Selasa, 28 Oktober 2014

mengamati kenyataan




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# mengamati kenyataan
*
*
tan hana dharma mang rwa " tidak ada dharma yang dua ". dharma itu sebuah istilah. sering di terjemahkan sebagai kebenaran. tapi saya tidak setuju. kebenaran versi siapa ? . karena benar punya lawan yaitu salah. kebaikan juga punya lawan yaitu kejahatan. bahasa bali menyebutnya Rwa bhineda [ 2 hal yang berbeda sebagai pasangan hidup ] contohnya positif & negatif. api & air. panas & dingin.
*
*
Dharma itu bagi saya mencakup 4 hal .
yaitu Satu : alam semesta itu sendiri sebagai sebuah kenyataan. contohnya ada manusia , ada pohon pisang, ada semut, ada matahari. ada angin. ada air. ada bumi , ada daerah tropis, ada daerah padang pasir. itu kebenaran yang nyata.
*
*
yang kedua adalah sifat dasar alam semesta sebagai kebenaran yang nyata. contohnya sifat dasar manusia yang butuh bernafas, itu dimanapun sama. contoh lain , samudra itu airnya asin. itu kebenaran yang nyata. tidak bisa protes. begitu adanya. dimasa kini sifat dasar alam semesta itu disebut hukum alam & perilaku alam semesta . contoh lain cara kerja tubuh manusia , cara kerja jantung, paru paru. itu begitu adanya. tidak bisa protes.
*
*
yang ketiga adalah perilaku mahluk hidup [ tumbuhan, hewan, manusia dll ] yang menyesuikan diri dengan hukum alam semesta , lingkungan & iklim tempat tinggalnya dengan tujuan agar bertahan hidup , lepas dari penderitaan.
*
*
yang keempat adalah petunjuk yang mengajarkan tentang no 1. no 2. no 3. baik lisan maupun tertulis. gampangnya di sebut ilmu pengetahuan, ajaran hidup yang sifatnya mengamati alam semesta. bukan teori khayalan / katanya dan jika di cocokkan hasilnya pas/ sesuai.
*
*
itulah darma. " tan hana dharma mang rwa " . tidak ada dharma yang dua. Samudra itu airnya asin. manusia butuh bernafas. itu sama dimanapun. cara kerja organ jantung manusia , sama dimanapun. begitu adanya. itu kebenaran. itulah dharma. tidak usah di bela. tidak usah di buktikan. bahkan yang temuan manusia seperti listrik. di amerika serikat atau di indonesia. listrik tegangan tinggi , ada setrumnya. dan jika di pegang manusia, bisa berbahaya.
*
*
catatan tentang kenyataan hidup ini jika di ajarkan, disebut ajaran dharma. di jawa pengetahuan ini disebut kawruh kasunyatan ( artinya melihat kenyataan ). lalu seiring waktu berjalan , beda jaman, beda tempat. menyesuaikan dan disesuaikan oleh manusia. berbeda kecerdasan, cara mengajarkannya berbeda.
*
*
Hukum buatan rekayasa manusia yang tidak berlandaskan prinsip dharma. akan ketahuan tidak bersifat universal. maka hanya berlaku di wilayah & penduduk tertentu. tidak mengikat di wilayah lain. misalnya KUHP , UUD 1945, aturan MUI di indonesia, tidak berlaku di negara jepang. tidak berlaku di korea utara. tidak berlaku di rusia. contoh lain. hukum agama tertentu, tidak wajib di taati oleh agama lain. dan tidak punya resiko apapun.
*
*
jadi orang yang sudah melihat kenyataan. bisa membedakan antara Hukum Alam yang kebenarannya sudah nyata. begitu adanya. tidak mendua. bisa membedakannya dengan hukum Rekayasa manusia, seperti produk hukum politik , produk hukum budaya, produk hukum agama , produk hukum dagang, produk hukum perbankan. itu semua bisa di rubah. makanya ada revisi / perubahan pada aturan manusia. tapi tidak ada revisi pada hukum alam. jaman dulu begitu, jaman sekarang begitu.
*
*
di dalam Dharma / kenyataan hidup. ada Rwa Bineda [ hal hal yang berlawanan / berpasangan ] tapi tetap selaras. dibumi ada bhineka [ beragam manusia, sifatnya, budayanya ] tapi Tunggal Ika [ tetap tampung dalam satu planet bumi ]. hanya pikiran manusialah yang memisah-2 kan mulai dari doktrin perbedaan negara, politik, agama, budaya dll.
*
*
belajar dharma paling sederhana adalah mempelajari sifat alamiah raga kita sendiri. struktur tubuh, pikiran kita, sifat alamiah bawaan / bakat. pasti berbeda dari manusia lain. jadi tidak perlu iri. tidak perlu di samakan. diseragamkan. karena kenyataannya beda & unik.
*
*
ayam jadilah ayam. pohon pisang jadilah pohon pisang. bunga angrek tidak perlu dibandingkan keindahannya dengan bunga mawar ataupun bunga lotus. saya menjalankan peran saya. anda menjalankan peran anda . semua ada tempatnya di dunia. terima kasih
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )




Tidak ada komentar: