Langsung ke konten utama

Mantra , Shastra, TanTra




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# Mantra , Shastra , Tantra
*
*
dalam bahasa sansekerta . mantra itu artinya secara unsur kata sangat jelas. terdiri dari 2 suku kata yaitu man : pikiran [ manas , manu , manusia . itu akar katanya " Man " ] dan Tra artinya pembebasan [ melepaskan, jadi merdeka ]
*
*
tujuan mula mantra di buat , untuk alat bantu membebaskan pikiran manusia dari kerja berat sepanjang hari sibuk menghasilkan banyak pemikiran. silih berganti . sehingga bisa istirahat. ada jeda. kalo anda merapal mantra , maka efeknya pikiran menjadi terbebas dari beban-2 sementara. menjadi ringan & tenang.
*
*
lalu makna istilah " Mantra " menjadi berubah sepanjang jaman & tempat. di jawa kalo orang bilang mantra , langsung dianggap sesuatu yang mistik. banyak yang tidak mencari asal kata makna aslinya. tidak apa-2. mirip tisu gulung yang di ciptakan untuk dipasang di toilet duduk ala barat. untuk membersihkan pantat setelah buang air besar. tapi di jawa , di daerah saya. di warung kaki lima. ada kenyataan tissu gulung untuk toilet di pasang di meja makan, untuk membersihkan mulut. alih fungsi dan sekali lagi tidak apa apa.
*
*
Shastra dalam bahasa sansekerta terdiri dari 2 suku kata yaitu Shas : insruksi / petunjuk / ajaran . dan Tra : pembebasan. bisa berbentuk lisan / tertulis. dimasa lalu shastra terkait dengan tata cara kehidupan untuk membebaskan manusia dari tantangan hidup. dimasa kini istilah shastra [ ditulis dalam bahasa indonesia : sastra ] bukan lagi petunjuk hidup tapi bergeser menjadi bacaan untuk hiburan / karya tulis Fiksi best seller .
*
*
lalu shastra dengan bahasa sansekerta di masa lalu, sekarang ini disebut shastra suci, menjadi kitab suci. dan rata-2 kitab suci agama bentuknya sastra baik tulisan maupun kidung / nyanyian. walopun ada orang menyebut kitab suci atau kidung suci sebagai wahyu Tuhan ataupun bahkan di cap ajaran sesat. maka jika tujuannya itu membebaskan manusia , maka itu bagi saya secara pribadi adalah karya Shastra.
*
*
TanTra , dari dua suku kata . Tan itu artinya tidak [ tanpa , terlarang ] . Tra itu pembebasan. jadi Tan- Tra secara asal bahasa maksudnya adalah membebaskan apa yang terlarang / di larang. itu terkait dengan pemanjaan panca indria. dipuaskan sampe puas dan bosan . sehingga tidak lagi membebani pikiran seseorang yang ingin samadhi.
*
*
upacara Tan-Tra misalnya seks. dilakukan sampe muncul rasa jenuh dan bosan. kalo misalnya kalo seorang lelaki sudah ML 3x dalam sehari selama 7 hari berturut turut. maka saya percaya setelah itu. keinginannya utk ml di pikirannya lenyap. alat kelaminnya jadi rileks. jadi tidak kepikiran, menjadi tenang. ia siap untuk retret samadhi.
*
*
contoh lain, praktik Tan-Tra dalam soal makanan enak. jika seseorang satu hari sudah makan 10 porsi sate kambing. pagi - siang - malam . selama 15 hari. maka sate kambing jadi menjenuhkan. bosan. maka ia otomatis meninggalkan sate kambing secara sukarela. ini metode berbahaya. karena menyerang titik jenuh manusia. produk & jasa hiburan apapun akan jadi membosankan bagi orang yang menerapkan praktek Tan-Tra terhadap produk & jasa tersebut.
*
*
bahasa adalah alat komunikasi. orang berpikir dan berdebat dengan bahasa. di dalam bahasa ada makna. berbagai istilah dan nama , adalah tanda untuk menunjuk pada sesuatu. misalnya WarNet [ warung internet ] , adalah tempat mengakses internet . tapi kalo prakteknya ruangan WarNet jadi tempat pelajar latihan ciuman , petting dan mL short time . itu pergeseran makna.
*
*
sekali lagi tidak apa apa. mungkin pergeseran makna & fungsi juga dialami istilah Mantra , shastra dan Tantra. silahkan suka suka manusianya. begitu pemahaman saya. pemahaman orang lain saya tidak tahu.
*
*
satu hal, jika ada cerita nama tokoh hebat. apapun itu. saya suka menelusuri asal usul cerita tersebut. sehingga lebih jelas bukan katanya atau asal percaya tanpa bukti.
*
*
misalnya ada pembawa kabar gosip di TV berkata :
" sesungguhnya di dalam diri Penyihir Terpilih yaitu harry Potter terdapat suri tauladan yang baik " .
setelah saya telusuri , Harry Potter adalah tokoh Fiksi. dan buku Fiksi cerita " harry potter " jadi best seller. maka saya tidak jadi kagum, tapi ceritanya bagus. inspiratif. walopun khayalan.
*
*
kalopun ada anak anak yang suka dan menganut cara berpakaian & tingkah laku Harry potter, itu silahkan saja. selama tidak menganggu dan memaksa saya ikut menjadi copi paste harry potter. maka saya ikut berbahagia. karena setiap orang berhak menikmati hidupnya.
*
*
semoga semua mahluk selamat, sejahtera bahagia. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k