Langsung ke konten utama

# pengalaman spiritual





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# bagiku pengalamanku, bagimu pengalamanmu.
*
*
pengalaman spiritual bagi saya adalah pengalaman hidup yang menyentuh bagian terdalam dari diri saya. dan saya takjub . juga kaget. juga kagum. nyata terjadi. dan mengguncang pola pikir saya. Pengalaman spiritual bagi saya adalah pengalaman hidup yang membuat saya merenung lebih dalam, dan menemukan jawaban untuk perbaikan diri sendiri.
*
*
saya belajar mengamati keadaan di sekitar . karena saya terbiasa melihat selokan yang keruh dan kotor. maka ketika saya pergi ke tempat lain, melihat disana selokan airnya jernih, bening seperti air mineral di botol. maka saya kagum. padahal itu hal yang biasa bagi warga disana. karena air jika dekat dengan sumber mata air, pasti jernih. dari pengalaman itu saya sadar bahwa lingkungan tempat tinggal saya yang rusak dan tidak lagi alami.
*
*
saat melihat pantai yang pasirnya putih , dan siang hari air lautnya warnanya hijau dan jernih. saya kaget. karena pantai di tempat saya, airnya keruh dan pasirnya mengalami abrasi.
*
*
saat tinggal di sebuah homestay . saya kaget karena di kampung itu motor cukup di letakkan di pinggir jalan, tidak dimasukkan ke rumah. dan pintu rumah / homestay tidak di kunci. dan itu aman. bagi warga sekitar. di daerah itu , tidak ada pencurian karena di berlakukan hukum adat dan warga takut hukum karma.
*
*
jadi pemandangan gerbang rumah tidak pernah di kunci adalah biasa. ini bertolak belakang dengan daerah saya . artinya moral masyarakatnya beda. pantas saja turis dari seluruh penjuru dunia nyaman datang kesana. pemandangan alamnya indah. masyarakatnya ramah, penuh ekpresi seni dan keindahan. makanannya enak.
*
*
deerah itu tidak mengajarkan apa apa. tapi ini pengalaman spiritual dalam hidup saya.
*
*
saat saya makan di warung di daerah itu, obrolan dalam bahasa inggris adalah biasa. yang makan kadang orang muda dari eropa yang lebih cantik dan tampan dari artis sinetron di TV. tapi hanya memakai sandal jepit dan berpenampilan jauh dari mewah. dan papan nama tempat makan itu memang " warung ... " bukan restoran / KFC.
*
*
contoh lain . salah1 lelaki dari jepang yang sudah keliling dunia, cukup kaya, cerdas. ia membuat film berjudul " happy " . dan membuat komik jepang [ manga ] tentang kisah dalai lama 14, ghandi, mother teresa. ia adalah nara sumber dalam sebuah forum yang saya dengarkan. ia berbagi makna hidup tentang bahagia itu tidak harus mewah dan pamer.
*
*
dan di hari lain saya melihat nara sumber dari jepang itu , mau duduk di tangga [ karena kursi habis ] menyimak pembicara lain tanpa merasa istimewa. ini pelajaran tentang rendah hati untuk saya.
*
*
bagi saya pengalaman berjumpa cahaya , guru-2 suci dalam meditasi. atau diganggu sosok setan saat meditasi. itu tidak terlalu berkesan. mungkin itu hanya ilusi pikiran saya . lebih menarik pengalaman , suatu ketika saat sarapan pagi , minum kopi di teras kamar, tetangga kamar turis muda eropa bercinta tapi berisik sekali. itu pengalaman spiritual mendengar " wisik / suara gaib" yang nyata.
*
*
maka pandangan saya tentang pengalaman spiritual adalah pengalaman nyata kehidupan dunia yang memperkaya batin. membuat saya mengkaji ulang pola pikir. bukan hal hal ajaib dan supranatural. kalopun saya jumpai itu, mungkin kebetulan saja.
*
*
karena bagi saya duduk di pasir menikmati keindahan matahari terbenam di pinggir pantai yang indah, tanpa menganggu orang lain yang asik memotret, bermesraan, joging, surfing. atau sekedar duduk minum bir, semua orang asik sendiri menikmati senja. semuanya rukun dan tidak ada yang merasa paling berhak dan paling juara dalam mengakses keindahan matahari terbenam. itu bagi saya , sangat spiritual. karena ada rasa nyaman, tenang dan gembira.
*
*
terima kasih. terima kasih. terima kasih.
semoga semua mahluk hidup selamat sejahtera bahagia.
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k