Jumat, 17 Oktober 2014

# pengalaman spiritual





amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# bagiku pengalamanku, bagimu pengalamanmu.
*
*
pengalaman spiritual bagi saya adalah pengalaman hidup yang menyentuh bagian terdalam dari diri saya. dan saya takjub . juga kaget. juga kagum. nyata terjadi. dan mengguncang pola pikir saya. Pengalaman spiritual bagi saya adalah pengalaman hidup yang membuat saya merenung lebih dalam, dan menemukan jawaban untuk perbaikan diri sendiri.
*
*
saya belajar mengamati keadaan di sekitar . karena saya terbiasa melihat selokan yang keruh dan kotor. maka ketika saya pergi ke tempat lain, melihat disana selokan airnya jernih, bening seperti air mineral di botol. maka saya kagum. padahal itu hal yang biasa bagi warga disana. karena air jika dekat dengan sumber mata air, pasti jernih. dari pengalaman itu saya sadar bahwa lingkungan tempat tinggal saya yang rusak dan tidak lagi alami.
*
*
saat melihat pantai yang pasirnya putih , dan siang hari air lautnya warnanya hijau dan jernih. saya kaget. karena pantai di tempat saya, airnya keruh dan pasirnya mengalami abrasi.
*
*
saat tinggal di sebuah homestay . saya kaget karena di kampung itu motor cukup di letakkan di pinggir jalan, tidak dimasukkan ke rumah. dan pintu rumah / homestay tidak di kunci. dan itu aman. bagi warga sekitar. di daerah itu , tidak ada pencurian karena di berlakukan hukum adat dan warga takut hukum karma.
*
*
jadi pemandangan gerbang rumah tidak pernah di kunci adalah biasa. ini bertolak belakang dengan daerah saya . artinya moral masyarakatnya beda. pantas saja turis dari seluruh penjuru dunia nyaman datang kesana. pemandangan alamnya indah. masyarakatnya ramah, penuh ekpresi seni dan keindahan. makanannya enak.
*
*
deerah itu tidak mengajarkan apa apa. tapi ini pengalaman spiritual dalam hidup saya.
*
*
saat saya makan di warung di daerah itu, obrolan dalam bahasa inggris adalah biasa. yang makan kadang orang muda dari eropa yang lebih cantik dan tampan dari artis sinetron di TV. tapi hanya memakai sandal jepit dan berpenampilan jauh dari mewah. dan papan nama tempat makan itu memang " warung ... " bukan restoran / KFC.
*
*
contoh lain . salah1 lelaki dari jepang yang sudah keliling dunia, cukup kaya, cerdas. ia membuat film berjudul " happy " . dan membuat komik jepang [ manga ] tentang kisah dalai lama 14, ghandi, mother teresa. ia adalah nara sumber dalam sebuah forum yang saya dengarkan. ia berbagi makna hidup tentang bahagia itu tidak harus mewah dan pamer.
*
*
dan di hari lain saya melihat nara sumber dari jepang itu , mau duduk di tangga [ karena kursi habis ] menyimak pembicara lain tanpa merasa istimewa. ini pelajaran tentang rendah hati untuk saya.
*
*
bagi saya pengalaman berjumpa cahaya , guru-2 suci dalam meditasi. atau diganggu sosok setan saat meditasi. itu tidak terlalu berkesan. mungkin itu hanya ilusi pikiran saya . lebih menarik pengalaman , suatu ketika saat sarapan pagi , minum kopi di teras kamar, tetangga kamar turis muda eropa bercinta tapi berisik sekali. itu pengalaman spiritual mendengar " wisik / suara gaib" yang nyata.
*
*
maka pandangan saya tentang pengalaman spiritual adalah pengalaman nyata kehidupan dunia yang memperkaya batin. membuat saya mengkaji ulang pola pikir. bukan hal hal ajaib dan supranatural. kalopun saya jumpai itu, mungkin kebetulan saja.
*
*
karena bagi saya duduk di pasir menikmati keindahan matahari terbenam di pinggir pantai yang indah, tanpa menganggu orang lain yang asik memotret, bermesraan, joging, surfing. atau sekedar duduk minum bir, semua orang asik sendiri menikmati senja. semuanya rukun dan tidak ada yang merasa paling berhak dan paling juara dalam mengakses keindahan matahari terbenam. itu bagi saya , sangat spiritual. karena ada rasa nyaman, tenang dan gembira.
*
*
terima kasih. terima kasih. terima kasih.
semoga semua mahluk hidup selamat sejahtera bahagia.
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )


Tidak ada komentar: