Langsung ke konten utama

jangan langsung meditasi




amit amit ngaliman salam.

pendiri biara shaolin di china adalah seorang yogi dari india ,lebih dikenal dgn nama : Bodhidharma.

ada cerita karena beliau memutuskan ingin pulang ke india. murit bodhidharma tidak setuju dan meracun gurunya melalui makananya. lalu jasadnya dikuburkan tdk jauh dari Biara.

namun beberapa tahun kemudian , seorang pedagang yang melintasi jalur sutra menuju himalaya , datang ke biara saolin.

dia menyampaikan pesan seorang lelaki yang berjalan dengan memanggul sebuah tongkat kayu yg dihiasi sebuah sandal , tapi cuma satu buah .
lelaki itu mengaku bernama bodhidharma , dia menyerahkan sebuah sandal kayu untuk dikuburkan di makam.

karena tidak percaya maka murit bodhidharma yg menjadi kepala biara shaolin, membongkar kuburan gurunya dan disana yang ada hanya sebuah sandal kayu. dan sandal kayu pasangannya adalah yg diantar oleh pedagang tadi.

cerita ini , entah betul atau tidak . tapi menurut riwayat yg aku tonton di youtube. memang muritnya tega memberi racun.

tapi tentang cerita sandal , aku dapatkan dari buku yang lain. tapi aku lupa literaturnya.

bodhidharma, salah satu sesepuh ajaran budha aliran chan , di jepang di sebut Zen. riwayat aliran chan berasal dari silsilah pengajaran murit Budha gotama yg bernama Mahakasyapa.

namun aliran chan di china sudah menyerap intisari ajaran Tao. lalu di bawa ke jepang menjadi Zen.

Zen berasal dari kata zhana , yang berasal dari kata chana , yang kata aslinya adalah bahasa sansekerta dhyana.

dhyana itu konsentrasi perasaan.
masuk dalam latihan ke 7 dalam raja Yoga. sebelum memasuki latihan ke 8: Samadhi.

latihan ke 6 adalah Dharana : konsentrasi pikiran.

sudah jelas , sidharta pasti belajar disiplin Raja Yoga. ini adalah hal yang umum bagi para pertapa di india kuno. dan pastilah beliu mengenal ajaran veda.

belajar ajaran budha tanpa belajar sejarah dan kebudayaan india , akan banyak kehilangan hal hal yg menarik.

itulah kenapa dalam ajaran sanathana dharma , budha gotama di anggap titisan visnu.
yang mengajar untuk melengkapi ajaran krisna.

di dalam bagavat gita aliran haree krisna , sidharta gotama di akui sbg avatara , sama seperti Rama , krisna , Narashima dll.

namun saya tidak tahu apakah pengikut budha juga belajar ttg krisna dan bagawat gita.

tentu saja sidharta dibesarkan dengan tatacara kebudayaan india masa itu , dan para peramal yg meramal ttg nasib bayi sidharta , mereka adalah orang2 penganut ajaran veda. termasuk ayahnya yang raja.

Mahakasyapa sendiri sebelum berguru kepada budha gotama adalah seorang yogi india yang tentu saja akrab dengan ajaran yoga dan veda.

sehingga bagi saya , jalan yoga yang saya tempuh. bisa mengantarkan saya kemana mana , bertemu banyak ajaran tanpa perlu terikat pada salah satunya, tapi malah saya bisa melihat benang penghubung di antara ajaran2 tersebut.

dharana ( konsentrasi pikiran ) dan dhyana ( konsentrasi perasaan ) , haruslah dilalui terlebih dahulu, sebelum masuk latihan Samadhi.

Raja yoga di mulai dari pelajaran moral , yaitu pantangan berbuat jahat ( yama ) , memperbanyak perbuatan baik ( niyama ) , mendisiplinkan raga ( asana ) , mengolah energi prana ( pranayama ), seni relaksasi & istirahat ( pratyahara ) , lalu dharana, dyana dan akhirnya masuk latihan terakhir Samadhi.

sehingga urut urutannya jelas. tidak kacau.
bagi pelaku yoga , orang yang hanya berpantang berbuat jahat dan banyak berbuat baik , serta olah raga . itu hanya baru latihan tingkat 3 dari 8 latihan.

bagi yang berlatih prana / hawa murni / chi , agar sehat dan bisa menyerap energi alam semesta lewat angkasa, pohon , matahari dll. itu latihan ke 4.

bagi yang berlatih seni relaksasi tubuh & pikiran agar tidak mudah stres , itu latihan ke 5.

bagi yang berlatih konsentrasi pikiran lewat perenungan ,latihan memanah , maen catur, debat , kajian filsafat & logika, agar cerdas alias tidak bodoh. itu baru latihan ke 6. meditasi konsentrasi jg salah satu latihannya.

bagi yang berlatih konsentrasi perasaan lewat musik , puisi, melukis , in membuat seseorang menjadi welas asih dan menghapus kotoran batin seperti keserakahan , kebencian, intinya pembersihan batin. ini latihan ke 7. meditasi cinta kasih salah satu latihannya.

kalo semua itu sudah dilakukan, barulah samadhi. latihan terakhir.
yang saya tahu samadhi adalah latihan penyatuan diri dengan alam semesta . menjadi satu. dan harmonis dgn alam semesta. disini penekananya pada latihan kesadaran.

literatur yang saya pelajari tidak ada tehnik mencapai samadhi. karena samadhi adalah hasil dari proses. tiba tiba masuk samadhi. kalau proses latihan menuju samadhi ada yang menggunakan metode meditasi bija samadhi dan nir bija samadhi.

bagi saya , terlalu tergesa gesa jika langsung latihan meditasi.
seseorang haruslah belajar praktik hidup dengan standar moral dulu / etika.

saya sendiri latihan raja yoga yang saya praktekkan baru tahap latihan ke 1, 2, 3,4,5, 6.
latihan ke 7 , welas asih dalam proses.
sedangkan saya tidak mengerti cara memasuki samadhi. tapi saya tidak berharap.
karena tidak semua orang bisa memasuki samadhi.

semoga suatu saat bisa mengalami samadhi.

we are human, part of nature. so we are nature.

semoga menjadi sia sia pada waktunya.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun