Langsung ke konten utama

temu Blogger Nusantara 2013




sabtu pagi saya terjaga jam 1 malam untuk mengecek update terbaru kopi darat blogger nusantara. dari kamar penginapan di daearah sosrowijayan , malioboro - jogja.


ternyata acara pembukaan , di pindahkan tidak lagi di keraton jogjakarta tapi langsung menuju tempat lokasi acara kedua yaitu di Joglo - Abang . rumah budaya yang terletak di dusun tirtoadi , Kecamatan Mlati - Sleman. DIY.


setelah sarapan saya meminta bantuan ojek motor menuju lokasi. dan sampai di lokasi acara tepat waktu. ramai sekali suasananya , mirip acara kondangan / pesta pernikahan. banyak orang pakai batik. kali ini saya memakai kemeja kotak kotak dan celana putih. tujuannya untuk pembeda.


acara pertama sambutan dari ketua panitia, yang pada intinya meminta pengertian peserta karena acara yang berubah secara mendadak. kemudian dilanjutkan sesi pembicara pertama dari sponsor , yaitu telkom. yang mengenalkan produk terbarunya , berupa voucher wifi.


menjelang makan siang , kemudian acara di segerakan dengan sharing dari salah seorang blogger kreatif yang memulai bisnis perhiasan perak dan seorang blogger yang membuat sketsa dan disain mural , dan karyanya dipakai oleh disainer terkenal.


yang paling menarik perhatian saya adalah penampilan tari tradisional dari Jawa yaitu , Tari Gambyong . indah sekali. dan saya sadar bahwa sebuah tarian yang di saksikan life berbeda sensasinya dengan menonton tarian yang offline seperti di video.


beberapa tarian lain dari nusantara juga di tampilkan salah satunya, tarian bedana. yaitu tari pergaulan muda mudi dari Lampung , mirip seperti tari melayu " serampang duabelas "
rancak gerakannya dan nuansanya gembira dalam pesta.
ada pula tarian dari kalimantan , tari dari suku dayak.


semua tarian itu di pentaskan oleh pemuda pemudi yang kuliah di jogja dan berasal dari daerah asalnya.
yang juga menarik adalah setelah sesi sore hari , istirahat . ada penampilan kesenian jatilan , semacam tarian jawa kuda lumping. ramai sekali dengan diiringi oleh suara sinden yang mengatarkan nada nada dalam syair berbahasa jawa.


peserta sudah banyak yang kelelahan, sebagian makan, sebagian cuci muka, sebagian mandi, sebagian ganti baju. sambil menunggu jemputan bus menuju desa tembi di daerah bantul , di jalan raya parang tritis.
sampai di desa Tembi sekitar pukul 11 malam. peserta di bagi penginapan. saya belum mendapat nomor ,sehingga diikutkan dengan group blogger dari surabaya dan group blogger dari Wajo - sulawesi selatan.
menarik sekali group blogger dari Wajo ini, karena berisi anak anak muda SMA. mereka antusias sekali datang ke Acara ini. dan saya meminta akun twitter mereka untuk saya follow.


malam ini sekitar jam setengah satu malam waktu Tembi , saya menulis catatan ini dalam keadaan belum mandi tapi hati saya puas. memang saya pegal pegal tapi itu semua tidak ada artinya di bandingkan semua pengalaman satu hari ini. bagi saya ini mirip acara pesta rakyat yang di kombinasikan dengan acara temu blogger. sangat menarik dan bagi saya ini sesuatu yang menyenangkan karena saya tipe orang yang bosan dengan acara yang serba teratur dan rapi.


besok pagi acara diisi dengan hiburan dan permainan. bagi saya acara utama semuanya telah selesai. selanjutnya adalah acara menyapa para blogger dan memfillow twitter mereka. sambil mengetik ini say amembayangkan acara kongres pemuda indonesia di tahun 1928 yang serba sederhana. tapi penuh makna.
blogger nusantara , mengusung tema " blogger istimewa ". tepat sekali karena setiap orang istimewa dengan kepribadiannya masing masing. setiap individu itu unik dan tidak bisa di bandingkan dengan orang lain. karena memang secara lahir sudah berbeda.

semoga jasa jasa panitia di acara temu blogger nusantara 2013 ini mendapat balasan dengan hidup penuh keberuntungan dan berkat kesenangan hidup di masa mendatang .

semoga ada manfaatnya. terima kasih.
salam,
edy pekalongan

Komentar

Pekalongan Sketchers mengatakan…
mantapppp !!! sebelumnya saya juga udah baca postingan kopdar blogger yang ditulis oleh teman saya ... semoga tahun depan saya bisa ikut Kopdar Blogger Nusantara :)

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun