Kamis, 26 November 2015

berjumpa buku spiritual




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# berjumpa buku spiritual
*
*
ditahun 2009 , saya pernah merawat tetangga saya, seorang perempuan miskin. suaminya buruh serabutan. penyakitnya asma menahun. kalo kumat, seperti orang mau sekarat. saya bantu rawat seminggu sekali dan sampe 12 bulan . ini praktek bhakti yoga saya.
*
*
setelah praktek hampir setahun lebih tersebut, ada perubahan dalam diri saya. jadi lebih sabar. saya pun di pertemukan dengan buku-2 yang bagus pemberian teman. seperti anatomy of the spirit yg membahas ttg penyakit dan energi manusia, ada buku prana dari master choa, ada buku soul healing dari master xi gang sha, ada buku reiki , ada hooponopono, ada palm healing , penyembuhan dengan musik dan warna. termasuk buku tentang ayurveda.
*
*
saya bersyukur, karena sekolah saya tentang hitung menghitung, tentang laba dan rugi. menjadikan saya rasional, tapi hobi saya sejak sekolah tentang menikmati karya sastra & teater menjadikan saya lebih peka. tapi saya juga sudah melihat hal yang i- rasional, karena sejak kecil biasa nonton tari sintren, kuda lumping. jadi saya tahu kalo ilmu sihir itu ada.
*
*
buku spiritual pertama yang menggetarkan saya di tahun 2002 adalah dari penulis india selatan, yang menetap di amerika. dia mengutip Katha Upanishad tentang cerita Nachiketa dan Raja Kematian Yama.
*
*
tapi kitab sastra jawa seperti serat centini sudah saya baca di tahun 2003. itupun saya lebih pahami dari penyampaian penulis wanita perancis. kalo guru spiritual sufi yang bukunya saya suka sejak tahun 2002 adalah inayat khan yang cakap berbahasa inggris. tentu saja tulisan kahlil gibran, sangat menarik untuk saya.
*
*
saya di pertemukan dengan buku karya seorang praktisi Zen di tahun 2005. lalu buku-2 aliran teosofi seperti madam blavatski sampe jiddu krisnamurti termasuk aliran guru nanak. bahkan saya baca tulisan pengikut sai baba dan pengikut maharesi mahesh yogi. saya pun menyimak video ceramah guru ching hai di internet. yg paling menarik adalah ceramahnya di israel tahun 1999.
*
*
sampe sekarang saya masih berpraktek di jalan yoga, tapi hidup terus berjalan. tetap cari duit. tetap bersenang senang. menikmati siaran TV dengan parabola di rumah membuat pikiran saya terbuka. saya pun masih membaca majalah national geographic edisi terbaru.
*
*
ada masanya bahasa sansekerta sebagai pemangku ilmu dunia. ada masanya bahasa arab sebagai pemangku ilmu dunia. ada masanya bahasa latin sebagai pemangku ilmu dunia. ada masanya bahasa inggris - britania sebagai pemangku ilmu dunia. setelah perang dunia ke 2. bahasa inggris amerika sebagai pemangku ilmu dunia.
*
*
dan bukan kebetulan operating system komputer yaitu windows lahir di amerika serikat . menyebar ke dunia. film-2 hollywood dari amerika akan mendunia. begitupula google dan facebook lahir di amerika serikat. dan bukan kebetulan jika guru-2 spiritual dunia saat ini pasti sedikit atau banyak bersentuhan dengan jiwa modern amerika.
*
*
makin membaca saya jadi merasa bodoh. karena saya membaca karya begawn shree rajhnesh alias osho. hampir seratus judul. dengan berbagai tema. walopun karya dia ada 500 judul buku dan ratusan video dan seribu lebih audiobook. maka saya tidak kaget dengan aliran filsafat dan psikologi.
*
*
maafkan, jika saya menulis cerita ini dalam aksara latin walopun saya bukan orang latin. saya tipe jawa primitif. masih bisa menulis aksara jawa untuk menyalin sastra jawa. masih bisa jika dipaksa menulis arab jawi ( pegon ). tapi paling lancar aksara latin ( abcd ).
*
*
bacalah buku, pelajarilah bahasa inggris. ini baik untuk bekal di dunia modern. tapi jangan lupa praktek dan pengalamanmu sendiri adalah guru yang berharga. semoga kita semua slamet dan bahagia. terima kasih.
*
*
salam,
wuddha paing
*nb. foto adalah dokumen milik pribadi ( 2013 )


Tidak ada komentar: