Langsung ke konten utama

prana dan pedoman hidup.

ketika mau menulis catatan ini, ada seorang tamu , anak muda usia 17 tahun. dia mengalami masalah kesehatan. sering kelelahan, kesemutan , susah tidur. beberapa bagian anggota tubuh terasa sakit. dia datang ke rumah setiap ada keluhan , terutama setelah periksa dari dokter. dia saya bantu terapi prana dan saya beri motivasi .

saya ingat pertama kali dia datang bertamu , sekitar tahun 2009. ada anak kelas 1 sma bersama temannya . dia meminta tolong masalah kesehatannya. terus terang dia berkata , dia bekas memakai narkoba jenis obat obatan. sudah berobat dan di nyatakan sembuh tapi tubuh masih sakit sakitan , merokok saja terasa mau pingsan. setelah 4 kali terapi ,semua keluhan sakit sakit di tubuhnya hilang .


beberapa tahun berlalu , dia datang lagi ke rumah saya. kali ini saya melihat masalah utamanya adalah stres kronis. yang berakibat pada keletihan dan penurunan sistem kekebalan tubuh. nampaknya tugas menjadi shaman alias tabib spiritual, masih harus saya jalani . disela sela menghabiskan waktu kehidupan.
beberapa teman saya tidak pernah tahu kalo saya ini praktisi penyembuhan spiritual dengan metode prana. saya belajar tehnik pengolahan prana sejak 2002 di sela sela waktu saya dan baru berani membantu orang lain di awal 2009. waktu belajar prana saya lebih panjang dari waktu mengambil sebuah gelar sarjana.
tehnik penyembuhan prana tidak asing bagi para pertapa yoga , para spiritualist hindu dan budha. juga bagi para penganut ajaran Tao.  karena prana memang di ajarkan ,begitu pula dengan meditasi. namun bagi agama lain prana terasa hal yang aneh. bahkan sampai dengan saat ini . masih banyak orang menganggap terapi prana adalah sebuah tipu muslihat kebohongan.

riwayat penyembuhan prana awalnya di rahasiakan , hanya digunakan kalangan tertentu saja. khususnya di kalangan pertapa , pendekar dan para tabib tertentu. karena dalam penyembuhan prana tidak di perlukan ramuan . cukup pengolahan transfer energi dan air.



sampai dengan saat ini . tehnik penyembuhan prana yang saya tekuni semakin terasah, karena saya banyak belajar otodidak dari tehnik penyembuhan lain.  saat ini saya sudah tidak menganggap diri saya sebagai orang yang punya ketrampilan menyembuhkan. saya ingat dulu ketika tidak tahu apa apa tentang spiritual , saya berdoa : semoga di bukakan jalan untuk semakin dekat kepada Allah. bahkan sholawat kepada Nabi Muhammad selalu saya ucapkan setiap hari. selama lebih dari 5 tahun.

saat ini ,setiap kali mau memberi terapi saya memohon energi penyembuhan, cahaya dan cinta kasih tuhan mengalir ke dalam diri saya . dan saya mohon di jadikan saluran berkat penyembuhan. saya hanyalah pelayan , karena hidup saya sendiri berasal dari Tuhan.

kalau cuma di anggap sebagai orang yang nyeleneh , itu sudah biasa. di anggap aneh juga biasa.
sebagian teman teman saya menyangka saya sudah pindah agama. bahkan merasa saya tidak lagi islami . ada pula yang menganggap saya sudah tersesat. padahal riwayat keluarga saya yang beragama islam sampai 17 generasi di atas saya. sejak keluarga dalem keraton majapahit yang memeluk islam sampai era kesultanan pajang , sampai era ki ageng di pesisir utara jawa , para tumenggung pemimpin kadipaten , era belanda , sampai saat ini . dalam catatan saya. sodara leluhur islam keluarga majapahit  masih bersodara dengan leluhur yang  beragama wisnu dan budha.

 mereka yang mengaku sangat islami dan menganggap saya mungkin tersesat, belum tentu riwayat keluarganya yang beragama islam melebihi 17 generasi. saya hanya tertawa saja. karena islam sekarang di jawa masyoritas adalah penganut aliran  islam politik dan kekuasaan . bukan islam sebagai pedoman hidup mulia .


ketika saya mulai berlatih yoga dan bertemu salah satu tetua keluarga , dia tertawa dan mengatakan , kakek moyangmu juga berlatih yoga. bagus sekali... begitu katanya. bagi orang yang tidak menjalani hidup di keluarga islam jawa. pasti banyak salah paham tentang islam dan kejawen juga santri. apalagi saat ini yang berkembang adalah islam arab yang wahabiyah. mereka cenderung keras dan budi pekertinya rendah. masalah kehalusan tata krama , keluasan hati , jauh sekali dengan orang jawa.


 ketika mulai berlatih asana yoga di tempat umum , seminggu sekali selama satu tahun . saya masih sering di sangka orang gila. namun setelah tahun kedua , anggapan itu mulai hilang. dan di tahun ketiga . nampaknya orang sudah mulai tahu apa itu yoga asana. tanpa saya kampanye dan ceramah. 2 minggu ini saya telah menyelesaikan membaca 7 buku baru yang saya beli 15 hari yang lalu. tentang bisnis , motivasi dan hiburan . banyak wawasan saya menjadi ter up date. akan saya bagi kepada anda di postingan berikutnya.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun