Langsung ke konten utama

apa itu karir ?

Rene Suhardono dan buku karyanya
saya ingin membuka bulan februari ini dengan sebuah buku yang bercerita tentang perbedaan antara karier dan pekerjaan. buku ini di tulis oleh seorang konsultan pengembangan karier dan kerja dari Jakarta bernama Rene Suhardono. buku ini telah saya miliki sejak satu setengah tahun yang lalu. terbitan maret 2010.
apakah anda tahu bedanya pekerjaan dan karier ?

pekerjaan adalah milik perusahaan sedangkan karier adalah milik anda sendiri.

Pekerjaan
- pekerjaaan adalah  alat bagi perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi.
- pekerjaan adalah sarana bagi individu untuk memenuhi kebutuhan hidup dan berkarya
- jalan untuk berkembang secara pribadi dan professional
- kendaraan untuk memperoleh pencapaian pribadi dan berkontribusi bagi lingkungan

Karier sepenuhnya mengenai diri sendiri
- bagaimana mengenal diri sendiri ( baca: keunikan diri ) dan mengetahui hal hal yang sangat sangat sangat dimintai ( passion )
- bagaimana menjalankan hidup bermakna ( your purpose of life )
- bagaimana kita ingin diingat saat tiada nanti
- bagaimana untuk senantiasa punya pandangan positif sepanjang hidup  ( your motivation )
- semangat untuk terus melakukan perbedaan dalam hidup sekarang
- bagaimana mencapai kebahagiaan dan kepuasan/ketercapaian dalam hidup.

buku ini besisi pertanyaan yang sangat mendasar bagi setiap orang . tentang tujuan anda hidup dan hal hal yang sangat mendasar yang memaksa pembaca menggali ke dalam diri  tentang makna kehidupan dan pandangan hidup yang kita pilih dan akan kita jalani. pembahasan tentang passion bolak balik di ulang ulang di buku ini sampai pembaca betul betul paham.

buku ini terdiri atas 2 buku. bagian pertama berisi yang saya rangkum di atas. sedangkan bagian kedua berisi tentang contoh orang orang yang hidup berdasarkan passion mereka . salah satu contohnya adalah Jerry Aurum yang dikenal dalam bidang fotografi.

buku ini berpesan agar anda mengikuti Tokoh idola anda. dan memotivasi agar anda menjadi seorang Bintang. salah satu rock star yang saya sukai dalam contoh buku ke 2 ini adalah Reza Gunawan, seorang healer. suami novelis Dewi Lestari , yang menulis cerita novel series Supernova.

buku ini di tulis dalam bahasa sederhana dan langsung kepada intinya. pesan yang saya suka dalam buku ini adalah mencapai kebahagiaan. salah satu passion saya adalah berbagi informasi , dengan menulis di blog . saya menyalurkan passion saya.  ini tidak mendapat uang , tapi saya senang. bahkan sudah 3 tahun berjalan.

menulis buku adalah passion saya yang berpotensi memperoleh penghasilan jika ada pembeli. itu adalah salah satu tips merubah passion menjadi sesuatu yang menyenangkan dan menghasilkan. dan ini masih berproses.

namun pada awalnya sebuah passion itu di lakukan seseorang karena untuk kepuasan dirinya sendiri, bukan karena uang. saya suka bermeditasi , tapi kalo ada orang minta di bimbing meditasi dan saya dapat uang . itu saya anggap bonus.

ketika sesuatu yang saya kerjakan sudah tidak menyenangkan lagi , saya biasanya beristirahat sebentar .  saya suka melakukan segala sesuatu dengan hati riang gembira. sehingga hidup menjadi  perjalanan menghabiskan waktu yang menyenangkan.

sebuah pekerjaan yang bergaji besar tapi bertentangan dengan prinsip hidup saya,  walopun saya ditawari uang banyak maka uang saya anggap sampah. jiwa saya lebih mahal dari pada uang.
saya pun memperlakukan diri saya dengan hormat , memperlakukan sahabat dan orang orang yang saya sukai dengan cinta. ini menyenangkan.

karena tujuan membaca buku ini adalah untuk mencapai kebahagiaan hidup , untuk gembira dan bahagia.
dan mencapai kebahagiaan dan gembira tidak harus menunggu punya rekening di bank diatas 1 milyar. karena menjadi bahagia itu pilihan hidup seseorang.

banyak masalah timbul ,karena orang lain mencoba mengatur kebahagiaan kita ,mengatur passion kita . jika kita bukan budak orang tersebut. tidak perlu mengikuti apa kata orang lain. belajar menemukan jati diri dan kebahagiaan adalah tema utama buku rene suhardono. hanya langkah ini dimulai dari bidang pekerjaan dan mencari uang.

Edy Pekalongan dan Buku Karyanya








 demikian, semoga ada manfaatnya.
salam,
edy pekalongan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerita memberi japamala

sudah satu tahun lebih saya tidak memakai japamala / butiran manik manik untuk membantu menghitung dalam mengulang ulang mantra. ini karena sebuah keadaan, yaitu ceritanya satu tahun yang lalu. seorang kerabat dari jalur buyut saya. yang sering datang untuk berkonsultasi ke rumah karena berbagai masalah kesehatan yang beruntun. dia seorang wanita seumuran dengan ibu saya. wanita ini sering mendapat serangan batin / black majic . kenapa saya katakan demikian. karena saya mendampingi dia ketika ada masalah sejak tahun 2009. dari ketika dia sakit2-an selama 3 tahun dan tidak ada perubahan. saat ini kondisinya sehat pulih seperti sedia kala. hanya sering mendapat gangguan serangan black majic. maka karena kasihan, tahun lalu saya memberikan japamala / tasbih kayu saya kepada dia. sekaligus saya mengajari dia untuk membaca mantra " om mani padme hum " dan saya beri inisiasi " bodhisatva avalokitesvara " perlu anda ketahui , keluarga kami orang islam jawa. menarik

ebook OSHO : TUhan sudah Mati

OSHO dalam 2 minggu ini saya menterjemahkan beberapa lembar ceramah OSHO  di tahun 1989. Ceramah ini sangat kontroversial , hanya 15 halaman yang saya terjemahkan. itupun cukup membuat saya berdebar debar, apakah nanti yang membacanya sudah siap . padahal ceramah ini disampaikan sudah 20 tahun yang lalu. peradaban manusia sudah mundur, ceramah ini akan membuktikan apa yang saya katakan bahwa mayoritas manusia indonesia saat ini memiliki pemahaman agama yang mundur dari leluhurnya. mereka bersikap lebih fanatik dan kehilangan toleransi terhadap orang yang berbeda. dimasa awal kemerdekaan Indonesia. komunis di terima baik di negeri ini . karena paham komunis ikut serta dalam mendirikan negara ini. anehnya saat ini , ajaran komunis di larang . ajaran kepercayaan leluhur di larang . negeri ini sudah rusak oleh perilaku moral pejabatnya yang rendah . semoga dengan terjemahan kecil dari sekelumit ceramah OSHO , yang jika mau di terjemahkan semua , bisa ratusan lembar untuk satu te

Mendalami OSHO

Beberapa bulan terakhir saya mulai lagi mendalami berbagai ajaran yg di sampaikan osho. Terutama yg berkaitan dengan yoga dan peningkatan kesadaran manusia. Banyak hal hal yg saya temukan dalam perjalanan beberapa tahun terakir sudah disampaikan osho dalam catatan ceramah ceramahnya yg saya baca dalam bahasa inggris. Betul apa yg disampaikan oleh sesepuh hindu jawa dari solo tahun 1980 an bahwa osho adalah salah satu guru tantra terbesar abad 20. Dan pengajarannya modern sehingga sampai detik ini banyak hal yang masih sangat relevan. Sudah 20 tahun tapi untuk rata2 warga indonesia sepertinya belum siap mencerna ajarannya. Kecuali generasi muda intelektual yg modern, mereka akan bisa memahami ajaran osho jika dibimbing seseorang yg paham karena praktik. Metode meditasi dinamis milik osho bertujuan untuk katarsis / memurnikan seseorang dari doktrin ajaran samawi. Doktrin dan kekangan ajaran kristen untuk generasi muda dan tua di barat berhasil di murnikan oleh osho pada tahun