Selasa, 13 Maret 2012

alunan Rock : hidup merdeka

edypekalongan.11 maret 2012

buku seth godin yang berjudul " small is the new big " sudah selesai saya baca. buku ini berisi kumpulan postingan di blog seth godin.  saya ingin membagi sebagian isi yang saya sukai dari buku jenis marketing dan bisnis ini. dia menyarankan " jangan masuk sekolah bisnis ". ini sesuatu yang menakjubkan . bahwa kuliah hanya akan membuat uang anda habis dan anda banyak berhutang. lebih baik membaca buku buku bisnis ,belajar otodidak dan bertanya kepada pelaku bisnis  dan isilah masa muda anda dengan hal hal yang membuatmu bahagia dari pada sekedar kuliah untuk mendapatkan pekerjaan. lebih baik mulai bekerja mencari uang  sejak dini dari pada kuliah jurusan bisnis yang akan mencetakmu jadi pekerja alias karyawan.

saya yang kebetulan pernah kuliah di jurusan akuntansi sampai sarjana , dan didahului dengan sekolah menengah kejuruan jurusan akuntansi , artinya saya telah belajar akuntansi kurang lebih 8 tahun dalam hidup saya. malah saat ini saya tidak tertarik untuk menjadi seorang akunting. yang setiap hari bekerja di belakang meja , sibuk . saya memilih bekerja menjadi freelance dengan banyak waktu luang untuk melakukan kegiatan yang saya sukai.


sedikit manfaat dari orang yang belajar akuntansi selama 8 tahun ,akan melek tentang ilmu ekonomi dan keuangan. saya malah tertawa sendiri ,kenapa sarjana ekonomi kalah kaya dengan sarjana tehnik ? yang tahu ilmu keuangan harusnya  lebih kaya dari insinyur yang pintar membangun sesuatu yang besar.
anehnya lagi ada sarjana yang kuliah di pertanian menjadi pegawai bank . saya melihat sarjana tehnik sipil menjadi pegawai di bidang keuangan. saya melihat sarjana yang bukan sekolah di ekonomi malah bekerja di bidang yang berkaitan dengan keuangan.


bukannya saya meremehkan atau bagaimana . tapi lucu saja dan itu nyata di republik ini . banyak pekerjaan kadang tidak di isi oleh seseorang yang punya pendidikan yang pas.  saya telah memutuskan bahwa semua pekerjaan pada dasarnya adalah mencari uang. tidak ada yang perlu di banggakan dari pekerjaan atau jabatan dalam sebuah perusahaan , itu hanyalah sebuah cara mencari uang. tidak ada beda antara pemulung dan akunting . sama saja bagi saya. mereka bekerja kepada bos dan mendapatkan bayaran. saya merasa bangga pada orang yang melakukan pekerjaan bukan demi uang tapi demi kepentingan yang lebih besar dari dirinya sendiri.

pada dasarnya seni mengumpulkan uang banyak caranya. dari sisi negatif sampai positif. pengalaman kuliah di jurusan akuntansi membuat saya membuka mata bahwa sebetulnya ilmu akuntansi di buat untuk melindungi kekayaan pemilik perusahaan. dan jurusan akuntansi di buka untuk alasan stock  karyawan bagi orang kaya . sehingga perguruan tinggi adalah mitra pengusaha dalam menyediakan karyawan yang ahli dalam melindungi kekayaan pemilik perusahaan.

saat ini saya mendengarkan musik dari group heavy metal / rock tahun 1980- 1990 dari amerika , nama band nya " white lion " . masih enak untuk di dengarkan, mungkin sudah tidak saya dengarkan lebih dari 2 tahun. sebelum white lion saya memutar lagu dari  band / rock asal amerika era tahun 2005 , "simple plan"
senang rasanya kembali mendengar musik rock favorit . termasuk lagu " sweet child O' mine " dari Guns N roses.  musik rock membuat semangat kita menjadi menyala. jadi teringat masa dulu ketika rambut di cat merah , memakai kalung di leher , dan hiasan gelang manik manik kayu di lengan. kaos hitam bergambar group rock . Asik...

semakin dewasa nampaknya banyak juga para sahabat yang kehilangan kebebasannya, bahkan banyak teman seusia saya sudah lupa musik kegemarannya saat awal kuliah dulu. muka semakin menua dan terlalu disibukkan oleh pekerjaan , pulang mengurus keluarga, rutinitas yang begitu saja sepanjang tahun. 
punya banyak uang , memang betul itu menyenangkan. bisa membeli banyak barang . itu menyenangkan. tapi setahun saja kita memiliki barang tersebut ,rasa istimewanya akan hilang dan menjadi biasa.


waktu cepat berlalu , kita tidak tahu akan mati di usia berapa. tapi jangan sampai waktu hidup kita di habiskan untuk hal hal yang tidak membuat kita bahagia. apalagi menghabiskan hidup dalam ruang penjajahan orang lain , segeralah bebaskan jiwamu dan badanmu . menjadilah merdeka dan temukan jalanmu sendiri .

dunia luas. jalani hidup dengan merdeka . matipun puas. itulah yang saya pelajari dari para musisi rock tahun 1980-an yang saya baca biografinya. bahkan ada flower generation atau generasi hippy , mereka generasi muda yang hidup bebas dan merdeka. iri sekali dengan mereka...
ini era internet, jaman sudah berubah. tapi musik rock tetap disukai , karena rock melambangkan kebebasan. nampaknya alunan musik dari  the cranberries akan menutup tulisanku ini. "Salvation " .

salam,
edy pekalongan

Tidak ada komentar: