Langsung ke konten utama

Refleksi sahabat & perjalanan diri


dalam perjalanan proses persahabatanku. seringkali  aku hadir dalam situasi ketika ada kesulitan yang sedang terjadi dengan sahabat. dan mereka jarang sekali mendengar kabar aku sedang sakit atau bersedih atau sedang sedang tertimpa masalah. karena  ketika bertemu kembali dengan mereka tidak dalam kondisi muka yang bersedih.

biasanya dalam selang waktu persahabatan 2 tahun maka akan muncul satu tahun aku akan menghilang dari kehidupan mereka, karena aku berbagi waktu dengan sahabat baru yang lain yang kondisinya lebih memerlukan teman bicara. kadang ada selang waktu 2 tahun aku tidak muncul. mereka biasanya paham bahwa aku  mungkin sedang mengurusi orang lain atau keluarga lain. bagi yang tidak paham mereka akan merasa di tinggalkan, tapi sesungguhnya aku memberi jarak dan waktu agar mereka bertumbuh dan tidak bergantung kepada kehadiranku.

sedari awal pertemanan / persahabatan selalu aku katakan, kalo aku  hanya bergaul dengan sahabat2 lama . maka pasti tidak akan berjumpa denganmu dan meluangkan waktu sampai menjadi sahabatmu, padahal tidak ada hubungan sodara , hubungan kerja, hubungan alumni pendidikan, hubungan kepentingan, mirip orang yang tiba2 bertemu dan anehnya tanpa kamu sadar , satu tahun berlalu aku sudah masuk dalam kehidupanmu. jadi nanti suatu waktu, kamu pasti akan lama tidak berjumpa denganku, jika itu terjadi artinya aku mungkin sedang berjumpa dengan orang baru dan mirip perjumpaanmu denganku dulu.

banyak sahabat yang ingat ketika pertama kali berjumpa denganku merasa aku ini tipe manusia yang aneh dan misterius. lalu suatu waktu akan berkunjung datang ke kotanya, menyapanya dan mendengarkan masalahnya, makan di rumahnya, mandi dan tidur di rumahnya. lalu setelah kondisi situasi lahir / batin sahabat baru saya tersebut stabil, biasanya aku mulai pelan pelan hilang. mereka biasanya berpikir : ini manusia sedang kemana ? tidak terdengar kabarnya. pasti ada cerita aneh2 yang akan kudengar nanti kalo bertemu.

berdiri di tengah belakang memakai sweater merah , itu saya.
kalo tdk keliru ini okt 2009

aku memulai peran menemani sahabat2 baru yang cenderung " lapar spiritual " atau butuh teman bicara sejak 2008, dari sana aku terlempar ke situasi yang menempatkanku kadang sebagai " free & ilegal konsultant ". dari urusan sakit bertahun tahun , urusan skripsi tidak selesai setelah pindah 3 universitas sampai dia lulus , dari yang berproses kerja. pada intinya itu jalan pembelajaranku. dari sana aku belajar membuang egoku dan melayani orang lain.

hanya sekali lagi , aku akan pelan pelan hilang ketika situasi kehidupan mereka mulai stabil. karena dalam kondisi stabil aku tidak di perlukan. aku ini ibarat ganjalan kayu , ketika kaki meja goyang , butuh ganjalan agar stabil. ketika sudah stabil maka ganjalan harus disingkirkan. maka sebelum disingkirkan, aku menyingkirkan diriku sendiri.


minggu lalu aku ikut mengantarkan sahabat menikah, dia itu junior ku di organisasi. dia pertama kali mendengar ceramahku tentang pengantar filsafat pancasila / jawa.  merasa aku ini orang aneh cukup misterius. aku menemani dia dari kondisi tidak berani bicara dimuka umum, mengenalkan kepada dia presentasi dengan power point. sampai mengenalkan dia bahwa ada orang makan di kafe yang tarifnya berlipat lipat dari harga biasa. dan itu jelas aku yang selalu membayar karena dia belum kerja.

melihat dia bekerja sudah mapan dan kemaren menikah, aku ikut hadir mendampingi ijab kabul / janji nikah. dan aku satu satunya sahabat lama dia yang hadir. yang lain adalah orang2 tua karena kaitan tetangga / ritual upacara. tapi kulihat hanya aku satu satunya kawan / sahabat lama yang hadir. kawan2 yang lain tidak menyertai dengan alasan kerja / sibuk.

2 tahun yang lalu , saat bapaknya meninggal. aku hadir dan berdiri di sampingnya saat jenasah di kubur di pemakaman. dia sudah seperti sodaraku sendiri. dia salah satu sahabat yang sangat tahu tentangku, dan kadang mendengar cerita petualanganku bertemu orang2 baru.  Tugas ku sebagai sahabat untuknya selama 6 tahun sudah kupenuhi dan sudah tuntas.

sudah 3x di acara ijab kabul / janji pernikahan sahabatku , aku mendampingi dan selalu di tanya keluarga / tetangga nya. anda siapa ? masa iya teman tapi kok sepertinya orang yang dianggap penting bagi yang menikah. aku biasanya tertawa...

sejak pertengahan 2010 sebetulnya aku ingin berhenti melayani orang2 lain. dan hanya fokus pada mencari uang dan acaraku pribadi bersenang senang.  hanya kehendak nasib selalu memberi tanda tanda agar aku tidak boleh berhenti dan meneruskan menyapa orang yang diantarkan oleh kehendak alam untuk dibantu.

menjelang akhir tahun 2012, aku sebetulnya sudah mulai malas bepergian ke luar kota. sebetulnya masih punya 1 hutang pergi berkunjung ke rumah teman di arah jakarta. Perbaikan jalan di depan rumah untuk di cor beton dan diaspal hotmix seperti aspal di jalan raya yang sudah memakan waktu hampir 1 bulan,  seakan tanda bahwa aku terhambat untuk bepergian. ada yang bilang, perbaikan proyek pemerintah di depan rumahku ini akan memakan waktu sampai akhir 2012. sehingga untuk keluar rumah naik motor dan kembali ke rumah aku harus memutar jauh dengan jalan yang cukup merepotkan dan harus hati hati. aku cuma tertawa dalam hati. menikmati hal ini.

kalo aku tahu sahabatku tersesat atau salah jalan, akan aku biarkan saja. itu alamiah proses belajar . bahkan jika sahabatku percaya kepada orang yang menjebaknya, aku juga akan diam saja. tapi jika aku dapat inspirasi dalam meditasiku bahwa salah1 sahabatku akan terancam bahaya dan celaka, maka aku pasti bertindak. tidak akan kubiarkan rencana jahat berhasil menjadikannya korban, pasti kurang 2 langkah dia jatuh ke jurang dan pihak yang ingin menjebaknya sudah tertawa senang. maka aku tiba2 akan datang dan semua rencana jahat batal.

atau jika kasusnya memang sahabatku harus belajar tertipu dan menderita, maka aku akan memberinya peringatan secara halus. tidak melarangnya dengan keras. karena memang sudah waktunya sahabatku harus belajar jatuh menderita karena kekeliruannya sendiri. namun seperti biasa, ketika sahabatku kondisinya seperti kaki meja yang goyah,  aku nanti akan berkunjung menghiburnya.

dulu aku sempat protes pada pelajaran kehidupan yang harus aku tempuh, kenapa aku dipakai sebagai orang yang menemani di kondisi sulit tapi ketika kondisi senang aku harus pergi. sekarang aku tidak protes, karena itu yang terbaik, karena ketika kondisi sahabat sudah senang, orang sepertiku secara alamiah akan dibuang. jadi sebelum di buang, maka aku menyingkir pergi dan biasanya akan datang orang lain. dengan begitu secara alamiah,  aku tidak berharap imbalan atau ingin di hargai. ini lebih baik utk pengembangan pelajaran jiwaku.


ketika liburan aku memilih pergi sendiri, tidak dengan kawan2ku. karena dgn begitu aku tidak terganggu dan sejenak bisa bebas.  sesekali untuk menyeimbangkan diri aku pergi ke luar kota . menginap di hotel , menikmati makan di resto , berpakaian lebih pantas, bersenang senang, naik taksi . pada keadaan inilah aku menjadi sosok yang tidak bicara spiritual, aku hanya bicara tentang kesenangan. hanya aku tahu bahwa segala kesenangan tidak ada yang tetap segala sesuatu selalu berubah. maka sebelum kepuasaan bersenang senang mencapai anti klimaks aku mengakhiri liburanku. aku ini penggemar film hollywood. semua film baru di 21 yang barat box office rata2 sudah kutonton. karena lewat film aku bisa membuka obrolan dengan orang dari segala level ekonomi dan tingkatan sosial.

kalau musik aku suka mengkoleksi musik jazz barat. karena koleksi musikku paling banyak berbahasa inggris. aku jarang mendengarkan musik pop indonesia. dan aku berusaha mengikuti perkembangan berita ekonomi bisnis terbaru , karena sejak usia 17tahun aku jatuh cinta pada akuntansi sampai bergelar sarjana. skripsiku tentang saham . aku suka membaca berita ekonomi makro. dan berita tentang APBN . aku juga suka dengan marketing, buku philip kotler , hermawan kartajaya  bahkan bukunya pembicara seminar muda seperti bong chandra aku punya. Berita Politik negara adalah favoritku, karena dari situ kita bisa belajar proses perkembangan negara sejak pak harto turun , awal reformasi sampai saat ini. sehingga tokoh2 politik baru muncul , tenggelam, muncul, tenggelam. kita bisa mengikuti.

aku belajar sejarah jaman 1945 dari penuturan tokoh sehingga aku bisa nyambung bicara dengan kakek berusia 60 / 70 tahun sampai anak SMP karena aku nonton seri harry potter sampai tuntas.

sampai saat ini, kalo menginap di hotel di luar kota . kadang aku masih suka memanjakan diri beli coklat oreo, camilan  kentang,  sebotol bir atau minuman beralkohol ringan seperti vodka mix dan merokok sambil nonton TV dini hari atau baca koran / majalah  ( maap, saat ini sudah lama tdk baca koran / majalah karena edisi online di internet sudah ada ) . ini biasanya kulakukan setelah acara pokok "senang senang " selesai dan saatnya  istirahat di kasur yang empuk , kamar ber AC.

lagu dari album jazz lawas dari penyanyi wanita peppy kamadhatu berjudul SUDENLY. bergaya smooth jazz menutup tulisan  ini . ini album kudengarkan sejak 2006 tapi masih enak di telinga.

dulu teman2 ku menyangka aku akan jadi eksekutif muda karena melihat kecerdasanku dan ketrampilanku berkomunikasi. tapi kejadian spiritual merubah total keadaan hidupku. tapi aku yakin , untuk menjadi kaya raya milyuner tidak harus jadi pegawai perusahaan bonafit , tapi sodara ayahku bisa menjadi milyuner yang kalo dia mau bisa pergi liburan keliling eropa tapi karena dia tidka lulus smp dan orang kampung , dia tetap memakai  sandal, celana pendek setiap hari bahkan jarang memakai baju atasan. dia seorang milyuner yang gaya hidupnya lebih mirip tukang sapu atau kuli.

hidup kadang jalurnya tak terduga.. dan tidak harus berjalan sesuai jalan hidup yang datar.
bosen di depan notebook. saatnya makan malam.

semoga ada manfaatnya.
salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makam Sapuro , Kota Pekalongan

sudah lama saya ingin menulis tentang tanah kelahiran saya. kelurahan Sapuro , di kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. ada beberapa nama kampung di sapuro, antara lain. - sapuro lor - buragan - sapuro kidul - sawah tengah - brontokan - jagalan - kandang arum sebagian orang mengenal sapuro dengan makam dan tempat ziarah. yang paling terkenal adalah makam Habib Achmad bin abdullah bin Thalib al - athas. seorang wali penyebar agama islam. tahun 1900 -an yang dimakamkan di Sapuro. beliau sejaman dengan Buyut saya. dari garis ibu. bahkan yang menyarankan buyut saya yang sudah sepuh tapi sebagai duda. untuk menikah lagi dengan wanita keturunan arab. sehingga lahirlah nenek saya. dan terbentuklah keluarga baru. buyut saya bernama Raden Tengah Karyo nama kampung "sawah tengah " berasal dari kata sawahnya Raden Tengah. yang punya istri jawa tetapi meninggal. punya istri china lalu bercerai dan terakhir istri arab yang di jodohkan oleh habib achmad al athas. sejarah sapuro menu

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Penyakit dan Kebijaksanaan

catatan. hari selasa, 10 agustus 2010 sekitar jam 9 pagi ada seorang wanita bertamu, usianya kira kira 35 tahun. dia terakhir berkunjung ke rumah, kira kira seminggu yang lalu. dan menanyakan , apakah penyakit yang dideritanya yaitu batu empedu sudah sembuh ? dia rutin seminggu sekali datang ke rumah saya kira kira sejak 2 bulan yang lalu. dan di awal pertemuan mengatakan bahwa menurut pemeriksaan dokter dia mengidap batu empedu. lalu meminta bantuan saya . saya membantu dia dengan terapi prana dan minum air mineral . pagi ini dia menyampaikan, bahwa kemaren dia melakukan pemeriksaan di klinik sesuai saran saya , untuk mengetahui bagaimana perkembangan penyakitnya. dia menuturkan setelah di USG , batu empedunya sudah tidak ada alias hilang. di gembira atas keadaan itu karena tidak harus operasi yang biayanya mahal. itulah alasan dia bertamu ke rumah untuk mengucapkan terima kasih , dengan membawa gula, teh dan sarimi saya terima dan saya katakan, " syukurlah kalo begitu. artinya k