Senin, 13 Oktober 2014

bahagia mulai dari diri sendiri




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# bahagia mulai dari diri sendiri
*
*
yang bisa membuat saya bahagia bukan pemerintah , bukan orang lain. tapi kemampuan saya sendiri dalam berlatih seni mengelola tubuh, pikiran , perasaan, ucapan dan tindakan yang mencegah saya dari penderitaan, setidaknya mengurangi penderitaan yang dialami bukan malah memperburuk penderitaan yang sudah ada. dan lalu melakukan hal hal yang mendekatkan saya kepada kebahagiaan.
*
*
contohnya , kalo sebuah berita politik di TV membuat saya tidak bahagia, maka saya tidak menontonnya. membicarakannya pun tak mau. lebih baik berganti siaran channel TV. masih ada puluhan channel di parabola yang menyajikan siaran yang lebih bermutu. kalo tidak ada pilihan lain, maka masih ada pilihan yaitu mematikan televisi.
*
*
kalo pikiran saya sedang tidak tenang, maka saya akan mencari sumbernya. misalnya jika sumbernya itu kegelisahaan , ketakutan, kekecewaan, kemarahan di dalam diri saya. maka saya akan menyingkirkannya. caranya dengan menerima keadaan yang sudah terjadi. lalu mengatur sikap tubuh , pikiran dan perasaan saya agar selaras. maka ketenangan muncul dan saat pikiran jernih bisa melihat persoalan dengan lebih jelas. memahami bahwa diri ini sedang menderita bukan menderita tubuhnya tapi pikiran dan perasaannya akibat berbagai kejadian di luar.
*
*
kalau kondisi gejolak pikiran dan perasaan atau batin tidak bisa saya kendalikan sendiri agar menjadi tenang dan damai juga bahagia. resikonya batin saya akan di ombang ambingkan oleh berbagai gejolak isu / pemberitaan dan kejadian di luar diri saya.
*
*
seseorang yang batinnya sedang menderita , maka ucapan, pemikiran dan tindakannya akan terpengaruh memantulan penderitaan yang dialaminya. bisa disembunyikan dari orang lain tapi tidak bisa membohongi dirinya sendiri.
*
*
jika ada yang membohongi diri sendiri artinya tega menipu diri sendiri. silahkan saja. hasilnya bisa menjadi penyakit kejiwaan yaitu menderita dan tersiksa tapi karena sering menderita dan tersiksa, maka mulai menikmati penyiksaan itu dan menciptakan ilusi di pikirannya sebagai sebuah kenikmatan.
*
*
contohnya jika dicambuk / di tempeleng malah merasa nikmat, ada lagi yang jika di caci maki / di hina malah merasa nikmat . tapi jika di perlakukan dengan kasih sayang malah dia menolak dan terhina, karena biasa di siksa secara kejam. jika di layani dengan sopan dan terhormat malah merasa tidak pantas. karena biasa jadi budak. ini contoh perilaku orang-2 yang lama tertindas , tersiksa tapi mulai menerima dan menikmati siksaan dan penindasan. dan tidak lagi melawan.
*
*
kegiatan manusia rata-2 hanya dua macam. Pertama yaitu mengejar kesenangan dan kebahagiaan . lalu Kedua : mencoba lepas dari penderitaan hidupnya. yang lain hanyalah variasi dari kedua hal tersebut .
*
*
maka orang-2 yang hidupnya menderita sangat tertarik kepada penawaran sales sekte ajaran yang menjual janji imbalan surga dengan segala kesenangan setelah kematian. orang yang menderita juga tertarik kepada penawaran sales politik yang menjanjikan kesejahteraan rakyat di masa depan.
*
*
semoga semua mahluk hidup selamat dan bahagia. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )

Tidak ada komentar: