Langsung ke konten utama

mengamati kenyataan




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# mengamati kenyataan
*
*
tan hana dharma mang rwa " tidak ada dharma yang dua ". dharma itu sebuah istilah. sering di terjemahkan sebagai kebenaran. tapi saya tidak setuju. kebenaran versi siapa ? . karena benar punya lawan yaitu salah. kebaikan juga punya lawan yaitu kejahatan. bahasa bali menyebutnya Rwa bhineda [ 2 hal yang berbeda sebagai pasangan hidup ] contohnya positif & negatif. api & air. panas & dingin.
*
*
Dharma itu bagi saya mencakup 4 hal .
yaitu Satu : alam semesta itu sendiri sebagai sebuah kenyataan. contohnya ada manusia , ada pohon pisang, ada semut, ada matahari. ada angin. ada air. ada bumi , ada daerah tropis, ada daerah padang pasir. itu kebenaran yang nyata.
*
*
yang kedua adalah sifat dasar alam semesta sebagai kebenaran yang nyata. contohnya sifat dasar manusia yang butuh bernafas, itu dimanapun sama. contoh lain , samudra itu airnya asin. itu kebenaran yang nyata. tidak bisa protes. begitu adanya. dimasa kini sifat dasar alam semesta itu disebut hukum alam & perilaku alam semesta . contoh lain cara kerja tubuh manusia , cara kerja jantung, paru paru. itu begitu adanya. tidak bisa protes.
*
*
yang ketiga adalah perilaku mahluk hidup [ tumbuhan, hewan, manusia dll ] yang menyesuikan diri dengan hukum alam semesta , lingkungan & iklim tempat tinggalnya dengan tujuan agar bertahan hidup , lepas dari penderitaan.
*
*
yang keempat adalah petunjuk yang mengajarkan tentang no 1. no 2. no 3. baik lisan maupun tertulis. gampangnya di sebut ilmu pengetahuan, ajaran hidup yang sifatnya mengamati alam semesta. bukan teori khayalan / katanya dan jika di cocokkan hasilnya pas/ sesuai.
*
*
itulah darma. " tan hana dharma mang rwa " . tidak ada dharma yang dua. Samudra itu airnya asin. manusia butuh bernafas. itu sama dimanapun. cara kerja organ jantung manusia , sama dimanapun. begitu adanya. itu kebenaran. itulah dharma. tidak usah di bela. tidak usah di buktikan. bahkan yang temuan manusia seperti listrik. di amerika serikat atau di indonesia. listrik tegangan tinggi , ada setrumnya. dan jika di pegang manusia, bisa berbahaya.
*
*
catatan tentang kenyataan hidup ini jika di ajarkan, disebut ajaran dharma. di jawa pengetahuan ini disebut kawruh kasunyatan ( artinya melihat kenyataan ). lalu seiring waktu berjalan , beda jaman, beda tempat. menyesuaikan dan disesuaikan oleh manusia. berbeda kecerdasan, cara mengajarkannya berbeda.
*
*
Hukum buatan rekayasa manusia yang tidak berlandaskan prinsip dharma. akan ketahuan tidak bersifat universal. maka hanya berlaku di wilayah & penduduk tertentu. tidak mengikat di wilayah lain. misalnya KUHP , UUD 1945, aturan MUI di indonesia, tidak berlaku di negara jepang. tidak berlaku di korea utara. tidak berlaku di rusia. contoh lain. hukum agama tertentu, tidak wajib di taati oleh agama lain. dan tidak punya resiko apapun.
*
*
jadi orang yang sudah melihat kenyataan. bisa membedakan antara Hukum Alam yang kebenarannya sudah nyata. begitu adanya. tidak mendua. bisa membedakannya dengan hukum Rekayasa manusia, seperti produk hukum politik , produk hukum budaya, produk hukum agama , produk hukum dagang, produk hukum perbankan. itu semua bisa di rubah. makanya ada revisi / perubahan pada aturan manusia. tapi tidak ada revisi pada hukum alam. jaman dulu begitu, jaman sekarang begitu.
*
*
di dalam Dharma / kenyataan hidup. ada Rwa Bineda [ hal hal yang berlawanan / berpasangan ] tapi tetap selaras. dibumi ada bhineka [ beragam manusia, sifatnya, budayanya ] tapi Tunggal Ika [ tetap tampung dalam satu planet bumi ]. hanya pikiran manusialah yang memisah-2 kan mulai dari doktrin perbedaan negara, politik, agama, budaya dll.
*
*
belajar dharma paling sederhana adalah mempelajari sifat alamiah raga kita sendiri. struktur tubuh, pikiran kita, sifat alamiah bawaan / bakat. pasti berbeda dari manusia lain. jadi tidak perlu iri. tidak perlu di samakan. diseragamkan. karena kenyataannya beda & unik.
*
*
ayam jadilah ayam. pohon pisang jadilah pohon pisang. bunga angrek tidak perlu dibandingkan keindahannya dengan bunga mawar ataupun bunga lotus. saya menjalankan peran saya. anda menjalankan peran anda . semua ada tempatnya di dunia. terima kasih
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )




Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun