Langsung ke konten utama

pustaka sarwwabhasa mandala



pada awal tahun 1700 -an.
perpusakaan di caruban nagari atau
kerajaan cirebon di jawa barat saat ini.

memiliki
naskah bhasa / kamus bahasa
yang disebut pustaka sarwwabhasa mandala
( kumpulan naskah kamus ,kalau dijaman saat ini )

data ini saya ketahui dari lampiran
daftar pustaka yang disusun untuk membuat
buku induk sejarah raja raja nusantara.
yang bernama :

pustaka rajya rajya i bhumi nusantara

kisah ini terjadi sebelum penjajah voc menaklukkan seluruh jawa
dan nusantara.

di awali inisiatif dari raja caruban nagari
atau kesultanan cirebon - jawa barat era saat ini.

maka pada tahun 1680-an

di ketuai oleh pangeran wangsakerta.

maka berkumpulah seluruh
utusan yang adalah para ahli sejarah atau mahakawi/pujangga.
kemudian terbagi menjadi lima sangga.



yaitu :

sangga 1 :

beranggotakan para ahli dari Surabaya, Pasuruhan, Madura, makasar, Panarukan, Balambangan, Galiao,
banggawi, Maluku, Bali, Seram, Lwah Gajah, ambon, Gurun,
Taliwang, Palembang, Bantayan dan Banten

sangga 2 :
beranggotakan para ahli dari Mataram, Semarang, Dermayu, Wirasaba, Kediri, Lasem,
Mojoagung, Bagelen, Tuban. Losari, Barebes, Tegal, jepara, Mantingan dan Bonang.

sangga 3 :

beranggotakan para ahli dari Demak, Jayakarta, lamongan, Kudus, Cirebon, Gresik, Pasai,
tanjungpura, karawang, Cangkuang, kuningan, Tembayat, Sedayu, Malaka, Tumasik, barus dan Trengganu



sangga 4 :
terdari para ahli dari :
Calunggung, Sumedang, Sukapura, Parakanmuncang, Rancamaya, imbagara
, ukur, galuh, sindnagkasih, luragung, kertabumi, rajagaluh, talaga, sendangduwur, giri

sangga 5 :

terdiri dari para ahli dari :
Jambi, minangkabau, bangka, parelak, berunai, lamuri, kutalingga, mandailing,
siak, tanjungnagara, tanjungkutai dan tanjungpuri

selain para peserta hadir beberapa pendengar dan peninjau.
dari Mesir, Arab, India, Srilangka, Benggala, Campa, Cina dan hujungmendini ( semenanjung melayu ).

dan mengundang ahli agama, wisnu, ahli agama siwa, ahli agama islam,
ahli agama budha dan ahli agama konghucu.

( ahli agama kristen tidak diundang . nggak tahu kenapa ya ? )


koleksi kamus bahasa yang dimiliki oleh caruban nagari.
mau tahu apa saja ???

untuk koleksi bahasa yang saat ini
masuk di luar wilayah indonesia
yang saya tahu ,akan saya jelaskan


disini bhasa saya singkat B.

Bhasa keling (? )
B. China ( negeri china )
B. Parsi ( iran -persia )
B. Mesir ( mesir )
B. Banggala ( di india )
B. Campa ( di vietnam )
B. Samudra ( ? )
B. Mengkasar
B. Palembang
B. Syangka ( ? )
B. Kelantan ( di malaysia )
B. Bangka
B . buwun ( ? )
B. Beten
B. tulangbawang
B. Sela ( ? )
B. Pase
B. Parayaman
B. Purwwajawa
B. PurwwaSunda
B. Singhaladwipa ( ? )
B. Sopala ( ? )
B. Yawana ( ? )
B. Manangkabwa
B. kampe ( ? )
B. Haru
B. andeles ( ? )
B. dinah ( ? )
B. Pego ( ? )
B. Syam ( ? )
B. Ngarab ( jazirah arabia )
B. buretet
B. Lawe
B. Tanjungpura
B. Indragiri
B. solodong
B. selat
B. baluk
B. sedah
B. Seran
B. Jambudwipa ( di india )




B. Lampung
B.Surabayeki
B.. Patungan
B. Sapari
B. Nyiri
B. Bubu
B. manubi
B. gumantung
B. sampangtiga
B. gurun
B. komering
B. kanangan
B. ogan
B. sabini
B. jenggi
B. balidwipa
B. sembhawa
B. sasak
B. melayu
B. shangyang hujung
B. ambwan
B. mongol ( negeri mongolia )
B.manila ( negeri philipina )
B. jipang ( negeri jepang )
B. bharatanagari ( di india utara )
B. parlak
B. barat
B. saimwang
B. singhalanagari
B. marutma
B. nasorpaka
B. Tumasik ( singapura )
B. tringgano
B. kelang
b. kedah ( di malaysia )
b. langkasuka
b. jambi
b. syak
b. rekan
b. kampar
b. pane
B. gauda

b.. tartar ( di negeri china )
b. jawa carbon
b. darmanagari ( dii thailand )
b. martaban
b. kalingga lwar
b. kambojanagari
B. onin
B. bentayan
B. wandan
b. Muwar
B. solot
B. salaya
B. galiyao
B. kunir
B. banggawi
B. butun
B. udamakatraja
B. luwuk
B. timur ( timor timur )
B. sumba
B. lombok
B. kadali
b. hutan
B. bhima
B. shangyang api
B. sapi
B. dompo
B. taliwang
B. lwagajah
B. bedulu
B. niran
B. kanjap
B. jere
B. kelang
b. dunum
B. wakunuwar
b. phanag
B. patege
B. malano
B. tanjungkute
B. tabalong
B. sebuku
B. baritu
B. pasir
B. kalka sarundung
B. barune ( brunai darussalam )
B. tirem
B. sumedang
B. landak
B. sambas
B. kotawaringin
b. kutalingga
B. sampit
B. katangan
B, kapuhas
B. lamuri
B. lawas
B. Tamyang
B. Mandahiling
B. kandis
B. dharmasraya
B. Muharatebo
B. jayakarta. ( jakarta )
B. banten
B. maduradwipa.


dari sini, bisa disimpulkan
bahwa leluhur orang nusantara
sudah bisa menulis dan membaca
bahkan membuat kamus daerahnya masing masing.

dan naskah bhasa itu
sekarang tidak tahu dimana rimbanya ...

saking ingsun,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun