Langsung ke konten utama

catatan di Ubud writers festival 2014



ini tahun ke dua saya mengikuti Ubud writers & readers festival. tahun ini yang ke 11 . saya lebih banyak belajar diam menyimak pembicara. tema tahun ini " Saraswati  " sebagai simbol ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.
*
*
banyak sesi pembicaraan yang menarik. saya rela duduk di lantai ataupun berdiri jika kursi penuh.
 peserta masih di dominasi dari luar negeri. sedikit dari indonesia yang ikut serta. mungkin karena kendala bahasa inggris. walopun harga tiket untuk pelajar indonesia relatif murah.
*
*

 acara malam hari yang paling berkesan untuk saya adalah malam penghargaan untuk seniman bali Gusti nyoman lempad. bertempat di Lotus cafe. tempatnya sangat menyenangkan. ada pemutaran saat upacara ngaben setelah kematiannya di tahun 1970-an yang di dokumentasikan oleh seorang sutradara film dari eropa. ternyata  lempad adalah seorang yang mencapai usia hingga 150tahun. sangat tua sekali. beliau seorang arsitek , pemahat dan pelukis.
*
*




saking antusiasnya. kadang satu ruangan penuh dan peserta duduk di lantai menyimak pembicara.




di foto atas, saya ada di belakang wanita yg duduk di lantai. tapi sedikit wajah saya masih tampak. karena saya duduk di belakangnya .  selain itu juga ada hiburan musik country live saat pentas seniman sketsa dari german , seorang kartunist.  di tempat yang sangat indah.





saya sempatkan berfoto di acara ini. dalam kostum santai dan memakai sarung batik.



pada malam hari juga ada pembacaan buku / novel dari seorang penulis dari india. diiringi permainan world music dari musisi prancis. juga ada vokalis seorang penyanyi sufi.  bertempat di salah1 bar / cafe. di bar ini ada racikan arak bali yang enak dan terjangkau. juga cappucino nya enak.


acara ubud writers festival ini bertepatan dengan puncak perayaan hari saraswati dan ada upacara pemugaran pura tua di ubud. sehingga ramai dengan beragam upacara adat.


salah1 tari yang mengesankan saya adalah di acara penutupan Ubud writers & readers festival, adalah penampilan live Tarian Tango yang di pentaskan oleh penari Tango profesional . indah dan seksi sekali. seperti di film bertema spanyol dan amerika latin.
*
*

dalam perjalanan ini, saya mengajak serta adik bungsu saya dalam satu misi khusus yang dipesan oleh ibu saya di rumah. tujuannya untuk menularkan pengalaman tentang cara menjalani hidup. sehingga saya tidak bisa terlalu leluasa untuk hura hura karena ada tugas tambahan tersebut.  salah1 foto saat sarapan bersama adik bungsu saya di penginepan langganan di daerah gang popies , dekat pantai kuta.





perjalanan ini ditutup dengan bulan purnama yang saya nikmati di selat bali. perjalanan ini membawa kesembuhan fisik dan mental untuk saya dan adik saya. kami sempatkan melukat di pura tampak siring. membersihkan unsur-2 negatif di dalam diri kami. sehingga semakin bersih dalam menjalani hidup.

keseluruhan foto selama acara ubud writers and readers festival , di dokumentasikan oleh panitia dalam bentuk cerita foto . bisa di lihat di
https://www.flickr.com/photos/ubudwritersfest/page1/


semoga semua mahluk hidup selamat sejahtera dan bahagia.
Om shanti.

salam,
wuddha paing
( nama lain edy pekalongan )



Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun