Jumat, 29 Agustus 2014

Sesaji untuk Perasaan




amit amit ngaliman salam
mohon ijin berbagi
# sesaji untuk perasaan
*
*
untuk memperoleh pujian, orang rela mengorbankan harta benda, waktu dll. Pujian itu cuma kata kata , ucapan, tapi berdampak pada seseorang, karena pujian adalah energi halus. ada lagi berupa kepuasaan, ini tidak ada wujudnya tapi orang rela mengorbankan banyak hal demi kepuasaan. ini juga energi halus untuk mengisi kekuatan perasaan, atau pusat energi yang letaknya di jantung.
*
*
pusat energi di tubuh manusia, jika kekuatannya penuh, maka manusia menjadi percaya diri. satu yang umum, letaknya di jantung, namanya perasaan. jika powernya surplus/ lebih , maka ia cenderung positif. contohnya memberi perhatian. memberi maap . gembira . merasa kuat. jika powernya minus/ kurang, maka ia cenderung negatif. contohnya meminta perhatian, menuntut maap, sedih, merasa lemah. amati saja , ini mudah.
*
*
hubungan dengan sesama manusia , bisa memboroskan energi perasaan anda dan bisa mengisi. salah1 makanan / sumber energi halus untuk mengisi pusat energi disini adalah kasih sayang yang tulus, kegembiraan. makanya orang kecanduan pada situasi tersebut. karena rasanya enak dan nyaman.
*
*
menyakiti perasaan orang lain itu akan menguras energinya. dan yang menyakiti , akan merasa gembira ( menambah energinya ). ini tipe manusia para pencuri energi / parasit energi. siapapun akan mudah lelah, jika bertemu manusia jenis ini. ciri lainnya , suka mengkritik tapi tidak mau mengerti saat di jelaskan. bila bertanya , menuntut jawaban sesuai kehendaknya. amati saja, anda akan lelah sekali jika ngobrol dengan orang seperti ini, tidak mengisi energi tapi menguras. contoh paling nyata debat antar politisi saat musim kampanye pil -pres di TV, itu yang nonton saja lelah.
*
*
atau tipe teman suka menjajah perasaan orang lain, menyuruh ini itu dengan memaksa, agar orang lain tunduk pada dia. ini tipe penjajah. lebih buruk karena menciptakan budak budak yang bisa dia serap energi halusnya. alias vampire. banyak sekali model seperti ini. coba amati , akan muncul rasa takut saat orang itu muncul. bukan rasa hormat , bukan rasa nyaman . tapi ketakutan, rasa tidak nyaman. kita merasa terancam.
*
*
orang-2 yang perasaannya terluka, ini terkuras energinya, jika bertahun tahun. maka ini terpendam . bahayanya kalo belajar meditasi masuk ke pusat energi di dada, orang-2 seperti ini malah efeknya akan mudah marah, meledak ledak. karena aslinya dia menekan banyak sampah perasaan, menyimpan kebencian. maka langkah awal sebelum belajar meditasi, seseorang harus melakukan katarsis ( pembersihan ) sampah-2 / tekanan batin. ibarat sebuah kamar , di keluarkan dulu semua isinya. di sapu bersih. di pel. baru ditata kembali isinya.
*
*
pembersihan kamar batin, paling cepat adalah berani menerima kenyataan, merelakan, melepaskan, memaafkan dan mulai bersikap jujur. ini berat dan sulit bahkan mustahil jika anda tinggal di mayoritas masyarakat yang hipokrit ( lain di mulut , lain di perbuatan, lebih menghargai pura-2 / bersandiwara )
*
*
mengisi kebutuhan pusat energi halus yang alami, bagi saya dengan cara pergi mendekati alam. kadang duduk di pinggir pantai yang tidak terlalu ramai , melihat matahari terbenam. kadang memilih duduk di bawah pepohonan hijau. kadang kalo pas liburan, paling enak mandi di bawah air terjun di tepi hutan. karena energi alam yang dipancarkan berupa keindahan . itu bisa menyeimbangkan perasaan manusia.
*
*
Maka orang yang tertekan, setiap libur inginnya pergi mendekat ke alam yang indah, daerah sejuk tanpa ia sadari. cara lain lewat sex. maka orang yang tertekan larinya ke sex, khususnya lelaki. karena ia berasal dari lubang itu. maka ia merasa nyaman menuju lobang asal usulnya. atau larinya ke nafsu makan berlebihan.
*
*
bagi yang sudah belajar seni olah prana / chi maka ia bisa mencukupi kebutuhan energi halusnya dengan menyerap dari alam yang berlimpah. tidak perlu menjadi parasit energi / vampir energi halus.
*
*
bagi saya kedamaian itu hanyalah buah dari pusat energi di jantung yang berkembang. jalannya lewat kebaikan dan keindahan. kalo belum bisa berbuat baik dan indah, minimal tidak merusak unsur yang baik dan indah di alam.
*
*
semoga tulisan ini menjadi sia sia pada waktunya. seperti sesaji bunga yang diletakkan untuk persembahan di pagi hari. esok hari akan layu dan hilang wanginya. itu sudah hukum alami. bunga itu lambang keindahan perilaku secara diam diam. maka doa sembahhyang yang tertinggi bagi saya adalah hening. terima kasih
*
*
salam,
Wuddha Paing
( nama lain edy pekalongan )



Tidak ada komentar: