya dengan sengaja )

tapi pidato bung karno dan suaranya...
itu khas dan tidak bisa di tiru.
mungkin bisa tapi sulit...

apalagi di kaset rekaman saya , ada suara bisik bisik
pendengar, ada suara microfon yang berdengung...

ada suara kereta api lewat...
dan tepuk tangan penonton
serta guyunan bung karno
yang membuat hadirin tertawa..
itu sulit sekali di tiru.



tahun 2009 lalu saya menyempatkan
membuat rekaman ulang dari kaset pita ini
dan saya buat dalam format Mp3.

untuk berjaga jaga jika ada sesuatu yang membuat
koleksi saya ini hilang atau rusak.

rekaman ini terbagi
menjadi 4 potongan pidato format mp3.
yang keseluruhannya berdurasi satu jam.

pada kesempatan istimewa ini,
saya tergerak untuk membuat kopi
pidato bung karno koleksi saya ini
dan menjualnya.

bagi yang membeli
ini akan menjadi salinan dokumen
yang berharga untuk dijadikan media belajar.

bagi pengagum bung karno.
sebuah pidato bung karno
adalah koleksi yang berharga
seperti penggemar barang antik tertentu,
dia rela membeli dan harga adalah nomer sekian.

memberi hadiah berupa pidato bung karno
kepada guru sejarah
atau perpustakaan sekolah tempat anda dulu
belajar adalah sebuah hadiah yang luar biasa.

anak anda ,keponakan anda, ketika bertanya
siapa bung karno ?

anda bisa menjelaskan
bahkan memperdengarkan suaranya
melalui rekaman ini.

memberi hadiah rekaman pidato bung karno
kepada pejuang yang masih hidup.
akan membuat beliau terharu
mengenang masa lalu.

bahkan jika anda memberi hadiah
rekaman pidato bung karno
kepada seorang guru spiritual
yang mengagumi bung karno.
bisa jadi anda akan menjadi
orang kesayangan guru tersebut.


karena rekaman ini dalam format mp3.
anda bisa menggandakannya.
dan membaginya untuk
orang orang yang anda cintai.

sekaligus menjaga dokumen sejarah.



harga pengganti mp3 rekaman
" pidato bung karno
tahun 1956 di depan mahasiswa hukum
universitas airlangga."

bagi saya pribadi
sudah pernah menawarkan pidato ini dengan
harga sangat murah tapi malah tidak laku.

lalu saya melihat iklan di koran nasional
tarif mendengarkan seorang motivator
berharga satu juta rupiah.

berarti saya salah strategi atau
terlalu lugu atau polos atau bodoh ya...

karena sampai dengan saat ini
saya belum menemukan motivator/trainer di indonesia
walaupun bukunya mahal dan tarif seminarnya jutaan rupiah.
belum ada yang sekaliber bung karno.

maka rekaman pidato ini
harus berharga lebih mahal dari itu.
agar siapapun yang memilikinya bisa menghargainya


niat saya adalah membagi dokumen berharga ini
kepada orang yang sungguh sungguh mau berkorban
untuk mendapatkannya.
karena hidup adalah perjuangan.

harga mp3 rekaman pidato ini : tiga juta rupiah.
yang tertarik silahkan hubungi email saya :

edy_pekalongan@yahoo.co.uk

penawaran ini hanya untuk 10 orang.
di tutup 20 agustus 2010.

menyambut 17 agustus 2010
saya secara pribadi mengajak anda semua
berusaha tetap menjaga
"api " semangat menjaga dan
membangun negara dan bangsa ini
dengan cara masing masing.

saya jadi merenung.

rakyat kecil hanya mengikuti pemimpinnya.
namun jika pemimpinnya
sudah menindas rakyat kecil,
dan memiliki watak
seperti kompeni dan tentara jepang yang kejam.

jangan salahkan jika nantinya ada rakyat kecil
menjadi berani melawan pemimpin.
dan berjuang dengan caranya sendiri untuk merdeka.

saya mengelus dada,
kalau melihat orang mencari keadilan begitu susah.
dan para penjahat negara bebas
bahkan setiap hari keluar di TV seperti artis.

kalau para bayangkara negara tidak tegas
dan hukum negara

di rendahkan dan bisa di beli dengan uang.

lama lama bisa terjadi
kekacauan di masyarakat,
yang menuntut keadilan .


kalau para pemimpin negara acuh tak acuh ,
para politisi cuek dan
bayangkara negara tidak bisa
berbuat banyak membela rakyat
karena di tekan penguasa.

dan suasana menjadi tidak terkendali.

semoga tidak sampai terjadi konflik seperti.
gerakan " kemerdekaan"
di masing masing daerah.

ini adalah tugas para pemimpin
yang berkuasa sekarang.
'
belajarlah .. belajarlah..
belajarlah...dari sejarah.

ketika dulu penguasa belanda menindas rakyat ,
ketika sudah kelewat batas...
para pendekar akan bermunculan...

munculah cut nyak dien di aceh

muncullah pendekar si pitung di
betawi.



muncullah pangeran diponegoro
di jawa tengah

muncullah sultan hasanudin
di sulawesi

muncullah kapiten pattimura
di maluku

dan lain lain.

saya masih bertanya dalam hati.

apakah sumpah pemuda 1928
akan terputus...

apakah bhineka tunggal ika
akan terhapus...

monggo kerso...
para pemimpin negara.
yang menjawab lewat perilakunya...
karena di bahu pemimpin negara
kami rakyat kecil menitipkan nasib

semoga kita semua
selamat dan bahagia


salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k