Langsung ke konten utama

ketekunan berlatih




orang yg malas berpikir krn keterbatasan daya pikirnya jangan diberi pelajaran lewat diskusi intektual ( jnana yoga ) , itu akan mempersulitnya. beri saja dia praktik laku keseharian ( karma yoga ). itu lebih pas.

tadi siang dapat sms dari kawan di surabaya.
dia berkata " mas edy , sudah kulakukan nasehatmu untuk tidak tidur diatas jam 12 malam / menghindari begadang . juga mandi pagi maksimal jam 6 pagi. kurang seminggu lagi genap 21 hari . nanti aku tagih janjimu memberiku sebuah latihan spiritual "

aku jawab " iya . bagus "

pemuda ini kulihat mengalami ketidak jernihan dalam berpikir. kalo tidak dibantu , bisa menjurus pada gangguan kejiwaan. maka praktik tidak begadang dan mandi pagi . selama 21 hari . jika dia lakukan akan membuat sebuah disiplin baru yg akan menjernihkan pikirannya.

lalu dia sms lagi " walou belum genap 21 hari . banyak makna yang aku tangkap dari menjalani praktik sederhana ini . kutunggu lho mas janjimu memberiku latihan spiritual selanjutnya "

kalo dia genap mampu melakoni 21 hari. maka akan kuberikan dia sebuah latihan membaca afirmasi positif kalo akan mandi. biar auranya terang dan keberuntungan hidup menyertainya.

latihan sederhana ini , sebetulnya melatih disiplin raga dan pikiran positif.

kalo dulu latihan dispilin untuk mencerahkan pikiran yg kulakukan adalah bangun mandi pagi dan ikut sholat berjamaah subuh di surau selama 40 hari tidak terputus.

kalo latihan untuk menguatkan karakter jawa ku, aku setiap sholat jum'at memakai baju surjan tenun lurik , blankon, kain jarik batik motif mataram. berjalan dari rumah ke mesjid. sudah kulakoni dulu selama hampir 2 tahun.

beda lagi , kalo latihan senam yoga di pinggir pantai . aku selalu memakai udheng ( ikat kepala batik ) . sudah kulakoni 4 tahun.

apapun latihan spiritual anda. lakukan dengan disiplin. biasanya menjelang tahun ke dua. akan dapat hasil.

kalo latihan senam yoga yg kulatih , katanya nanti kalo menginjak tahun ke 10. ragaku akan tampak muda. sekarang baru tahun ke lima. dan setelah sering bercermin, memang aku sendiri bingung, kok lebih tampan sekarang daripada saat kuliah dulu.

nanti akan kubuktikan apakah ketika usiaku menginjak 50 , apakah masih tampak seperti usia 24 tahun. menurut kitabnya resi patanjali. menginjak tahun kelima biasanya akan dapat satu siddhi. benar atau tidak , aku tidak tahu. berhasil atau tidak , tidak penting. yang jelas olah raga membuat sehat.

sekarang ini yang populer itu bukan olah raga. bikin sehat dan sembuh dari sakit. tapi permainan raga, bukan membuat raga sehat tapi malah membuat raga lelah dan beresiko cidera. makanya namanya : pertandingan olah raga. rebutan piala. bukan rebutan sehat.

kalo yg baru bergabung dengan akun fb ku mesti bingung. ini orang status fb nya panjang2 . betul , bagiku fb untuk menulis dan tulisannya nanti aku pindah di blogku. jadi sebaiknya jangan dibaca. malah nanti pusing.

mengenai disiplin menulis di blog , itu sebuah disiplin yang baru kuat kujalani sejak 2008 sampe sekarang dan tetap rutin. walopun aku tidak pernah menyebut diriku blogger. tapi aku sudah menulis di blogku rutin selama hampir 5 tahun dengan satu blog itu. dan mungkin kawan2 blogger malas dan menghindari tipe blogger sepertiku yg menulis hal hal yg sifatnya perjalanan spiritual , kadang aneh , yang intinya mengajak orang mengolah karakternya sendiri.

tanpa disiplin , latihan spiritual jadinya anget anget tahi ayam. apa yang kamu tanam itulah yang kamu panen. kalo menanamnya jagung ya nunggu 3 bulan. kalo menanamnya pohon jati ya nunggu sepuluh tahun.

mau instan , ya makan mie instan.
males bikin sendiri , ya beli sama tukang penjual mie rebus.
resikonya bayar pake uang.

omong2 latihan dispilin cuci piring di rumah , sudah menginjak tahun kedua.

abaikan saja tulisanku ini, sebaiknya membaca surat kabar saja.

salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun