Selasa, 09 September 2014

Membuka Pintu Kesadaran



amit amit ngaliman salam.
mohon ijin berbagi
# membuka pintu kesadaran
*
*
membuka pintu kesadaran di dalam diri itu bisa melalui beberapa jalan.
*
kalo yang cerdas bisa memakai jalan kebenaran
kalo yang peka perasaannya bisa memakai jalan keindahan
kalo yang tidak suka berpikir dan tidak paham keindahan , tapi suka dengan tindakan / aksi. maka bisa menempuh jalan kebaikan.
*
*
jalan kebenaran di tempuh para sarjana / filsuf / pemikir.
jalan keindahan di tempuh para penyair, pelukis, sastrawan, seniman.
jalan kebaikan di tempuh para sukarelawan, aktivis.
*
*
menjadi kacau kalo memahami jalan keindahan lewat debat logika.
menjadi kacau kalau memahami jalan kebenaran lewat perasaan.
menjadi kacau kalo memahami jalan aksi / tindakan lewat berpikir dan merasa.
*
*
makanya didalam praktik yoga yang saya jalani ada istilah : kebenaran , keindahan dan kebaikan.
*
*
jalan kebenaran dicapai dengan alat olah pikiran . disini konsentrasi pikiran menjadi utama sebagai jalan yang ditempuh. pelengkapnya adalah duduk diam mengistirahatkan tubuh, sehingga semua energi bisa difokuskan untuk kerja pikiran. tipe yang ini cocok dengan meditasi konsentrasi & meditasi hening , untuk menguatkan dan mengistirahatkan pikiran. di jalan ini melahirkan ilmu pengetahuan.
*
*
jalan keindahan dicapai alat olah rasa di jantung , maka nyanyian , tari tarian, doa , puji pujian , sembahyang adalah jalan yang di tempuh. biasanya perasaannya tajam dan halus. di jalan ini melahirkan banyak karya seni sebagai ungkapan keindahan.
*
*
jalan kebaikan di capai dgn tindakan / Lelaku, maka praktik / bekerja / menjalankan tugas / berbuat baik tanpa pamrih adalah jalan yang di tempuh. sangat cocok untuk semua orang. dijalan ini melahirkan gerakan-2 sosial untuk kebaikan.
*
*
ketiga jalan ini bisa dipakai oleh seseorang untuk membuka pintu kesadaran di dalam dirinya, dipilih mana yang paling cocok. ibaratnya pintu keluar dari goa bawah tanah, menuju ke alam bebas. sebuah film fiksi berjudul City of Ember ( 2008 ) sangat pas untuk perlambang menemukan jalan bebas.
*
*
ketiga jalan ini dalam sejarah menghasilkan orang tercerahkan. ada orang yang memilih tidak kembali lewat pintu yang pertama dilalui untuk mencapai kesadaran, tapi mencoba pintu yang lainnya. namun itu tidak harus dilakukan. cukup satu pintu kesadaran terbuka itu sudah cukup. kecuali tipe pelintas batas.
*
*
menjadi tidak pas , membandingkan jalan saya dengan jalan orang lain. yang paling tidak bijaksana adalah orang yang mengaku paling benar jalannya tapi dia mendasarkan itu hanya pada buku catatan perjalanan gurunya yang sudah mati, sedangkan dia sendiri belum mengembara untuk menempuhnya, hanya membaca catatan dan sudah puas.
*
*
masalah kemanusiaan yg timbul di dunia ini , berasal dari manusia itu sendiri. dan akar masalahnya adalah manusia itu sendiri. maka ia yang harus mengatasi dan mencari jalan keluarnya dengan kekuatan / bakat yang ia miliki.
*
*
semua orang harus membuka pintu kesadaran secara sendiri. kalo anda tidak berani sendiri. jadilah pengikut. dan teruslah setia menjadi pengikut sesuai peta guru anda. tapi anda sendiri yang harus menjalaninya.
*
*
sungguh repot menceritakan pengalaman dengan kata kata , karena bahasa manusia terbatas. dan harus menggunakan bahasa yang bisa dipahami . oleh karena itu manusia bijak jaman kuno malas bicara panjang lebar tapi membuat tanda yaitu tanda / simbol / lambang bertemunya dia dengan kesadaran.
*
*
guru bijak dari arab memakai simbol membuka pintu kesadaran dengan lambang Alif,
guru bijak dari Tiongkok memakai simbol perjumpaannya dengan pintu kesadaran dengan lambang lingkaran hitam putih / YIN YANG.
guru bijak dari india memakai simbol perjumpaannya dengan pintu kesadaran dengan lambang AUM.
*
*
guru dari aliran Kristen memakai simbol perjumpaannya dengan pintu kesadaran dengan lambang salip ( + )
guru dari Mesir kuno menggunakan simbol piramid.
guru aliran yang lain menggunakan simbol bintang segi 6 .
guru ZEN menggunakan simbol lingkaran sempurna yang dalamnya kosong.
*
*
karena repotnya menjelaskan , maka lebih banyak orang yang telah membuka pintu kesadaran di dalam dirinya memilih DIAM. dari pada bicara nanti disalah artikan , bisa diracun , dimusuhi , disalip , dituduh Gila. dan tentu dia pasti akan dimusuhi semua organisasi agama yg memperoleh uang dari pengikutnya atas jasa calo menghubungkan doa umatnya dengan Tuhan.
*
*
makanya sales agama yang mendasarkan ajarannya pada doktrin yang kaku, tidak suka jika anda belajar meditasi. karena dengan meditasi anda berjumpa kesadaran di dalam diri anda sendiri tanpa calo , tanpa perlu pergi ke kuil , tidak perlu tiket ke tanah suci. karena tanah suci ada di dalam diri anda sendiri.
*
*
menulis seperti ini akan mudah di salah artikan oleh sebagian orang. tapi memang bahasa itu terbatas dan mudah di salah pahami . pada akhirnya, setiap orang berproses dengan tahapan jalannya masing masing. bagi yang sudah siap, jangan dihalangi jalannya. bagi yang belum siap, jangan dipaksakan ikut serta.
*
*
tidak semua orang yang sudah membuka pintu kesadaran di dalam dirinya. bisa menceritakan pengalamannya dengan bahasa dan tulisan yang enak dan mudah dipahami. karena ini hanya masalah tehnik seni berkomunikasi. dan jangan percaya dengan tulisan saya. mungkin saya malah berdusta, sekedar cari perhatian atau ingin merekrut anggota , atau tujuan tersembunyi. tapi saran saya : percayalah pada pengalamanmu sendiri.
*
*
semoga ini menjadi sia sia pada waktunya. terima kasih.
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )


Tidak ada komentar: