Selasa, 11 Februari 2014

Tolong , saya titip indonesia

amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# mimpi & semangat

di tahun 2009 saya bermimpi saat tidur siang, cukup aneh. saya melihat bung karno berpakaian baju putih dan celana putih , berpeci hitam. datang ke kamar saya dan duduk di sebelah saya yg sedang berbaring.

seketika saya bangun dan berkata ,
" kenapa bung karno kesini ? "
dia berkata " wahai putra bumi, saatnya kembali bertugas. temani saya ? "
spontan saya menjawab " maap , saya sudah pensiun , bung tahu itu "

lalu dia meminta saya untuk menemani meninjau pasar tradisional, saya hanya mengikutinya. tapi satu hal yang aneh, langkah bung karno itu gerakannya cepat sekali. secepat apapun saya berjalan , saya selalu berada 2 atau 3 langkah di belakangnya.

sebuah mimpi disiang hari yang walopun telah lewat bertahun tahun tetap saya mengingatnya. karena sedikit unik jika itu sebuah kembang tidur biasa.

di tahun 2014 ini , tidak sedikit orang yang rela bertarung opini hanya demi membela calon presiden yang di dukungnya. tapi lupa membela indonesia. nama baik calon presiden di besar besarkan dimata semua orang , tapi dia lupa membesarkan nama baik indonesia di mata rakyat .

dan generasi muda pun dibingungkan dengan pendapat berita , para pakar politik di TV, sebetulnya kaum muda akan memilih orang yang ingin mengeksploitasi indonesia atau orang yang ingin membela indonesia.

saya tahu banyak hal buruk sudah terjadi di indonesia, dan sebagian orang terdidik sudah tidak punya harapan lagi tentang masa depan indonesia, cukuplah memikirkan masa depan dirinya sendiri dan keluarga.

tapi saya punya keyakinan bahwa setiap orang indonesia harus lebih mengenal bangsanya sendiri agar dia tumbuh rasa cinta pada tanah airnya. karena semua bentuk perusakan terhadap bangsa ini oleh pejabatnya adalah bukti bahwa mereka tidak cinta pada indonesia.

kalo cinta mana mungkin tega merusak, pasti menjaga dan merawat sepenuh jiwa, bahkan rela berkorban untuk yang di cintanya.

apa yang terlintas di pikiran anda jika mendengar kata indonesia ? jawabannya akan bergantung pada kesan anda ttg indonesia.

kalo saya ditanya , apa yg terlintas di pikiran anda jika mendengar kata indonesia ?
saya ingat buah salak, buah mangga , buah nangka . saya ingat padi yang menguning . saya ingat baju batik saya, saya ingat kampung. saya ingat nasi hangat yang baru masak di dapur. saya ingat sambel, musim hujan. ikan asin yang dimasak pedas.

bagi orang lain , dia ketika di tanya apa kesan anda jika mendengar ttg kata indonesia ?
dia mungkin menjawab : banjir , mall , korupsi , macet, brengsek dan lain sebagainya yang serba buruk.

saya maklum jika jawabannya itu berasal dari orang yang tingal di jakarta. tapi indonesia tidak seluas jakarta , sangat luas. walopun berita TV nasional isinya 70 % berita lokal ttg jakarta.

masih banyak cita cita rakyat indonesia di luar jakarta tentang indonesia yang baik.
jika anda terlalu banyak memiliki kesan negatif tentang indonesia, itu akan membunuh kesan baik anda ttg indonesia. hasilnya anda tidak akan lagi punya harapan lagi tentang indonesia dimasa depan.

kepada siapapun anda yang sudah jenuh dan lelah dengan indonesia , maka kalo berjumpa, saya akan menjabat tangan anda dan memberi anda secarik kertas yang bertulis :
" Tolong , saya titip indonesia "

pesan yang sama , saya dapatkan dalam mimpi saat tidur siang berjumpa bung karno. dia mengatakan hal yang sama sambil memegang pundak saya.
" tolong , saya titip indonesia "

menurut saya , pesan itu bukan di tujukan kepada saya. tapi untuk anda semua putra putri indonesia. dan pesan itu selalu teringat saat saya menyanyikan lagu indonesia raya di setiap sarasehan spiritual indonesia.

kalo sebuah mimpi bisa menjadi inspirasi, mimpi bertemu bung karno di saat tidur siang di tahun 2009 ini sangat berkesan bagi saya sampe sekarang.

lagu " time after time . " , sountrack film " the lake house " yg isi ceritanya tentang harapan dimasa depan akan kebahagiaan , mengakhiri saya mengetik tulisan ini. semoga kita semua masih punya harapan baik kepada indonesia.

" bangunlah jiwamu .. di tengah masyarakat yang jiwanya sedang sakit "

terima kasih untuk anda semua yang sudah berkorban untuk indonesia. terima kasih.

salam,
edy pekalongan

* arsip foto dokumentasi september 2011, kopdar SI di jakarta.

Tidak ada komentar: