Langsung ke konten utama

Mengundang Inspirasi

bagaimana inspirasi datang kepadamu ? itu pertanyaan yang sulit. namun bagi diri saya seringkali tidak mengundang inspirasi  tapi saya menyiapkan diri sebagai tempat bagi inspirasi datang berkunjung. caranya dengan menjernihkan pikiran dan menenangkan perasaan. meditasi harian yang saya lakukan membantu saya memiliki pikiran yang jernih dan perasaan tenang setiap hari. saya tertawa jika melihat ada orang mengkonsumsi obat penenang atau obat tidur untuk bisa istirahat. artinya mereka tidak tahu cara melakukan seni relaksasi.

saya maklum jika orang barat tidak tahu cara melakukan seni relaksasi ataupun meditasi. tapi jika orang yang tinggal di jawa yang memiliki candi borobudur yang indah , candi prambanan , lontar lontar kuno, tari tarian jawa yang gemulai dan musik jawa yang meditatif tapi belum tahu seni relaksasi. itu hal yang aneh. berarti sistem pendidikan mereka terlalu barat , raganya orang timur tapi otak dan hatinya adalah barat.

saya memaklumi hal ini karena memang sejak sekolah dasar banyak anak anak kita tidak mengenal budayanya sendiri. budaya yang mereka pelajari tidak sampai duaribu tahun yang lalu di jawa. mungkin hanya 200 tahun yang lalu. sehingga mereka lebih tahu sejarah eropa dari pada sejarah jawa.

seni relaksasi tubuh adalah pintu gerbang memasuki meditasi . seni relaksasi tubuh di awali dengan merilekskan panca indra. mata di rilekskan dengan memandang yang indah dan sejuk seperti pepohonan yang hijau , air mengalir yang jernih. telinga di rilekskan dengan mendengar suara suara alam , musik yang lembut . kulit dirilekskan dengan sentuhan lembut . hidung di rilekskan dengan minyak aroma terapi yang tepat dan segar.  lidah di rilekskan dengan meminum air mineral yang jernih dan segar tanpa rasa. otot yang kaku di rilekskan dengan di pijat , senam peregangan atau mandi air hangat.

setelah tubuh rileks dengan cara mengolah panca indra . maka di waktu kemudian anda akan bisa rileks cukup dengan satu panca indra yang dirangsang untuk santai. contohnya dengan aroma terapi. sebagian orang cukup dengan menyulut batang hio yang harum , sebagian orang cukup melihat lilin . sebagian orang cukup dengan membasuh anggota badan.

relaksasi selanjutnya adalah menjernihkan pikiran dan perasaan , ini tugas meditasi untuk melakukannya. orang yang tidak pernah menjernihkan pikiran dan perasaannya akan mudah sekali bad mood. mudah sekali marah , mudah tersinggung , mudah kecewa, mudah panik .

inspirasi tidak akan datang ketika kondisi tubuh tegang dan pikiran tegang . inspirasi datang ketika kita santai dan pikiran dibiarkan bebas. seringkali relaksasi sambil berjalan santai menyusuri taman juga efektif. orang orang yang menganggap remeh seni relaksasi adalah orang orang yang belum tahu manfaatnya. semakin tinggi tingkat stres, anda akan semakin butuh relaksasi dan meditasi.

jika anda tidak melakukannya , maka pelampiasan anda akan jatuh pada sex . karena hubungan sexual membuat tubuh rileks sejenak. kenapa orang orang ketagihan melakukan hubungan sex , karena sex itu membuat rileks dan nyaman. merangsang hormon mengeluarkan endorphin yang berfungsi menenangkan syaraf.  bagi orang yang memakai narkoba tertentu , zat adiktif ini merangsang keluarnya hormon endorphin. namun secara paksa. ini membuat anda ketagihan .

relaksasi dan meditasi yang tepat akan merangsang keluarnya hormon endorphin yang membuat pikiran santai dan perasaan mengalami fly . maka bagi orang orang yang gemar meditasi , mereka setiap hari tidak akan melewatkan seni membuat diri ini bahagia setara memakai narkoba tanpa bayar tanpa resiko kesehatan.
 
orang orang yang meremehkan meditasi tidak mengetahui rahasia ini. sehingga menganggap meditasi adalah pekerjaan sia sia. bagi saya meditasi adalah hal menyenangkan . tanpa medtasi mungkin hidup saya akan sering di hinggapi stres tanpa tahu cara memurnikannya. hidup bisa jadi ruwet dan kacau. kalo sudah begitu mana mungkin inspirasi datang dan kreatifitas berkembang.

mengundang inspirasi ? tidak perlu . yang utama adalah menyiapkan diri kita agar inspirasi datang caranya dengan mengerti seni relaksasi. bahkan akan lebih baik lagi jika mengerti seni meditasi.

semoga ada manfaatnya. terima kasih

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun