Langsung ke konten utama

membuka mata generasi muda

apa yang harus dipelajari oleh generasi muda ?
pelajaran wajib yang harus di pelajari oleh generasi muda indonesia ada 3 hal. jika ini dipelajari maka generasi muda indonesia akan memahami persoalan yang sedang di hadapi bangsa kita dan masyarakatnya.

ilmu pertama :  Politik
pelajaran politik akan berkaitan dengan sejarah bangsa kita sendiri dan sejarah bangsa bangsa lain di dunia. dengan mempelajari politik yang berkaitan dengan sejarah, kita akan memiliki banyak wawasan tentang berbagai perosalan yang telah terjadi di masa lalu. termasuk kelemahan bangsa kita dan kekuatan bangsa kita sendiri. kita juga akan tahu kekuatan bangsa lain dan kelemahan bangsa lain.

pelajaran politik akan membuat generasi muda kita terbuka matanya akan sitausi yang sedang terjadi. bahwa politik sangat dekat dengan kekuasaan, dan kekuasaan sangat berpengaruh dalam kebijakan yang di buat  untuk rakyat yang berdampak pada hidup kita  dalam segala bidang. jika generasi muda tidak belajar ilmu  dan wawasan politik maka dia hanya akan menjadi objek dan tidak akan menyadari hak kemerdekaan menentukan nasibnya sendiri dan menentukan nasib bangsanya. pelajaran ilmu politik akan membuat seseorang banyak mengenal tokoh tokoh sejarah dengan segala kebaikan, dengan segala kejahatan, dengan segala kelicikan dan kekejaman, dengan segala tipu muslihat, dengan segala macam janji palsu , sehingga generasi muda tidak mudah tertipu oleh keadaan.

ilmu kedua : ekonomi.
generasi muda harus belajar tentang ilmu ekonomi, sehingga memahami cara bagaimana negara ini di urus dari sisi keuangannya. memahami sumber sumber alam yang bisa menjadi kekayaan. mengetahui tentang perdagangan dan jasa yang mampu membuat seseorang bahkan bangsa menjadi kaya raya. memahami bahwa Utang tidak baik . memahami bahwa tugas mengatur keuangan diri sendiri adalah penting.
dengan mempelajari ilmu ekonomi , minimal ilmu kewirausahaan, lebih baik lagi jika ditambah ilmu ekonomi pemerintahan, ilmu ekonomi perbankan, pajak, maka generasi muda akan tahu kenapa banyak pejabat korupsi di negeri ini dan rakyat diam saja di tipu. ini karena kesengajaan ilmu ekonomi tidak di ajarkan untuk semua orang.


ketika ilmu ekonomi di ajarkan kepada semua generasi muda . mereka akan tahu bahwa konsumsi dan produksi harus seimbang.  mereka akan tahu bahwa ilmu yang mereka pelajari di sekolah itu bisa menghasilkan uang atau hanya sebagai referensi pengetahuan sebagai bahan obroland an generrasi muda bisa memahami kenapa krisis ekonomi terjadi. termasuk membaca tanda tandanya dari harga barang di pasar dan pola pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, apakah menitik beratkan  pada pembangunan untuk memberdayakan masyarakat atau hanya membangun fasilitas umum untuk proyek tahunan yang membuka peluang korupsi .

ilmu ketiga : budaya .
ilmu tentang kebudayaan harus dipelajari oleh generasi muda. kebudayaan bangsa kita sendiri dan kebudayaan bangsa luar . dengan mempelajari kebudayaan, kita akan tahu bahwa kebudayaan lahir dari pola perilaku masyarakat . kita juga akan tahu apakah kebudayaan kita saat ini mengalami kemajuan atau kemunduran atau malah semakin terpuruk. karena kebudayaan akan melahirkan peradaban. kebudayaan sendiri muncul dari tingkat ekonomi yang mengalami kemakmuran. perekonomian yang baik akan membangun kebudayaan. semakin berkualitas kebudayaan maka peradaban masyarakatnya akan semakin tinggi.

kebudayaan itu sesuatu yang kita jalani setiap hari, contohnya pakaian. baju yang kita pakai adalah produk kebudayaan, makanan yang kita makan adalah produk kebudayaan, cara kita memperlakukan orang lain adalah kebudayaan, cara orang menjalani hidup adalah kebudayaan. kebudayaan adalah bentuk ekpresi jiwa masyarakat. sayang sekali jika kita hanya menjiplak kebudayaan asing karena diri kita sendiri tidak mampu menciptakan kebudayaan sendiri.


belajar kebudayaan akan memberi wawasan tentang masa lalu dan masa sekarang , tentang pola pola kehidupan masyarakat dunia , tentang cara menjalani hidup dan menghadapi persoalan. dengan mempelajari kebudayaan kita bisa memilih cara kita menjalani hidup . tidak hanya ikut ikutan apa kata orang.
kebudayaan akan membentuk karakter manusia. kebudayaan yang buruk di tandai dengan watak / karakter masyarakat yang buruk . contohnya budaya korupsi di kalangan pejabat indonesia, ini tanda kebudayaan manusia indonesia yang terdidik sudah merosot, mereka melanggengkan tradisi menipu negara , menipu rakyat dengan tetap pura pura santun dan terhormat. padahal ini tindakan kriminal. budaya hipokrit sudah berkembang luas di negeri ini. ini sebuah tanda masayarakat sudah kehilangan kepercayaan diri dan arah tujuan hidup yang mulia.


 dari kebudayaan anda akan mengenal agama, tradisi, seni membuat rumah, seni membuat baju, seni membuat makanan, seni mengolah tanah, seni berkeluarga, seni perang dan tata krama. sebuah motif ukiran kayu di sebuah bangunan tidak bisa tercipta dengan singkat, ini memerlukan waktu dan proses. maka dari itu tidak semua suku bangsa di dunia memiliki motif ukiran kayu yang rumit . motif ukiran kayu mereka ada yang kasar sederhana sampai halus dan rumit.
begitu pula dengan motif baju dan perhiasan, semakin makmur sebuah bangsa dan semakin tinggi kebudayaannya. maka produk yang dihasilkan akan semakin bermutu dan memiliki karakter bangsa tersebut.

saat ini generasi muda kita  kehilangan arah budaya . sehingga budaya jalanan di amerika di tiru secara full 100 persen dan di banggakan. contohnya musik rap . kalau generasi muda yang cerdas dan punya dasar budaya yang kuat , dia akan mengadopsi musik rap tapi di sesuaikan dengan ciri khas budayanya sendiri . ini namanya orang kreatif , bukan orang yang cuma menjiplak budaya. contoh orang kreatif adalah hip hop jawa dari jogja.


ketidaktahuan tentang budaya kita sendiri membuat sebagian generasi muda kita kaget ketika melihat di luar negeri ada komunitas orang kulit putih belajar budaya leluhur kita seperti musik gamelan jawa. salah satu budaya yang cukup populer di pelajari di luar negeri adalah gamelan jawa. karena gamelan jawa melatih kekompakan dan kerukunan, sifat egois mau bermusik sendiri tidak bisa di lakukan di dalam group musik gamelan jawa. semua unsur harus bersatu. inilah perbedaannya dengan musik jazz. yang setiap pemain musik independent tapi bisa bersatu. artinya setiap pemain egonya tinggi , mereka akan bersatu jika kepentingannya sama. jika tidak sama kepentingannya,  maka akan mementingkan dirinya sendiri.

ilmu etika atau moral dan spiritual serta pandangan hidup lahir dari kebudayaan . orang yang mempelajari kebudayaan akan memiliki pandangan lebih menyeluruh dalam memandang kehidupan.
tiga ilmu wajib yang harus dipelajari oleh generasi muda kita adalah wawasan  politik , wawasan ekonomi dan wawasan budaya.

jika ketiga ilmu ini dipelajari , maka ilmu apapaun yang di pelajarinya dikemudian hari akan memiliki arah tujuan demi kemuliaan bangsanya dan kemanusiaan. kalaupun dia menjadi seorang penjahat besar , dia akan menjadi penjahat yang memiliki karakter yang kuat dan tidak meninggalkan budayanya.
apakah saya sendiri telah mempelahri 3 ilmu ini . saya jawab iya. saya telah mempelajari ketiga ilmu ini walopun tidak mendalam . tapi saya sudah memperoleh wawasan yang cukup dari ketiga bidang ilmu politik , ekonomi dan budaya indonesia khusunya jawa.

yang jika saya ringkas , dari pergaulan hidup di dunia ini  puncaknya adalah ras manusia tertentu di muka bumi ini ingin bertahan hidup dari serangan ras manusia lain yang lebih kuat. dan ras manusia yang menguasai ilmu politik , ilmu ekonomi dan ilmu budaya , dia akan menjadi pemenang dan pemimpin di dunia.
gerakan budaya . contohnya konsumsi produk . jika orang indonesia hanya mau mengkonsumsi produk dalam negeri dan negara negara yang memiliki hubungan baik dengan indonesia ,maka negara negara yang cuma berdagang di indonesia tapi memusuhi indonesia  , produknya tidak akan laku di sini.  mereka akan bangkrut.


jika rakyat indonesia hanya mau menabung di bank milik negara dan swasta indonesia , tapi tidak mau menabung di bank asing . maka yang berkembang adalah bank milik orang indonesia. ini hal kecil yang bisa mempengaruhi perekonomian.

ini contoh gerakan budaya yang di landasi pemahaman ilmu politik dan ekonomi. makanya gabungan dari ketiga ilmu ini di sebut gerakan budaya politik ekonomi . sangat powefull dari pada sekedar gerakan demonstrasi di jalan jalan.

persoalannya , para aktivis yang suka berdemo dan orang partai memahami hal ini apa tidak ? jika mereka sejak muda tidak mempelajari ketiga ilmu ini , maka sulit rasanya ide seperti ini akan muncul dari mereka.
nasib bangsa ini ada di tangan generasi muda. maka dari itu generasi muda jangan bodoh dan mau dibodohi generasi tua yang korup.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k