Kamis, 18 September 2014

bahasa tingkat kesadaran






amit amit ngaliman salam
# postingan seseorang & tingkat kesadaran
*
*
dari fokus pembicaraan atau postingan seseorang, bagi saya pribadi, bisa diketahui ia berbicara pada tingkat kesadaran tertentu. saya bagikan kunci rahasia. sebaiknya jangan dibaca kalo anda sibuk, teruskan saja aktivitas anda. saya sudah mengingatkan lho ya.. resiko pusing , muntah-2, ketawa silahkan di tanggung sendiri.
*
*
ada 7 tingkatan versi saya. maafkan, saya memakai bahasa sangat sederhana dan awam.
*
*
tingkatan pertama adalah kesadaran pantat atau cakra dasar. fokus pembicaraan & tulisannya seputar masalah kebutuhan material dan dunia fisik. misal , siapa namanya, alamatnya, keterangan KTP nya, makan apa tadi, ini mobilku, ini baju baruku, ini pesawatku, aku kurus, aku gendut, rambutku kriting , aku cakep. intinya seputar yang nampak & fisik. tokohnya adalah orang kaya, orang cakep. apa yang dimiliki untuk kebanggaannya.
*
*
tingkatan kedua adalah kesadaran alat kelamin atau cakra sex. fokus pembicaraan pada masalah sex, pekerjaan dan keinginan pribadi terkait dgn kebutuhan raganya. misal ada kencan , ada meeting bisnis, ada rapat kerja. terkait dengan kepentingan pribadi dia sendiri. termasuk group di facebook, hobi yg sama. tentang menemukan jalinan pertemanan. tokohnya adalah siapa kekasihnya, siapa keluarganya, siapa bosnya, . bukan dirinya sendiri tapi orang lain tapi untuk mengisi kebanggan dirinya.
*
*
tingkatan ketiga adalah kesadaran perut atau cakra pusar. fokus utamanya pada ego pribadi, karakter pribadi, harga diri , kekuatan pribadi. misal aku ini pejabat, aku ini ketua partai, aku ini tokoh hebat, aku seniman terkenal, ini kekayaanku, keahlianku . semuanya serba aku dan aku. agar harga dirinya diakui. menuntut hak-2 pribadinya.
*
*
semua kasus perselisihan terkait harga diri pribadinya. kasus dipengadilan itu kan masalah pribadi. tentang harga diri sendiri, keluarga, kelompok, organisasi, perusahaan, klub. termasuk percerian itu masalah harga diri. makanya masalah cakra sex & cakra dasar di abaikan. lebih penting harga dirinya. tokohnya adalah orang-2 yg merasa menang dan kalah. berkuasa / dikuasai. dihormati / dihina. Tuan / budak. kekuatan/ kelemahan.
*
*
tingkatan keempat adalah kesadaran jantung atau cakra jantung. berbicara tentang perasaan manusia, menyentuh emosi , baik positif atau negatif. kalo obrolannya sudah emotional , perasaan, kepedulian. entah tentang kebaikan atau kejahatan, baik organisasi PMI ataupun teroris. ini tentang perasaan senasib. yg dibangkitkan adalah rasa benci atau cinta, rasa iba, simpati. semua yang mengaku sukarelawan, pejuang, pembela apapun landasannya perasaan postif / negatif.
*
*
orang yang sudah bicara masalah perasaan, dia nekat. harga dirinya , keluarganya, relasinya, pekerjaannya, bahkan kebutuhan materialnya. duitnya dikorbankan semua demi perasaannya. atau organisasi . kelompok yang dia anggap senasip seperjuangan.
*
*
banyak organisasi agama , sosial, kebudayaan, kemasyarakatan. yg memanfaatkan cakra ini. untuk mengekploitasi manusia lain atau membantu manusia lain. tohonya adalah orang-2 yg memperjuangkan perasaan senasib seperjuangan, entah tokoh teroris ataupun filantropis ( tukang berbuat amal sosial ) . sama saja. entah tokoh kasih sayang ataupun kebencian dendam. sama saja. mahatma Ghandi ataupun Hitler . sama saja. letaknya disini. tentang perasaan senasib.
*
*
tingkatan kelima adalah kesadaran di leher atau cakra tenggorokan. fokus utamanya pada ilmu pengetahuan, dan puncak ekpresi kehidupan. misalnya matematika , tehnologi, ilmu kedokteran, mesin , obat obatan, tehnik pertanian & pangan. dibicarakan dimana saja. sifatnya netral . seni musik , karya film. keindahan. pembicaraan ini sifatnya universal , melintasi perbedaan identitas suku, agama, negara.
*
*
tokohnya misalnya albert einstein , Johan sebastian bach. penemu-2 ilmu pengetahuan, mesin-2 , listrik . penemu bibit unggul. juga tokoh seni arsitektur, seni akupuntur, seni tata kota, seni film, seni komunikasi, seni pertunjukan, seni musik. penemu piano, alat-2 musik. seni tenun. intisarinya science and Art. kalo bicara tentang ini , harus pake metode ilmu dan pengalaman. bukan lagi perasaan.
*
*
konfrensi ilmuan fisika dunia, perkumpulan seni film , sastra lintas negara, pembicaraan tentang ilmu pengetahuan dan seni keindahan. yang dikaji ilmunya dan seninya untuk kepentingan universal. bukan ego , kepercayaan, relasi pribadi, atau kebutuhan material.
*
*
tingkatan keenam adalah kesadaran di kening / cakra ajna. fokus pembicaraan disini adalah tentang kebijaksanaan hidup yang lahir dari pengalaman hidup seseorang, bukan teori, bukan perasaan. tapi nilai nilai yang bisa membawa seseorang bercermin kedalam dirinya. ini tentang mawas diri dan wawasan kehidupan. mulai masuk ke dalam diri. membenahi diri sendiri. bukan lagi fokus keluar. tapi ke dalam.
*
*
bahasa cakra kening adalah tentang kesadaran hidup, tentang kedamaian, tentang kenyataan hidup dan moral kehidupan. contohnya seseorang mengatakan " bunga yg mekar akan layu dan akhirnya mati, tapi bijinya tumbuh lagi " . tentang fakta kehidupan. bisa diterima secara nalar ilmu pengetahuan. Kahlil Gibran . sastrawan besar itu , kadang bicara dalam bahasa ini. John Lennon, bicara ttg ini dalam lagu " imagine ". dan letak imajinasi memang ada di kepala.
*
*
makanya dalam ilmu pengetahuan ada yang disebut etika moral sebuah penemuan ilmiah. apakah akan dipakai untuk kebaikan universal, untuk bisnis, untuk mendapat penghargaan pribadi, ini semua bergantung pada kebijaksaan penggunanya.
*
*
makanya para ilmuan dan seniman, mencari inspirasi dari orang-2 yang arif dan bijaksana. atau dari kebijaksanaan sifat alam. inspirasi dan tuntunan dari bahasa cakra di kening ini sangat pribadi. bukan untuk memaksa orang lain ikut. isinya hanya pandangan / wawasan , saran tanpa menuntut apa-2. ini wilayah diam dan sendiri. perenungan tentang hidup. dan kebijaksaan universal.
*
*
makanya renungan kehidupan yang dalam pada cakra kening / ajna. kalo ditulis maka hanya akan menjadi bahasa simbolis atau kalimat pendek yg sukar dipahami . maka terpaksa harus ditulis paling ideal pake bahasa cakra leher. bahasa ilmu dan seni. aksara dan komunikasi. itu jika orangnya kebetulan sekolahnya tinggi kalo tidak , maka akan ditulis / di ucapkan dalam bahasa perlambang . serendah rendahnya bahasa perasaan tapi sifatnya netral / tawar / datar atau penuh ketenangan . tanpa kandungan emosi negatif atau positif. ini puncak filsuf / pemikir akan mentok disini. bagi saya ini wilayah pikiran luhur. penuh simbol-2.
*
*
tingkatan ke-7 adalah kesadaran di ubun-2 atau cakra mahkota. ini tidak bisa dibahasakan. hanya untuk diri sendiri. gerbang awal berkomunikasi tanpa bahasa lisan, tulisan. bukan lagi panca indra. semua keterangan tentang ini menjadi gagal. dan menceritakannya bisa di Cap Gila, tidak waras. maka orang-2 yg masuk kesadaran ini. tidak bicara kecuali kepada orang-2 yg sama-2 sudah sampe disini.
*
*
kalo ibarat kertas , sudah tanpa aksara dan gambar, hanya polos. pengalaman saya. orang-2 yang sudah sampe disini, getarannya sangat alamiah. seperti kita melihat laut, melihat angkasa. tidak ada komunikasi lisan atau tulisan. tapi kita nyaman melihat gunung , laut , air terjun, pepohonan hijau. sebagian lagi sengaja menutupi , pura-2 bersikap cuek. tujuannya agar orang lain tidak hormat sama dia. tidak mau dipuji. agar dia tidak direpotkan di tanya-2. sebagian yang lain memang menempuh jalan bicara, resikonya banyak. sangat repot bahkan bisa mengancam nyawa, kehidupan dia.
*
*
saya menulis catatan ini berusaha memakai kesadaran di leher. yaitu bahasa ilmu dan seni. maka tulisan ini tidak menarik kecuali hanya berbagi wawasan. itupun sia sia. makanya dalam setiap tulisan saya, seringa da kalimat penutup " semoga menjadi sia sia pada waktunya ". karena saya melihat pada akhirnya sia sia, cuma menjadi kenangan yg menguap. kalo yang masih menulis "semoga bermanfaat. itu masih pake ego. berharap orang lain terima kasih, merasa dirinya punya manfaat / bisa membantu . silahkan saja. bebas.
*
*
maka amati postingan , komentar, tulisan seseorang. kalo pake perasaan , menyinggung perasaan . maka dia pake kesadaran di jantung. kalo pake ego , harga dirinya. maka pake kesadaran di perut. kalo hanya ingin memperoleh hubungan seksual , kenalan baru , maka dia pake kesadaran di alat kelamin. kalo hanya mencari kebutuhan untung rugi material / duit. maka dia pake kesadaran cakra dasar.
*
*
‪#‎semuanya‬ boleh. tidak ada yang rendah atau tinggi. karena semua kesadaran itu dari 1 - 7. ada di dalam diri kita sendiri. sifatnya satu dan utuh. semua pembagian itu hanya rekayasa pikiran saya dalam mengkomunikasikan pesan agar mudah di cerna pikiran pembaca. tidak sampe pesannya pun tak masalah. enjoy aja.
*
*
semoga ini menjadi sia sia pada waktunya. terima kasih.
OM shanti..
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )



Tidak ada komentar: