Selasa, 17 November 2015

# jangan keliru memakai alat ukur







amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# jangan keliru memakai alat ukur
*
*
juri musik dangdut kok mengomentari lomba musik jazz , itu tidak pas. jangan keliru , menimbang beras dengan termometer ( alat ukur panas ) , itu tidak pas. begitupula misalkan saat seseorang yang menempuh jalan spiritual dengan olah perasaan , diukur dan dinilai dengan jalan logika. itu tidak pas. karena tujuannya berbeda.
*
*
maka kecerdasan manusia dalam memakai alat ukur yang tepat. itu sebuah ketrampilan membedakan dan menempatkan. harus dilatih terus menerus . di jawa disebut prinsip Empan Papan. jangan keliru menggunakan alat ukur. nanti hasilnya ngawur dan bingung sendiri.
*
*
manusia yang cerdas , pandai membedakan alias pandai melakukan diskriminasi. orang sakit flue , tidak bisa diperlakukan sama dengan orang sakit jantung, tidak bisa diperlakukan sama dengan orang sakit kencing nanah. perawatan dan obatnya berbeda. padahal sama-2 orang sakit.
*
*
olah raga yang diolah itu ragamu sendiri, bukan raga orang lain. olah batin itu yang diolah batinmu sendiri bukan batin orang lain. belajar itu yang diajar dirimu sendiri. kalo orang lain tidak meminta kamu menjadi mentor dia, maka tidak wajib menyuruhnya berlatih begini dan begitu. cukup menyarankan, itupun tidak memaksa.
*
*
kalo saya meminta orang lain jadi penasehat, maka saya tidak lupa memberi banyak hadiah utk nasehat yang diberikannya. kalo tidak mampu memberi.saya ucapkan terima kasih yang tulus.
*
*
dalam bergabung dengan group spiritual yang beragam latar belakang. maka bawalah dirimu sendiri. itu yang saya lakukan. kalo mau mengikuti. silahkan. itu lebih ringan. kecuali kamu wakil perusahaan dagang, wakil organisasi agama / ideologi yang diutus bergabung, maka di setiap status yang kamu buat tulislah nama ataupun jabatan kamu. misal sebagai sales produk agama/ ideologi / kelompok tertentu.
*
*
bagi saya. manusia lain mau berubah atau tidak. itu tanggung jawabnya sendiri. toh yang merasakan enak dan tidak enak. gembira dan sedih , itu dirinya sendiri. jika melanggar hukum negara atau hukum masyarakat , toh dia sendiri yang repot.
*
*
jika di komunitas orang dewasa, bersikaplah dewasa. mengatakan naruto, harry potter, spiderman / batman / superman adalah super hero yang harus dicontoh. itu seperti adegan lawak. semua orang dewasa tahu itu kalo tokoh cerita komik, kartun , film fiksi . itu buatan rekayasa orang dewasa utk pendidikan anak-2 dan hiburan saja.
*
*
empan papan. menggunakan alat ukur yang tepat. pandai menempatkan sesuatu. itu membantu saya menjalani hidup lebih nyaman jangan lupa kalo ada uang lebih dan libur kerja, cobalah plesiran dan hura-2. saya jadi ingat , sudah lama tidak merokok cerutu sambil ngopi membaca buku dongeng . semoga kita semua slamet dan bahagia. terima kasih
*
*
salam,
Wuddha Paing




Tidak ada komentar: