Selasa, 16 September 2014

Tangga Belajar




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# tangga belajar
*
*
saya membagi tahapan tangga belajar , ini berguna membantu orang-2 yg sedang belajar dalam membaca langkah mereka.
*
*
1. mencari ilmu
karena mencari , harus jelas yang akan di cari, dimana keberadaannya, siapa yang memiliki ilmu tersebut. ibarat mau kursus memasak, harus tahu dengan jelas mau kursus jenis masakan apa, dimana tempatnya , siapa guru masaknya. kalo mencari kadang ketemu , kadang tidak.
*
*
2. menuntut ilmu
karena menuntut itu artinya memaksakan diri agar memperoleh hak . menuntut ilmu sama dengan menuntut gaji, menuntut cerai , menuntut keadilan. prosesnya meminta dengan upaya karena tidak di berikan sesuai jatah dan rasa keadilan. karena menuntut maka harus terus dikejar sampai dapat yg di tuntut. tapi hasil akhirnya bisa tercapai atau gagal.
*
*
3. menimba ilmu
menimba ilmu seperti menimba air di sumur, sumber ilmunya sudah ada. tinggal melakukan proses pengambilan sesuai ukuran kapasitas masing masing. bisa satu hari satu ember atau seminggu sekali satu ember.
*
jika di pancuran dekat mata air , maka hanya menampung air sesuai wadah yang di bawa. hasilnya sudah jelas, sesuai kerja kerasnya.
*
*
4. menguasai ilmu setelah berusaha
artinya sudah mendapatkan ilmu yang di cari setelah proses belajar maupun pencarian. dari sini , orang belajar bahwa butuh waktu dan latihan juga pengalaman untuk menguasai tinggal di pakai jika di butuhkan. ini periode menikmati buah dari perjuangan latihan dan belajar.
*
*
5. mendapat hadiah ilmu tanpa berusaha
artinya seseorang memperoleh ilmu tanpa meminta , tanpa usaha keras , prosesnya mudah karena itu berupa hadiah . tinggal menikmati. ini disebut anugrah pemberian.
*
proses dari no 1 sd no 5 adalah naik tangga. gerakannya ke atas.
*
*
6. mengembangkan ilmu
artinya seseorang melakukan penggabungan 2 jenis keilmuan , atau lebih. dan diberi nama baru . atau membuat turunan atau cabang dari ilmu sebelumnya tapi lebih khusus lagi.
*
ini disebut proses menambahkan anak tangga baru.
*
*
7. mengajar dan berbagi ilmu
artinya seseorang melakukan proses transfer ilmu pengetahuan kepada orang lain melalui berbagai cara , proses ini disebut mengajar dan berbagai ilmu. ini memberi kesempatan kepada para pencari dan pelajar untuk memperoleh kesempatan menimba ilmu.
*
ini prosesnya mulai Turun Tangga,
*
*
8. menyimpan ilmu
artinya seseorang hanya menyimpan dan merahasiakan sebuah ilmu untuk dirinya sendiri. dan tidak dibuka kepada pihak lain, sehingga pihak lain tidak tahu ilmu yang disimpan itu pernah ada, masih ada atau sudah punah. biasanya alasannya pertimbangan yang sulit dijelaskan, sangat pribadi.
*
kalo yang ini, proses menyimpan tangga.
*
*
kuda dalam bahasa jawa disebut " jaran " sering disimbolkan sebagai ajaran spiritual. maka mengikuti larinya kuda akan sangat melelahkan. menaiki kuda tanpa bisa mengendalikannya juga bisa berbahaya.
*
*
yang sudah bisa mengendalikan kuda, akan berbuat sesuka hatinya memerintah kuda. maka kasihan, murit-2 yg berlari mengikuti kuda yang di tunggangi guru mereka untuk berperang , merampok dll.
*
*
maka kalo demikian, harus meminta tolong pawang kuda. semua kuda akan dibuat lumpuh dan tidur. sehingga tidak bisa di tunggangi. tidak bisa dipake, tidak bisa lagi di ikuti. setiap manusia harus berjalan sendiri, saat kuda-2 sudah gila atau dibawah kendali tukang tawuran.
*
*
terima kasih kepada para pawang kuda alias pawang ajaran yang masih peduli. semoga menjadi sia sia pada waktunya. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )

Tidak ada komentar: