Senin, 27 Oktober 2014

Mantra , Shastra, TanTra




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# Mantra , Shastra , Tantra
*
*
dalam bahasa sansekerta . mantra itu artinya secara unsur kata sangat jelas. terdiri dari 2 suku kata yaitu man : pikiran [ manas , manu , manusia . itu akar katanya " Man " ] dan Tra artinya pembebasan [ melepaskan, jadi merdeka ]
*
*
tujuan mula mantra di buat , untuk alat bantu membebaskan pikiran manusia dari kerja berat sepanjang hari sibuk menghasilkan banyak pemikiran. silih berganti . sehingga bisa istirahat. ada jeda. kalo anda merapal mantra , maka efeknya pikiran menjadi terbebas dari beban-2 sementara. menjadi ringan & tenang.
*
*
lalu makna istilah " Mantra " menjadi berubah sepanjang jaman & tempat. di jawa kalo orang bilang mantra , langsung dianggap sesuatu yang mistik. banyak yang tidak mencari asal kata makna aslinya. tidak apa-2. mirip tisu gulung yang di ciptakan untuk dipasang di toilet duduk ala barat. untuk membersihkan pantat setelah buang air besar. tapi di jawa , di daerah saya. di warung kaki lima. ada kenyataan tissu gulung untuk toilet di pasang di meja makan, untuk membersihkan mulut. alih fungsi dan sekali lagi tidak apa apa.
*
*
Shastra dalam bahasa sansekerta terdiri dari 2 suku kata yaitu Shas : insruksi / petunjuk / ajaran . dan Tra : pembebasan. bisa berbentuk lisan / tertulis. dimasa lalu shastra terkait dengan tata cara kehidupan untuk membebaskan manusia dari tantangan hidup. dimasa kini istilah shastra [ ditulis dalam bahasa indonesia : sastra ] bukan lagi petunjuk hidup tapi bergeser menjadi bacaan untuk hiburan / karya tulis Fiksi best seller .
*
*
lalu shastra dengan bahasa sansekerta di masa lalu, sekarang ini disebut shastra suci, menjadi kitab suci. dan rata-2 kitab suci agama bentuknya sastra baik tulisan maupun kidung / nyanyian. walopun ada orang menyebut kitab suci atau kidung suci sebagai wahyu Tuhan ataupun bahkan di cap ajaran sesat. maka jika tujuannya itu membebaskan manusia , maka itu bagi saya secara pribadi adalah karya Shastra.
*
*
TanTra , dari dua suku kata . Tan itu artinya tidak [ tanpa , terlarang ] . Tra itu pembebasan. jadi Tan- Tra secara asal bahasa maksudnya adalah membebaskan apa yang terlarang / di larang. itu terkait dengan pemanjaan panca indria. dipuaskan sampe puas dan bosan . sehingga tidak lagi membebani pikiran seseorang yang ingin samadhi.
*
*
upacara Tan-Tra misalnya seks. dilakukan sampe muncul rasa jenuh dan bosan. kalo misalnya kalo seorang lelaki sudah ML 3x dalam sehari selama 7 hari berturut turut. maka saya percaya setelah itu. keinginannya utk ml di pikirannya lenyap. alat kelaminnya jadi rileks. jadi tidak kepikiran, menjadi tenang. ia siap untuk retret samadhi.
*
*
contoh lain, praktik Tan-Tra dalam soal makanan enak. jika seseorang satu hari sudah makan 10 porsi sate kambing. pagi - siang - malam . selama 15 hari. maka sate kambing jadi menjenuhkan. bosan. maka ia otomatis meninggalkan sate kambing secara sukarela. ini metode berbahaya. karena menyerang titik jenuh manusia. produk & jasa hiburan apapun akan jadi membosankan bagi orang yang menerapkan praktek Tan-Tra terhadap produk & jasa tersebut.
*
*
bahasa adalah alat komunikasi. orang berpikir dan berdebat dengan bahasa. di dalam bahasa ada makna. berbagai istilah dan nama , adalah tanda untuk menunjuk pada sesuatu. misalnya WarNet [ warung internet ] , adalah tempat mengakses internet . tapi kalo prakteknya ruangan WarNet jadi tempat pelajar latihan ciuman , petting dan mL short time . itu pergeseran makna.
*
*
sekali lagi tidak apa apa. mungkin pergeseran makna & fungsi juga dialami istilah Mantra , shastra dan Tantra. silahkan suka suka manusianya. begitu pemahaman saya. pemahaman orang lain saya tidak tahu.
*
*
satu hal, jika ada cerita nama tokoh hebat. apapun itu. saya suka menelusuri asal usul cerita tersebut. sehingga lebih jelas bukan katanya atau asal percaya tanpa bukti.
*
*
misalnya ada pembawa kabar gosip di TV berkata :
" sesungguhnya di dalam diri Penyihir Terpilih yaitu harry Potter terdapat suri tauladan yang baik " .
setelah saya telusuri , Harry Potter adalah tokoh Fiksi. dan buku Fiksi cerita " harry potter " jadi best seller. maka saya tidak jadi kagum, tapi ceritanya bagus. inspiratif. walopun khayalan.
*
*
kalopun ada anak anak yang suka dan menganut cara berpakaian & tingkah laku Harry potter, itu silahkan saja. selama tidak menganggu dan memaksa saya ikut menjadi copi paste harry potter. maka saya ikut berbahagia. karena setiap orang berhak menikmati hidupnya.
*
*
semoga semua mahluk selamat, sejahtera bahagia. terima kasih.
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )


Tidak ada komentar: