Langsung ke konten utama

# bersandar pada pengalaman




Amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# bersandar pada pengalaman
*
*
dalam dialog spiritual , pengalaman pribadi sangat penting. seseorang hanya bisa berbagi pengalaman pribadinya. dan orang lain juga berbagi pengalaman pribadinya. misalnya, saya pernah menyebrangkan orang buta di jalan raya. seorang bapak tua. harus mengandeng dan menuntun secara hati hati. maka ketika saya bercerita, itu sebuah fakta, karena saya pelakunya. orang lain bisa bercerita tentang pengalamannya menyebrangkan orang buta, bisa berbeda.
*
*
jika dua orang tanpa pengalaman, hanya belajar teori. ia akan lebih suka berdialog tentang tentang suatu ajaran, berebut untuk mencari kebenaran dan mencari kesalahan dari sebuah ajaran. padahal itu cuma kata kata / tulisan. belum ada pembuktian pada dirinya sendiri.
*
*
makanya tipe yang seperti ini lebih suka menceritakan pengalaman kisah orang yang sudah mati seribu tahun, kisah guru-2nya, kisah di buku-2. lalu kalo di tanya : pengalamanmu sendiri apa ? tidak ada. hanya rajin membaca buku dan menyuruh orang.
*
*
saya menolak , jika diminta meniru idola sosok spiritual yang sudah mati seribu tahun lebih dari sebrang lautan. karena ayah atau kakek sendiri, tidak menyuruh keturunannya meniru dia. apalagi meniru orang asing. tidak kenal. tidak pernah berjasa untuk saya. lucu sekali. yang begini , saya anggap sekedar dongeng baik .
*
*
nasehat Tetua di Jawa ada benarnya, saya sudah membuktikan. jika mencontoh manusia sebagai idola sifat mulia, maka akan kecewa. lebih baik saya belajar dari 8 watak alam atau sang hyang hasta brata . bisa di lihat , dirasakan langsung, dari jaman kakekku sampai sekarang belum berubah. yaitu bumi , air, api, angin. lalu angkasa, matahari, bulan, bintang. itu 8 pedoman watak yang mulia di jawa kuna. bukan meniru tokoh manusia. karena pasti kecewa.
*
*
bukti nyata banyak organisasi agama memakai lambang sang hyang hasta brata di kuilnya. di benderanya. ada yang lambang matahari , lambang bulan, lambang bumi, dll. salah1 sifat alam yang paling saya suka adalah watak pohon hijau yang besar. ia diam tapi memberi oksigen untuk kehidupan mahluk disekitarnya. tidak minta disembah. tidak minta dihormati.
*
*
jika watak alam saja sangat mulia , misalnya Planet Bumi tidak minta disembah, melayani tanpa meminta balasan. maka saya menjadi tanda tanya tentang konsep TUhan pencipta alam yang disampaikan seorang penceramah agama di TV, sekte tertentu , di tempat tertentu yang pernah saya tonton.
*
*
kok aneh, beliau berkata tentang sifat Tuhan pencipta alam yang malah bertentangan dengan sifat alam, misalnya minta disembah, mewajibkan manusia harus begini dan begitu, bahkan mengancam akan menyiksa jika tidak menurut. ini lebih buruk dari watak pohon & planet bumi yang tidak gila hormat. memberi tanpa meminta balasan.
*
*
tapi silahkan. bebas saja beliau mengatakan demikian. setiap orang berhak menyakini dan menjalani hidupnya. bebas menyebarkan doktrin. asal tidak menganggu saya. itu bukan urusan saya.
*
*
kisah manusia bertapa di dalam goa. kisah manusia bersamadhi di hutan di bawah pohon, kisah manusia menyepi di gunung. kisah manusia bermeditasi di pinggir laut. lalu memperoleh inspirasi. bagi saya dia sedang mendekati alam dan menyelaraskan diri dengan getaran alam.
*
*
bagi saya manusia berasal dari alam , dihidupi oleh alam, bergantung pada alam. ini kenyataan yang bisa di terima semua kalangan manusia dari bangsa manapun. maka latihan spiritual yang cocok untuk saya pribadi adalah mengenali dan mengolah watak alami tubuh , pikiran , perasaan saya sendiri . dan belajar hidup selaras dengan hukum alam di Bumi.
*
*
kalo nasehat Tetua Bali lebih lengkap lagi adalah Tri Hita Karana yaitu sikap hidup selaras ke dalam, selaras ke luar dengan sesama mahluk dan selaras dengan jagat /semesta. dan sudah mereka praktekan di desa adat mereka.
*
*
silahkan pilih latihan spiritual yang cocok dan nyaman sesuai selera masing-2. semoga menjadi sia sia pada waktunya. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun